Home » Perlengkapan Bayi » Perangkat Penting Untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Gigi Bayi

Perangkat Penting Untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Gigi Bayi

Perangkat Penting Untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Gigi Bayi – Pertumbuhan gigi pada bayi memang berbeda-beda. Bayi anda bisa mengalami pertumbuhan gigi lebih cepat atau lebih lambat daripada bayi lainnya. Ataupun begitu sebaliknya. Akan tetapi, penting sekali mendukung pertumbuhan gigi pada si kecil dengan baik lewat perangkat yang tepat.

Memberikan yang terbaik untuk buah hatinya tentu menjadi prioritas para orangtua. Sehingga tidak heran rasanya bila anda akan selalu mengutamakan memenuhi apa yang dibutuhkan oleh si kecil dengan baik. Bahkan mungkin, sebagian besar orangtua akan jauh mengesampingkan keinginannya dibandingkan dengan kebutuhkan buah hatinya. Hal ini memang hal yang wajar dan mungkin semua orangtua melakukan hal yang sama. Jadi tidak terkesan seperti berlebihan saat anda menginginkan segala hal terbaik untuk buah cinta anda.

Nah, berbicara mengenai memberikan segala hal yang terbaik untuk si buah hati. Memasuki usia 4 sampai dengan 7 bulan, bayi anda akan mengalami masa pertumbuhan gigi. Hal ini tentunya sebagai bagian dari serangkaian proses tumbuh kembangnya. Akan tetapi, hal penting yang perlu diketahui oleh orangtua bahwa usia diatas umumnya bukanlah patokan yang konstan.

Pertumbuhan dan perkembangan gigi pada masing-masing bayi tidaklah sama. Bayi anda mungkin lebih mengembangkan kemampuan berjalan lebih cepat, sementara tumbuh kembang giginya terkesan lebih lama. Akan tetapi, tak perlu merasa risau sebab hal ini adalah kondisi yang wajar dan normal.

Perangkat Penting Untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Gigi Bayi

Pada masa pertumbuhan gigi, umumnya bayi akan mengalami ketidak nyamanan karena proses pecahnya gusi ketika gigi mendorong melalu garis gusi. Kondisi inilah yang umumnya akan menimbulkan nyeri, gusi bengkak dan bahkan infeksi sangatlah mungkin terjadi. Jadi demikian, pada masa ini bayi anda akan mungkin menjadi lebih “cranky” atau dalam kata lain mereka akan cenderung cerewet, mudah marah dan bahkan menjadi rewel. Kondisi ini pada akhirnya akan otomatis membuat pola tidur si kecil menjadi terganggu dan termasuk dengan pola makannya.

Anak yang sedang mengembangkan pertumbuhan giginya akan mungkin membuatnya sulit untuk makan. Yang diinginkanya mungkin menyusu pada ibunya. Hal ini tentu wajar, mengingat ASI adalah sumber makanan yang tidak perlu membuat anak menguyah yang akan menyakiti gusinya.

Hanya saja, sayangnya dari meng-ASI akan mungkin timbul masalah lain yang dirasakan oleh sang ibu. Pertumbuhan gigi pada anak bayi umumnya akan membuat mereka mengalami gatal gusi. Secara sadar atau tidak si kecil akan senang untuk menggesekan gusi atas dan bawahnya dengan menggigit puting ibu. Hal ini tentu saja akan menimbulkan rasa sakit yang perih dan menyiksa.

Ketidak nyamanan yang dirasakan oleh si kecil sewaktu mengembangkan pertumbuhan gusinya bukan semata-mata disebabkan karena gusi yang terluka. Namun lebih kepada adanya sel-sel pada gusi yang mati dan terpecah agar gigi bisa muncul ke permukaan. Akibat proses inilah bayi akan juga mengalami demam pada saat tumbuh gigi.

Selain itu, pada masa ini bayi anda pun akan mengalami perubahan perilaku seperti susah tidur dan memasukkan benda kedalam mulutnya. Anak juga akan mungkin menunjukan kondisi mengeluarkan air liur yang berlebihan. Akan tetapi, pada umumnya beberapa hal diatas dapat diatas oleh bayi dengan menggigit sesuatu. Hal ini tentu dilakukan untuk melegakan rasa nyeri, gatal dan perasaan tidak nyaman dari mulutnya.

