Home » Perawatan Bayi » Perawatan Mata Bayi Lengket yang Mudah & Aman

Perawatan Mata Bayi Lengket yang Mudah & Aman

Perawatan mata bayi lengket – Mata bayi lengket apabila tidak segera diatasi akan menyebabkan infeksi. Anda bisa membersihkan keadaan mata bayi yang lengket di rumah dengan cara yang tepat dan baik.

Setiap orang tua akan melakukan apapun yang dibutuhkan oleh buah hati agar kondisinya tetap sehat dan tubuhnya bisa berkembang dengan sempurna. Akan tetapi anak khususnya bayi rentan terhadap masalah kesehatan karena keadaan tubuhnya masih lemah. Masalah kesehatan yang menimpa bayi kerap kali membuat orang tua merasa khawatir. Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh bayi yaitu mata lengket yang disertai dengan penumpukan kotoran.

Mata lengket pada bayi merupakan keadaan yang normal terjadi. Kelopak mata atas dan kelopak mata bawah rapat disebabkan karena adanya kotoran pada mata bayi yang berwarna kekuningan dan lengket. Kotoran pada mata bayi ini menjadi lengket biasanya karena dibiarkan terlalu lama. Keadaan ini umum terjadi ketika bangun tidur.

Perawatan Mata Bayi Lengket

Kotoran pada mata bayi berasal dari kelenjar air mata yang berada di sudut mata bayi menuju ke hidung. Ukuran kelenjar air mata ini biasanya lebih sempit pada bayi yang baru dilahirkan. Karena ukuran kelenjar air mata kecil mengakibatkan mudah tersumbat, sehingga akan menyebabkan air mata terakumulasi pada sudut mata dan membuat mata menjadi berair. Ketika air mata tersebut mengering, akibatnya mata menjadi lengket, terlebih lagi jika jumlah air mata banyak. Namun selain itu, diketahui keadaan lain dapat menyebabkan mata bayi lengket seperti berikut:

Kontaminasi yang Terjadi Saat Persalinan

Keadaan lainnya yang dapat menyebabkan mata bayi lengket yaitu karena adanya kontaminasi yang terjadi ketika persalinan. Kontaminasi tersebut berupa darah saat persalinan atau air ketuban ibu. Akibatnya, mata bayi menjadi keruh dan berwarna kecoklatan. Biasanya mata bayi mengalami infeksi namun tidak berbau. Jika bayi anda mengalami keadaan seperti ini, anda bisa segera membersihkannya dengan segera agar terhindar dari infeksi atau anda bisa membawa si kecil ke dokter.

Infeksi Kuman Saat Persalinan

Beberapa keadaan ibu ketika dalam proses persalinan bisa memicu timbulnya mata lengket pada bayi, seperti misalkan karena infeksi yang terjadi ketika persalinan yang disebabkan karena daerah kewanitaan ibu terinfeksi. Bayi yang mengalami infeksi saat persalinan biasanya keadaan matanya akan terlihat kekuningan atau kehijauan yang disertai dengan bau yang tidak sedap. Dalam kondisi yang serius bisa saja mata bayi membengkak. Untuk mengatasinya, anda bisa segera membawa si kecil ke dokter.

Perawatan Mata Bayi Lengket

Anda harus selalu melakukan perawatan mata bayi lengket dengan membersihkannya rutin agar tidak terjadi infeksi. Berikut ini tips perawatan mata bayi lengket:

  1. Untuk membersihkan mata bayi yang lengket, anda bisa mengawalinya dengan mencuci tangan terlebih dahulu, karena bukan tidak mungkin jika kotoran yang terdapat pada tangan anda akan menyebabkan infeksi pada mata bayi.
  2. Kemudian, siapkan beberapa perlengkapan yang dibutuhkan untuk membersihkan mata bayi seperti kapas baru, cotton buds dan air bersih hangat.
  3. Celupkan cotton buds atau kapas ke dalam air hangat yang sudah anda siapkan. Usapkan pada mata bayi anda dengan hati-hati dan perlahan dimulai dari sudut mata bagian luar sampai mendekati sudut mata bagian dalam atau yang berdekatan dengan hidung.
  4. Untuk membersihkan masing-masing mata, sebaiknya gunakan kapas atau cotton buds yang berbeda guna menghindari terjadinya infeksi. Ulangi mengusap atau membersihkan bagian mata bayi anda hingga benar-benar bersih.
  5. Saat anda membersihkan mata si kecil, pastikan kepala bayi ditopang dengan kuat mengikuti arah anda ketika membersihkan matanya. Hal ini dilakukan agar air dari mata yang sedang dibersihkan tidak menetes ke mata yang lainnya guna mencegah terjadinya kontaminasi.
  6. Manfaat ASI eksklusif sangat banyak untuk bayi. Anda bisa memanfaatkan ASI untuk menghindari terjadinya infeksi, karena ASI memiliki kandungan antibodi yang baik dan ampuh. Berikan ASI atau susui si kecil secara rutin dan teratur agar ia mendapatkan manfaatnya.
  7. Jika kotoran yang menyebabkan mata lengket pada si kecil semakin banyak, untuk mengatasinya anda bisa mengompresnya dengan menggunakan kapas yang sebelumnya sudah dicelupkan ke dalam air hangat.
  8. Sebaiknya hindari si kecil dari paparan debu atau kotoran lainnya yang akan membuat keadaan matanya bertambah parah.
  9. Pastikan ruangan atau kamar si kecil selalu dalam keadaan bersih. Anda bisa membersihkan kamar si kecil secara rutin dan pastikan kamar si kecil mendapatkan pergantian udara yang cukup.

Kapan Harus ke  Dokter?

Dalam beberapa kasus, keadaan mata lengket pada bayi akan memicu kulit kemerahan di area kelopak mata atau kulit di area mata. Bahkan, kotoran pada mata ini bisa saja terus menerus muncul. Apabila keadaannya sudah seperti ini, anda bisa segera membawa si kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan terbaik.

Demikian perawatan mata bayi lengket yang bisa anda lakukan jika disebabkan oleh keadaan normal. Jika obat mata diperlukan untuk mengatasi keadaan mata lengket pada bayi, sebaiknya hindari menggunakan obat sembarangan. Obat yang digunakan harus resep dari dokter.