Home » Perkembangan Bayi » Perkembangan Bayi Tiap Bulan » Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan

Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan

Perkembangan bayi usia 1 bulan memang belum banyak berinteraksi, sebagian besar waktunya mungki dihabiskan dengan tidur. Namun otaknya, kini mulai berkembang dengan pesat sehingga ibu perlu mulai sering mengajak mereka untuk berkomunikasi.

Dua belas bulan pertama kehidupan bayi anda merupakan masa-masa tumbuh kembang bayi yang menakjubkan. Dalam waktu sesingkat itu, buah hati anda berubah dari bayi yang sebelumnya bergantung sepenuhnya pada orangtuanya menjadi anak kecil yang mulai berjalan, berbicara, beinteraksi dan mulai menunjukan tanda-tanda kemandiriannya. Pertumbuhan dan perkembangan ini tentu akan sayang untuk dilewatkan. Apalagi, bila ini merupakan pengalaman pertama anda memiliki buah hati.

Nah, untuk ibu yang memiliki buah hati dan ingin mengetahui lebih jauh perkembangan buah cintanya serta bagaimana cara merangsang perkembangan bayi usia 1 bulan sejak dini agar mereka dapat tumbuh sehat dan menjadi anak yang pandai dikemudian hari maka penting sekali memperhatikan beberapa hal yang akan kami bahas dalam artikel kali ini.

Ya, mengetahui perkembangan bayi usia 1 bulan adalah hal yang amat penting untuk dicermati oleh para orang tua. Tujuannya, tentu saja guna memantau tumbuh kembang si bayi sejak mereka dilahirkan ke dunia.

Perkembangan bayi usia 1 bulan

Minggu-minggu awal perkembangan si buah hati setelah ia keluar dari perut sang ibu adalah masa-masa penting. Dimana apa yang dilakukan si orangtua terhadap bayi mereka adalah hal besar yang akan mempengaruhi perkembangannya. Dengan demikian, penting sekali mulai memperhatikan memberikan rangsangan pada buah hati anda sebagai kunci dasar memberikan rangsangan yang baik untuknya.

Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan Secara Keseluruhan

Pada usia ini buah hati anda memang belum menampakan perkembangan yang signifikan, namun hal ini tidak berarti bahwa anda belum dapat memulai melakukan interaksi bersamanya. Justru, di masa-masa ini si kecil perlu mendapatkan rangsangan yang cukup agar kemampuan berkembangnya dapat berjalan dengan lebih optimal. Mengenali hal-hal apa saja yang umum dikuasai oleh si bayi pada usia ini akan dapat menjadi panduan untuk anda dalam merawat si buah hati.

Nah, apabila anda menanyakan berapa bobot umum bayi berusia 1 bulan maka umumnya pada usia ini berat tubuhnya akan sedikit menurun dari masa awal setelah kelahirannya. Namun, tak perlu khawatir hal ini digolongkan sebagai hal yang wajar dan biasanya bobot tersebut akan kembali naik dalam 10 sampai dengan 12 hari pasca bayi lahir. Setelahnya, kebanyakan anak akan mengalami penambahan berat badan sebanyak 113 sampai dengan 227 gram setiap minggunya dan panjangnya pun akan terus bertambah dari waktu ke waktu.

Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan Motorik

Ada cukup banyak perkembangan motorik yang terjadi pada si kecil meski usianya baru menginjak 1 bulan setelah kelahiran. Pada masa ini anda akan dapat merasakan tangan mungil si buah hati mulai belajar mencengkram tangan atau pakaian anda dengan cukup kencang. Selain itu, beberapa perkembangan lain pun terjadi dengan buah hati anda, diantaranya adalah:

