Penyebab dan Mengatasi Bayi Bingung Puting

Posted on

Bingung puting atau nipple confusion merupakan keadaan yang sering dialami oleh bayi. Istilah ini sering digunakan oleh para ahli ketika bayi rewel dan menolak langsung menyusu dari payudara ibunya. Penting bagi setiap orang tua yang mengalami keadaan ini untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi bayi bingung puting.

ASI eksklusif diberikan pada bayi hingga usianya 6 bulan. Meskipun ibu sibuk dengan pekerjaannya, tetapi pemberian ASI eksklusif harus tetap dilakukan. Ibu bisa mensiasatinya dengan menggunakan ASI perah. ASI perah diberikan dengan menggunakan botol susu dan dot.

Bingung puting itu sendiri merupakan keadaan dimana merasa kesulitan beradaptasi menyusu pada payudara ibu secara langsung. Ketika didekatkan pada payudara ibu, si kecil biasanya akan merasa asing dan tidak terbiasa dengan mekanisme menyusui seperti itu.

Mengatasi Bayi Bingung Puting

Penyebab dan Mengatasi Bayi Bingung Puting

Penyebab Bayi Bingung Puting

Bingung puting pada bayi umumnya dialami oleh beberapa bayi baru lahir hingga usianya 5 bulan. Keadaan bingung puting yang dibiarkan akan membuat si kecil tidak bisa menyusu sama sekali. Jika bayi tidak bisa menyusu langsung dari payudara ibunya, maka akibatnya jumlah ASI akan berkurang karena jarang dihisap oleh bayi. Hisapan mulut bayi pada payudara ketika menyusu sebenarnya akan membantu meningkatkan produksi ASI.

Penyebab umum bayi bingung puting yaitu karena ia terlalu dini diperkenalkan pada botol susu. Pengenalan botol susu terlalu dini akan membuat bayi lebih mengenal tekstur dot pada botol susu sehingga ia akan sulit mengenali puting payudara ibunya. Biasanya keadaan ini dialami oleh bayi baru lahir yang langsung diberi ASI dengan menggunakan botol karena ibu tidak bisa menyusui secara langsung dengan alasan tertentu. Ketika si kecil sudah nyaman dengan botol susu, ia akan menolak ketika disusui langsung dari payudara ibunya.

Lantas mengapa botol bisa membuat bayi bingung puting? Menyusu yang benar yaitu menyusu langsung dari payudara ibu. Ketika menyusu langsung, lidah bayi disimpan di bawah payudara, membentuk rongga vakum agar bisa memompa dan menelan ASI. Ketika menyusu langsung, bayi akan memasukan payudara sebanyak mungkin ke dalam mulut untuk mendapatkan ASI dengan cara dipompa. Ketika bayi berhenti menghisap dan memompa, maka aliran ASI yang keluar pun berhenti. Intinya, menyusu langsung dari payudara ibu membutuhkan banyak usaha.

Berbeda halnya dengan memberikan ASI menggunakan botol, ketika itu bayi tidak perlu bekerja keras untuk mendapatkan aliran ASI. Dengan menggunakan dot ketika menghisap, bayi menggunakan bibir mungilnya untuk menahan ujung dot dari botol susu, bukan menggunakan mulutnya. Ketika bayi menelan ASI, maka lidahnya akan diletakan di depan dot guna menghentikan aliran ASI. Menyusu dengan menggunakan dot berarti tidak mengajarkan si kecil untuk meranggsang kemampuan motorik halus dan kasarnya. Karena menyusu dengan dot si kecil tidak perlu memompa dan menyedot ASI.

Mengatasi Bayi Bingung Puting

  • Kenalkan Puting Pada Bayi Lebih Sering

Untuk mengatasi bayi bingung puting, sebaiknya kenalkan puting pada bayi lebih sering. Anda bisa memasukan puting payudara ke dalam mulut bayi anda. Mungkin awalnya bayi akan merasa terganggu, akan tetapi seiring berjalannya waktu ia akan terbiasa dan mulai menghisap puting anda.

  • Latih Bayi Untuk Melekatkan Mulutnya

Pada saat anda mengenalkan puting pada bayi, usahakan untuk melatih bayi melekatkan mulutnya pada payudara dengan baik. Biarkan mulut si kecil terbuka dengan lebar, kemudian anda bisa memasukan puting dan aerola ke dalam mulutnya tersebut.

  • Cari Posisi Nyaman Ketika Menyusui

Ketika anda sedang menyusui, sebaiknya anda cari posisi nyaman dan buat si kecil nyaman dengan posisi tersebut. Posisi menyusui bayi yang tidak tepat akan membuat ASI menjadi tidak efektif dan puting terasa nyeri. Selain itu bayi juga akan merasa tidak nyaman membiasakan menyusu dengan payudara, sehingga ia akan semakin menolak ketika diberi ASI langsung dari payudara anda.

  • Hentikan Pemberian Susu Formula dan ASI dengan Botol

Sebaiknya hentikan memberikan ASI atau susu formula dengan menggunakan dot segera mungkin. Karena membiasakan si kecil tetap menyusu menggunakan botol susu akan membuatnya semakin sulit mengenal puting.

  • Konsumsi Makanan Pelancaran ASI

Untuk melancarkan ASI anda bisa mengkonsumsi sayur mayur atau makanan yang membantu melancarkan ASI karena hal ini akan membantu produksi ASI. Produksi ASI yang cukup akan membuat bayi anda menyukai payudara dan ia akan mencoba membiasakan menyusu langsung dari payudara.

  • Gunakan Sendok Dalam Proses Laktasi

Jika anda memiliki kesibukan di luar rumah, anda bisa memberikan ASI pada si kecil dengan menggunakan sendok atau alat bantu lainnya. Hindari memberikan ASI atau susu formula dengan menggunakan botol dan dot susu.

  • Konsultasi

Jika cara di atas tetap tidak bisa mengatasi bayi bingung puting, maka anda bisa melakukan konsultasi dengan ahli laktasi. Dengan demkian, ahli laktasi akan membantu anda dalam mencari cara mengatasi bayi bingung puting.

Perjuangan yang harus anda lakukan untuk mengatasi bayi bingung puting memang tidak mudah. Akan tetapi anda harus tetap berusaha dan mencoba agar si kecil mendapatkan ASI sesuai dengan yang dibutuhkan. Yakinlah bahwa si kecil akan mulai terbiasa menyusu dengan payudara. Ketika ia sudah mulai terbiasa dan sering meminta menyusu, anda harus siap menyusuinya setiap saat ia membutuhkan.

Demikian beberapa cara mengatasi bayi bingung puting. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *