Home » Bayi Baru Lahir » Perawatan Hidung dan Telinga Bayi

Perawatan Hidung dan Telinga Bayi

Perawatan hidung dan telinga bayi adalah hal yang tidak boleh dilupakan oleh para orang tua. Hati hati ketika merawat dan membersihkan kedua bagian ini. Jika tidak bisa melakukannya, alangkah lebih baik minta bantuan dokter atau orang berpengalaman.

Perawatan hidung dan telinga bayi harus benar-benar dilakukan dengan teliti dan baik, karena jika tidak akan melukai bayi anda sendiri. Namun, terkadang cara yang baik dan benar untuk merawat bayi baru lahir yang meliputi hidung  dan telinga tidak diketahui oleh sebagian ibu, terutama ia yang baru memiliki seorang anak sehingga kebingungan kerap kali muncul ketika hendak membersihkan bagian-bagian tersebut.

Membersihkan area hidung dan telinga bayi harus dibekali dengan pengetahuan, jangan asal-asalan karena bagian tersebut merupakan bagian yang cukup sulit dibersihkan. Untuk memudahkan ketika melakukan perawatan hidung dan telinga bayi, simak panduan yang kami berikan di bawah ini.

Perawatan Hidung dan Telinga Bayi

Perawatan Hidung dan Telinga Bayi

Perawatan Hidung Bayi

Perawatan hidung bayi adalah hal yang perlu anda perhatikan agar kebersihannya tetap terjaga. Apabila tidak dilakukan perawatan dan kebersihannya tidak terjaga, ditakutkan akan mengganggu pernapasannya. Berikut ini cara yang bisa anda lakukan dalam merawat hidung bayi.

  1. Cotton bud bisa anda gunakan untuk merawat hidung bayi anda. Gunakan cotton bud yang sebelumnya sudah diberi air hangat. Kemudian, anda bisa memasukan cotton bud tersebut ke dalam lubang hidung si kecil. Jangan masukan terlalu dalam agar tidak melukai bayi anda.
  2. Bersihkan hidung bayi anda dengan gerakan memutar dari arah kiri ke kanan dengan hati hati dan perlahan.
  3. Jika terdapat kotoran hidung pada bagian yang dekat dengan luar hidung, maka anda bisa mengambil kotoran dalam hidung bayi anda dengan menggunakan cotton bud. Hal yang harus anda ingat yaitu jangan mengeluarkan kotoran dengan menggunakan kain kasar, terlebih lagi jika menggunakan jari anda karena akan menyakiti bayi.
  4.  Bersihkan cuping hidung dengan hati hati dan lembut, jangan terlalu keras karena bagian tersebut masih sangat sensitive.
  5. Menghisap hidung bayi dengan menggunakan mulut ibu untuk membersihkan lendir atau kotoran lainnya sebenarnya bukanlah kebiasaan yang baik. Cara seperti ini justru akan membuat penyakit dari ibu pindah ke bayi. Disarankan untuk menggunakan alat khusus penghisap lendir.

Perawatan Telinga

Telinga merupakan bagian yang sensitive, oleh karena itu anda harus lebih hati hati ketika membersihkan atau melakukan perawatan. Disarankan untuk rutin melakukan perawatan pada telinga bayi anda agar membantu bayi untuk tetap menjaga pendengarannya serta terhindar dari penumpukan kotoran.

