Home » Penyakit Bayi » Perawatan Flu Pada Bayi yang Baik dan Tepat

Perawatan Flu Pada Bayi yang Baik dan Tepat

Selain orang dewasa, flu juga rentan dialami oleh bayi karena mengingat kekebalan tubuhnya masih belum sempurna. Jika terlihat gejala-gejala yang merujuk pada flu segeralah lakukan perawatan flu pada bayi untuk mengatasinya.

Masalah kesehatan dan ancaman penyakit sangat rentan terjadi pada bayi. Pasalnya, sistem imunitas bayi memiliki perbedaan dengan orang dewasa. Bayi memiliki sistem imun atau kekebalan tubuh yang belum sempurna. Keadaan ini akan memicu terjadinya gangguan kesehatan, terlebih lagi masalah kesehatan seperti flu.

Flu merupakan masalah kesehatan yang paling sering dan umum terjadi. Bahkan, karena saking seringnya masalah ini dialami oleh banyak orang, flu dianggap sebagai penyakit biasa. Selain orang dewasa, penyakit flu juga rentan dialami oleh anak-anak, bahkan bayi sekalipun.

Perawatan Flu Pada Bayi

Gejala yang muncul ketika buah hati mengalami flu bisa mengganggu kenyamanannya, bahkan kondisinya akan menjadi lebih rewel. Oleh karena itu, ketika masalah kesehatan ini menyerang buah hati anda, maka penting untuk mengetahui dan mencari solusi terbaik untuk mengatasinya.

Jika masalah ini terus mengganggu si kecil, tentunya sebagai orang tua anda tidak akan merasa tega. Tubuh mungil dan keadaannya yang lemah tidak akan kuasa menahan gejala yang ditimbulkan oleh flu. Oleh karena itu, tidak heran apabila banyak orang tua yang mendapati bayinya terserang flu memiliki rasa cemas dan khawatir yang berlebih.

Penyakit flu itu sendiri merupakan penyakit infeksi yang terjadi pada bagian sistem atau saluran pernapasan. Pada umumnya, masalah kesehatan ini bisa sembuh dengan sendirinya. Masa inkubasi dari masalah kesehatan ini yaitu selama kurang lebih 2 hari, atau bisa juga menjadi 4 hari sampai satu minggu.

Namun, berbeda halnya pada anak-anak atau bayi. Dimana masa inkubasi ini bisa berlangsung lebih lama. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk segera mencari dan menemukan solusi agar masalah flu pada bayi bisa segera diatasi. Perawatan flu pada bayi perlu dilakukan dengan tepat.

Perawatan Flu Pada Bayi dengan Mengetahui Gejala dan Tanda Awalnya

Tidak jauh berbeda dengan masalah kesehatan lainnya, flu yang menyerang bayi juga muncul dengan gejala atau tanda umum. Oleh karena itu, penting sekali bagi anda sebagai orang tua untuk mengetahui atau mendeteksi apa saja gejala dan tanda flu pada bayi dengan tujuan agar bisa ditangani lebih cepat. Berikut ini gejala atau tanda flu yang umum terjadi pada bayi.

Demam

Ketika si kecil terserang virus influenza, gejala awal yang biasanya ditunjukan yaitu demam. Demam yang dialami oleh si kecil ini bisa membuat suhu badannya mencapai 38,3 derajat Celcius.

Cenderung Rewel

Ketika bayi anda terserang flu, maka keadaannya cenderung rewel. Rewel yang ditunjukan oleh si kecil disebabkan karena kondisinya yang tidak nyaman. Beberapa kondisi yang tidak nyaman membuatnya mengekspresikan melalui tangisan atau rewelnya. Beberapa kondisi yang membuatnya tidak nyaman seperti sakit otot, letih, batuk, hidung beringus dan lain sebagainya. Namun, jika gejala awal yang dialami oleh si kecil yakni batuk dan hidung mampet bukan demam, gejala tersebut bisa saja menjunkan bahwa bayi anda mengalami pilek bukan flu.

Nafsu Makan Turun

Gejala lainnya yang ditunjukan ketika si kecil mengalami serangan flu yaitu nafsu makan menjadi menurun, bahkan ia enggan untuk makan atau menolak ketika diberikan ASI. Selain itu,  mungkin saja  diare pada bayi dan muntah dialami oleh buah hati anda. Meskipun gejala atau tanda  seperti ini jarang terjadi, tetapi ada beberapa kasus dimana sebagian anak mengalami gejala yang parah ini.