  • Pada usia 2 minggu perkembangan usia 1 bulan setelah kelahiran si bayi, kini penglihatannya mulai dapat berfokus saat ia memperhatikan objek yang berada pada jarak pandang sekitar 20 sampai dengan 35 cm. Untuk melatih penglihatan matanya agar lebih baik anda bisa membantu si kecil dengan menggerakan wajah anda ke bagian kiri dan kanan guna melatih matanya dan mengikuti pergerakan objek.
  • Secara alami bayi anda sudah dapat mengisap, bahkan pada saat ia masih berada dalam kandungan. Untuk itulah, jangan heran bila anda akan lebih sering melihat bayi anda memasukan jari-jari tangannya kebagian mulutnya yang kecil. Menempatkan dot pada mulut mungil si kecil akan membantunya jika ia ingin menghisap tanpa harus melibatkan tangannya.
  • Bayi anda sebaiknya memang tidur dalam posisi telentang. Namun ada kalanya pula saat si kecil terbangun, untuk bayi yang berusia sekitar 3 minggu ke atas, anda mulai memposisikannya dengan telungkup untuk memperkuat otot bagian leher mereka. Perlu diketahui, posisi ini pun dibutuhkan bayi untuk belajar merangkak, berguling dan persiapan untuknya saat belajar duduk nanti.
  • Pada usia 4 minggu, bayi anda akan mulai belajar mengeksplorasi bagaimana tangan dan kakinya dapat bergerak sebagai bagian dari tubuhnya, termasuk anggota tubuhnya yang lain.

Nah, perkembangan bayi usia 1 bulan, kini ia akan mulai dapat menggeleng-gelengkan kepalanya dalam posisi yang telungkup.

Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan Kemampuan Sosial

Meskipun sebagian besar waktunya banyak dihabiskan untuk tidur, namun si kecil pada usia ini sudah mulai senang memperhatikan banyak wajah yang berbeda dari orang-orang sekitarnya. Bayi anda akan mulai mengenali wajah orangtuanya pada kisaran usia 2 minggu. Selain itu, ia pun akan mulai dapat berinteraksi dengan melakukan beberapa hal dibawah ini.

  • Bayi usia 1 bulan akan mulai dapat melihat dengan fokus dan memperhatikan wajah yang berada dekat dengan pandangannya. Ia pun akan mulai memperhatikan mimik wajah orang yang dilihatnya dalam jarak yang dekat.
  • Terkadang bayi anda akan mulai terkejut saat mendengar suara yang kencang dan gaduh.
  • Menjelang usia 1 bulan, bayi anda akan mulai memperlihatkan ekspresinya seperti tertawa, bergumam ataupun mengeluarkan suara-suara. Hal ini dijadikannya sebagai media untuk berkomunikasi. Untuk itu, pastikan anda merespon ekspresinya dengan cepat.
  • Buah hati anda pun sudah mulai dapat mendengarkan ketika anda berbincang dengan orang sekeliling anda. Ia pun kini mulai belajar mendengarkan suara yang anda ucapkan padanya.

Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan Kemampuan Berbicara

Pada usia ini pengalaman pertama bayi anda untuk belajar berbicara adalah melalui pendengarannya sewaktu mendengarkan anda berbicara bersama dengan oranglain. Untuk itu, maka pastikan bila anda senantiasa mengajaknya untuk berbicara meski ia belum dapat memahami apapun yang anda sampaikan.

Bayi dalam usia ini mungkin sudah dapat mengeluarkan suara seperti “ah” sewaktu ia melihat anda berbicara padanya atau saat anda berbicara dengan orang lain.

Bagaimana Merangsang Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan?

Perkembangan Motorik

Bayi berusia 1 bulan senang menggerak-gerakan kaki dan tangannya. Untuk memaksimalkan perkembangan ini anda bisa melakukan beberapa hal dibawah ini:

  • Melonggarkan pakaian si kecil atau bedongnya sehingga tangan dan kakinya dapat bergerak dengan bebas dan lebih nyaman.
  • Selalu memberikan respon cepat pada ekspresi bayi dan senantiasa mengajak mereka untuk mengobrol.
    Menempatkan bayi di tempat yang aman untuk “bermain” seperti misalkan pada ranjang bayi sehingga anda tidak khawatir si kecil jatuh atau mendekati bahaya.

Perkembangan Kognitif

Bayi 1 bulan akan mulai dapat melihat objek pada jarak pandang sekitar 20-35 cm. Untuk memaksimalkan hal ini kita dapat mendukung perkembanganya dengan melakukan:

  • Mendekatkan wajah kita pada si kecil pada saat berbicara atau berinteraksi dengannya agar ia dapat belajar memahami mimik wajah kita
  • Meletakakan gambar atau bentuk yang menarik disekeliling ranjang bayi atau mainan yang bergerak menggantung, terutama dengan warna-warna yang kontras.

Demikianlah beberapa hal yang dapat dilakukan dalam memberikan rangsangan pada perkembangan bayi usia 1 bulan. Semoga bermanfaat!