  1. Perawatan telinga bayi bisa dilakukan sendiri atau dilakukan dengan meminta bantuan dokter ahli THT.
  2. Jika anda melakukan perawatan telinga bayi anda sendiri, maka sebaiknya hindari penggunaan obat, terkecuali anjuran atau resep dari dokter.
  3. Disarankan untuk melakukan perawatan telinga bayi secara rutin setelah bayi anda dimandikan. Sehingga kebersihannya akan tetap terjaga dan tidak ada kotoran yang menumpuk.
  4. Dalam membersihkan telinga, anda bisa memulai membersihkannya dari lekukan bagian telinga luar menggunakan alat lembut dan bersih. Anda bisa menggunakan kapas untuk membuang kotoran yang terdapat pada bagian luar telinga bayi.
  5. Jika terdapat kotoran pada bagian dalam telinga bayi anda, maka disarankan untuk tidak memaksakan membersihkan atau mengeluarkannya. Kotoran pada telinga bayi pada umumnya berfungsi sebagai antiseptik, yang mana biasanya akan keluar dengan sendiri.
  6. Meskipun kotoran bayi bisa keluar dengan sendirinya, tetapi kebersihannya tetap harus dijaga. Jika kotoran bayi sudah berada dekat dengan lubang, maka aman untuk dibersihkan. Dan akan sangat berbahaya jika mengorek telinga bayi terlalu dalam. Apabila kotorannya sudah menumpuk dan mengeras, segeralah minta bantuan dokter ahli THT.
  7. Perawatan atau membersihkan telinga bayi amannya dilakukan pada sekitar daun telinga dan lubang telinganya. Untuk membersihkan daun telinga disarankan agar setiap orang tua membersihkannya dengan menggunakan kapas yang telah dibasahi oleh air matang. Sedangkan untuk lubang telinga, bisa memanfaatkan cotton bud khusus untuk bayi. Hati hati jangan terlalu dalam dan keras.
  8. Membersihkan telinga bayi jangan dilakukan sampai ke dalam lubang telinga, sekalipun anak sudah besar. Jika akan dilakukan pembersihan hingga masuk ke lubang telinga alangkah lebih baik dilakukan oleh ahlinya. Pasalnya, jika dibersihkan terlalu dalam justru akan menyebabkan iritasi atau akan menyebabkan trauma pada telinga jika bayi tiba-tiba bergerak.
  9. Jika anda membersihkan telinga bayi anda dengan cara yang salah, maka lecet telinga akan terjadi. Lecet yang terjadi pada telinga akan berujung infeksi.  Jika keadaannya sudah seperti ini, maka segeralah bawa bayi anda ke dokter untuk mendapatkan perawatan terbaik.

Jika Terjadi Sumbatan Pada Hidung dan Telinga Bayi

Sumbatan Pada Hidung

Apabila hidung bayi anda mengalami sumbatan, maka segeralah cari penyebabnya karena cara menanganinya pun berbeda-beda. Berikut ini cara menangani sumbatan pada hidung bayi.

  1. Apabila hidung bayi anda tersumbat oleh kotoran, maka melalui bersin kotoran tersebut dengan sendirinya akan keluar. Apabila ingin dibersihkan, anda bisa membersihkannya dengan mengoreknya menggunakan cooton bud khusus bayi dengan hati hati dan jangan terlalu dalam.
  2. Sumbatan pada hidung bayi bisa juga disebabkan karena lendir. Lendir di hidung bayi pada kondisi tertentu adalah keadaan yang normal. Namun, jika lendir tersebut dalam jumlah yang banyak dan kental justru akan mengganggu pernapasannya. Untuk mengatasinya, anda bisa mengencerkan lendir dengan menggunakan obat khusus yang dianjurkan oleh dokter.
  3. Apabila ditemukan lendir yang mengeras, bisa dibersihkan dengan cara melunakannya menggunakan kapas steril yang sudah diberi air matang. Itupun apabila pengeringan terjadi di area lubang hidung bayi.
  4. Keadaan hidung bayi yang tersumbat memang sangat mengganggu. Bayi bernapas melalui hidung, terutama untuk bayi baru lahir ia hanya bisa bernapas menggunakan hidungnya, tidak bisa menggunakan mulut.

Sumbatan Pada Telinga Bayi

Kotoran yang pada telinga bayi memiliki fungsi . Namun, jika kotoran tersebut tetap dibiarkan dan tidak keluar dengan sendirinya, maka kotoran akan mengeras dan akan menyebabkan penumpukan kotoran, akibatnya terjadi sumbatan pada telinga dan sulit dihilangkan. Berikut hal yang harus diperhatikan dalam menyikapi sumbatan pada telinga bayi.

Dibandingkan dengan orang dewasa telinga bayi akan lebih sulit dibersihkan, hal ini disebabkan karena adanya perbedaan anatomi. Telinga bayi umumnya lebih pendek, serta kemiringan dan lebarnya pun memiliki perbedaan. Apalagi, telinga bayi lebih sensitive dibandingkan dengan orang yang lebih dewasa. Oleh karena itu, dalam melakukan perawatan atau membersihkannya harus dilakukan dengan sangat hati hati. Anda bisa segera membawa bayi anda ke dokter untuk mengatasi penyumbatan yang terjadi pada telinga.

Meskipun hidung dan telinga bayi harus diperhatikan dan dirawat agar kebersihannya tetap terjaga, anda tetap harus melakukannya dengan hati hati. Untuk mengetahui seperti apa perawatan hidung  dan telinga bayi yang terbaik, anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau bidan. Demikian cara perawatan hidung dan telinga bayi. Semoga bermanfaat.