Tindakan Awal Ketika Bayi Mengalami Flu

Jika bayi anda berusia 5 bulan, dimana ia mengidap masalah kesehatan seperti diabetes dan asma. Yang mana ia pun menunjukan gejala flu, maka sebaiknya segeralah bawa anak anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Pasalnya, kondisi seperti ini merupakan kondisi yang sangat beresiko mengalami komplikasi serius dari masalah flu.

Akan tetapi, apabila buah hati anda berusia di atas 5 tahun, dimana ia tidak memiliki gangguan lainnya maka anda cukup merawat anak anda di rumah. Berikanlah perawatan terbaik agar penyakitnya tersebut segara hilang.

Apabila anda mendapati si kecil mengalami sumbatan pada hidungnya, bahkan membuatnya sulit tidur, konsultasikan masalah ini dengan segera pada dokter.

Perawatan Flu Pada Bayi

Ketika bayi anda terserang flu, perawatan flu pada bayi harus benar-benar anda lakukan demi memastikan keadaannya agar cepat pulih. Anda harus memastikan jika buah hati anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Cukupi juga kebutuhan cairannya. Terlebih lagi pada bayi, memberikan ASI yang cukup sebagai asupan pertamanya perlu anda lakukan,  selain itu manfaat ASI eksklusif untuk bayi sangat banyak dan   luar biasa besar. Jika bayi anda sudah diberi makan, anda bisa memberinya sup hangat. Sup hangat bisa membantunya untuk meredakan rasa ketidaknyamanan pada area tenggorokan.

Apabila diperlukan, anda bisa memberikan si kecil obat untuk meredakan panas. Obat tersebut harus didapatkan berdasarkan resep dari dokter. Umumnya, sakit flu yang menyerang bisa sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu 3-5 hari. Namun, jika sakit flu disertai dengan batuk, bisa jadi masa penyembuhannya lebih lama atau bahkan bisa mencapai 2 minggu.

Kapan Si Kecil Harus di Bawa Ke Dokter?

Meskipun sebagian orang mengatakan bahwa penyakit flu merupakan penyakit biasa dan dapat sembuh dengan sendirinya, namun berbeda halnya dengan sakit flu yang dialami oleh bayi atau anak anda. Sebaiknya anda harus lebih waspada ketika mendapati bayi atau anak anda mengalami gejala-gejala yang merujuk pada flu. Hal ini sangat penting dilakukan sebelum masalah kesehatan ini mengganggu si kecil. Pasalnya, resiko masalah kesehatan ini berakibat cukup fatal terlebih lagi jika menimpa anak bayi.

Apabila sakit flu yang diderita oleh si kecil tidak kunjung membaik dalam jangka waktu yang cukup lama, maka anda harus lebih waspada. Segeralah bawa buah hati anda ke dokter apabila ia mengalami kondisi seperti berikut:

  • Bayi berusia di bawah 3 bulan, dimana ia mengalami demam dengan suhu mencapai 38 derajat Celcisu atau bahkan lebih.
  • Setelah satu pekan batuk yang dialaminya tidak kunjung membaik.
  • Bayi berusia 6 bulan ke atas, dimana ia mengalami demam dengan suhu 39.4 derajat Celcius.
  • Bayi yang menunjukan gejala-gejala dehidrasi seperti bibir berubah menjadi kering, lemas dan nampak pucat.
  • Menunjukan gejala sulit bernapas. Saat bernapas ia mengeluarkan bunyi yang khas.
  • Bayi usia 3 sampai 6 bulan yang mengalami demam dengan suhu 38.3 derajat Celcius.
  • Apabila bayi anda kesulitan bernapas atau bahkan ia mengalami sakit telinga. Umumnya tanda yang ditunjukan yaitu ia menarik daun telinga dan lebih rewel dari biasanya.

Itulah beberapa perawatan flu pada bayi yang bisa anda lakukan. Intinya, jika gejala yag ditunjukan oleh si kecil mulai memburuk dan menunjukan gejala lainnya yang lebih parah, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter atau membawanya ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang terbaik.