Nah, untuk itulah penting sekali untuk ibu dan ayah dapat mendukung pertumbuhan gigi pada si kecil dengan baik. Ayah dan bunda memang tidak akan bisa mempercepat proses tumbuh gigi pada si buah hati. Akan tetapi, sebenarnya adalah beberpa hal yang dapat dilakukan untuk meringankan trauma sakit pada gusi si kecil. Nah, beberapa hal dibawah ini penting untuk anda ketahui.

Perangkat Penting Untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Gigi Bayi

Ada beberapa perangkat atau peralatan yang wajib dimiliki oleh ibu guna mengoptimalkan pertumbuhan gigi pada si bayi. Hal ini tentu dilakukan untuk mengurangi masalah yang dihadapi oleh si kecil. Sebagaimana kita ketahui, perasaan sakit dan ngilu yang dialami anak pada masa ini akan membuatnya kepayahan menahan rasa sakit. Untuk itu, siapkan beberapa peralatan ini dengan baik saat si kecil tumbuh gigi.

Teething Ring

Perangkat penting untuk mengoptimal tumbuh kembang gigi bayi yang pertama adalah teething ring. Alat ini adalah sebuah mainan yang memang dirancang dan diberikan pada bayi untuk digigit. Teething ring terbuat dari bahan plastik atau karet yang dapat digunakan saat bayi tumbuh gigi.

Anda bisa memberikan teething ring sesuai dengan pilihan anda. Selain itu, banyaknya ragam teething ring yang dijual di toko bayi akan membuat anda leluasa memilih salah satunya. Hanya saja, sebaiknya pilihlah kualitas yang baik yang aman untuk bayi anda.

Selain itu sebelum memberikan teething ring sebaiknya seduh terlebih dahulu alat ini dengan menggunakan air panas. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran atau kuman. Bila anda memberikan teething ring dari bahan karet anda bisa meletakannya terlebih dahulu dalam lemari es sebelum diberikan pada si kecil.

Perasaan dingin yang menyejukan dari mainan ini akan memberikan sensasi melegakan dan menenangkan pada saat bersentuhan dengan gusinya.

Teething Gel

Perangkat yang selanjutnya adalah teething gel. Teething gel mengandung anestesi lokal yang digunakan pada gusi bayi ketika tumbuh gigi. Area yang diberikan teething gel ini akan ‘membeku’ untuk beberapa saat sehingga si kecil tidak merasakan sakit.

Pilihlah teether gel yang tidak mengandung gula dan alkohol pada saat diberikan pada bayi anda. Selain itu, hindari pula menggunakan teething gel sebelum waktu menyusi. Sebab hal ini dikhawatirkan akan mempengaruhi kemampuan bayi untuk menghisap air susu.

Penting sekali untuk anda mendapatkan saran dari dokter jika anda belum paham menggunakan bahan yang satu ini. Selain itu, konsultasikan dengan dokter jenis teething gel yang bagus untuk buah hati anda.

Pijatan Lembut Pada Bagian Gusi

Penyebab utama timbulkan rasa ketidak nyamanan pada bayi saat proses tumbuh gigi, umumnya terletak pada gusinya. Gusi akan terasa ngilu dan timbul rasa sakit yang cukup mengganggu. Kondisi ini tentu terjadi karena adanya dorongan dari gigi yang hendak muncul ke permukaan.

Nah, untuk mengatasi hal ini cobalah berikan pijatan yang lembut pada bagian sekitaran gusi bayi dengan perlahan. Namun sebelumnya pastikan bila tangan anda bersih dan higienis. Tindakan sederhana ini akan dapat mengurangi perasaan sakit yang dialami oleh si kecil.

Itulah dia beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan gigi pada bayi. Pada dasarnya perasaan nyeri yang diakibatkan dari proses tumbuh gigi akan cukup menyiksa. Dengan demikian, peran dan bantuan anda dalam hal ini menjadi penting dan perlu dilakukan guna mengurangi tangisan dan rengekan si kecil.