Home » Penyakit Bayi » Cara Mengatasi Lidah Putih Pada Bayi

Cara Mengatasi Lidah Putih Pada Bayi

Penyebab lidah putih pada bayi penting diketahui untuk mencari tahu cara mengatasi lidah putih pada bayi yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

Beberapa perubahan mungkin akan anda temukan pada tubuh bayi anda. Perubahan yang terjadi ini kerap kali membuat orang tua khawatir. Mereka cemas jika pertumbuhan buah hatinya mengalami masalah atau kendala.

Salah satu masalah yang biasanya ditemukan yaitu ketika si kecil tertawa menggemaskan. Ketika itu ada sesuatu yang tidak biasa dan tidak terlihat, dimana keadaan lidahnya berwarna putih. Mengetahui seperti ini tidak sedikit orang tua merasa panik. Akan tetapi sebagian orang tua justru menganggapnya sebagai keadaan normal, karena mereka menganggap bahwa perubahan warna pada lidah bayinya tersebut dipicu karena ASI yang dikonsumsinya.

Tidak selamanya keadaan lidah putih pada bayi adalah keadaan yang normal. Oleh karena itu, penting mengetahui apa penyebab dari lidah putih pada bayi untuk memastikan apakah normal atau merupakan penyakit berbahaya yang dapat mengancam kesehatannya. Mengetahui semua itu, anda bisa mencari solusi yang tepat untuk mengatasi lidah putih pada bayi.

Mengatasi lidah putih pada bayi

Mengatasi Lidah Putih Pada Bayi

Penyebab Lidah Putih Pada Bayi

  • Susu

Ketika anda mendapati lidah si kecil berwarna putih, sebaiknya perhatikan sifat warna putih pada lidah bayi anda. Apabila lapisan berwarna putih yang menyelimuti lidah bayi bersifat sementara atau datang dan pergi setelah ia minum susu, maka bisa jadi itu merupakan sisa susu yang dikonsumsinya. Apabila benar disebabkan karena sisa susu, maka anda jangan terlalu khawatir, karena anda bisa membersihkannya dengan mudah. Membersihkannya bisa memanfaatkan kain basah atau kering yang lembut, kemudian diusapkan pada lidahnya. Apabila setelah itu lidahnya kembali normal yakni berwarna merah muda, maka tidak ada perawatan lanjut yang harus dilakukan.

Akan tetapi, apabila selaput putih atau kemerahan terlihat pada lidah, langit-langit mulut dan pipi bagian dalam, keadaan tersebut kemungkinan besar disebabkan karena bayi mengalami infeksi jamur atau oral thrush.

  • Oral Thrush

Infeksi yang disebabkan oleh jamur Candida albicans biasanya sering menyerang bayi, khususnya bayi baru lahir atau bayi berusia kurang dari 2 bulan. Infeksi karena jamur ini menyebabkan timbulnya bercak putih pada lidah bayi dalam jumlah yang banyak sehingga dengan begitu akan membuat lidah bayi berwarna putih, timbulnya bercak putih pada pipi bagian dalam, bibir bagian dalam serta langit-langit mulut bayi. Bercak putih yang disebabkan karena infeksi ini tidak bisa dihilangkan dengan mudah atau dengan menyekanya menggunakan kain dan tissue. Jika dipaksakan justru akan membuat lidah bayi berdarah. Apabila penyebab lidah putih pada bayi ini karena oral thrush, maka tanda yang biasanya ditunjukan oleh bayi yaitu ia sering merasa tidak nyaman atau cenderung rewel ketika menyusu.

Oral thrush pada bayi dapat disebabkan karena paparan jamur yang berasal dari luar. Seperti misalkan, bayi dilahirkan normal sedangkan ibu mengalami keputihan, puting ibu menyusui terinfeksi oleh jamur atau pengobatan infeksi dengan menggunakan antibiotik tertentu.

Cara Mengatasi Lidah Putih Pada Bayi

  • Membersihkan Bekas Susu

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, apabila lidah putih atau bercak putih pada lidah bayi bisa dengan mudah dihilangkan, penyebabnya kemungkinan besar karena sisa susu. Keadaan seperti ini tidak memerlukan perawatan bayi yang lebih lanjut. Apabila keadaan ini mengganggu kenyamanan bayi anda, maka anda bisa membersihkan lidah putih pada bayi dengan memanfaatkan kain bersih dan lembut yang dicelupkan ke dalam air hangat. Buka mulut bayi dengan perlahan, kemudian usap residu susu dengan kain yang sudah dililitkan pada telunjuk ibu dengan gerakan melingkar.

  • Mengatasi Oral Thrush

Apabila oral thrush masih dalam keadaan ringan, maka keadaan ini bisa sembuh dengan sendirinya atau hilang sendiri. Sedangkan apabila keadaannya sudah berat, pengobatan dengan obat antijamur diperlukan. Dokter biasanya akan meresepkan obat untuk mengatasi infeksi karena jamur tersebut.
Obat yang diresepkan dokter biasanya diteteskan pada rongga mulut bayi yang terkena infeksi dengan menggunakan pipet. Hindari memberikan obat tanpa resep dari dokter.

Bercak putih tersebut biasanya akan hilang hanya dalam kurun waktu 24 jam setelah pertama pemakaian. Meskipun sudah hilang, anda jangan memutuskan untuk menghentikan penggunaan obat ini. Pasalnya, apabila belum tuntas ditakutkan akan kembali muncul. Oleh karena itu, sebaiknya ikuti petunjuk dari dokter.

  • Ibu Menyusui dan Bayi Oral Thrush

Dalam masalah bercak putih pada lidah bayi yang disebabkan karena oral thrush, maka berlaku hukum timbal balik di antara ibu dan bayi. Dimana infeksi karena jamur pada mulut bayi bisa saja mengenai puting susu ibu, begitupun sebaliknya. Oleh karena itu, apabila keadaan hanya sembuh pada salah satu saja, sedangkan yang satunya masih mengalami infeksi, maka masalah infeksi ini belum berakhir karena akan timbal balik. Solusi terbaik yaitu harus diobati bersamaan antara ibu dan bayinya.

Puting ibu menyusui yang terkena infeksi biasanya akan berubah warna menjadi kemerahan, lecet dan sakit. Anda bisa berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan obat yang terbaik.

Terkadang infeksi Candida Albicans setelah ibu menyusui mengkonsumsi antibiotik. Dimana antibiotik ini dapat membunuh bakteri normal sehingga akan tumbuh infeksi jamur. Apabila hal ini terjadi, maka sebagai solusinya yaitu dengan melengkapi pemberian ASI dengan susu formula pada saat ibu mengkonsumsi antibiotik.