Home » Penyakit Bayi » Mengenal Penyebab Bintik Merah Pada Bayi & Cara Mengatasi

Mengenal Penyebab Bintik Merah Pada Bayi & Cara Mengatasi

Bintik merah pada bayi kerapkali membuat orang tua khawatir. Agar dapat diberikan penanganan yang tepat dan cepat, penting mengetahui penyebab bintik merah pada bayi.

Berbeda dengan orang dewasa, kulit bayi masih sangat sensitif terhadap paparan benda asing yang mengenai kulitnya. Oleh karena itu, bayi sangat mudah mengalami masalah atau gangguan kulit.

Terdapat beberapa jenis masalah kulit yang umum menimpa bayi. Salah satu masalah pada kulit bayi yang kerap kali membuat orang tua khawatir yaitu munculnya bintik merah. Bintik merah tersebut dapat membuat bayi merasa tidak nyaman karena umumnya bintik merah dapat menimbulkan rasa gatal yang tidak tertahankan. Karena bayi belum bisa menyampaikan apa yang dirasakannya, maka dari itu ia akan cenderung lebih rewel atau bahkan menangis tanpa henti.

Penyebab Bintik Merah Pada Bayi

Berbagai pertanyaan muncul dalam pikiran ibu ketika mendapati bintik merah pada kulit bayinya. Apakah penyebab bintik merah tersebut? Apakah berbahaya? Bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab munculnya bintik merah pada kulit bayi bisa dipicu karena berbagai faktor penyebab dari yang ringan hingga berat. Untuk mengetahui apa saja penyebab bintik merah pada bayi dan cara mengatasinya, anda dapat simak pembahasan di bawah ini.

Penyebab Bintik Merah Pada Bayi

Bakat Alergi

Bakat alergi merupakan penyebab paling umum munculnya bintik merah pada kulit bayi. Kasus alergi lebih rentan dialami oleh bayi. Apabila salah satu dari orang tua, atau bahkan keduanya memiliki riwayat alergi, maka risiko alergi akan lebih besar dialami oleh bayi. Berdasarkan penelitian, orang tua yang memiliki alergi dapat meningkatkan risiko alergi pada anaknya sekitar 40 sampai 60%. Namun, apabila hanya salah satu orang tua yang menderita alergi, maka faktor risiko akan menjadi lebih kecil yaitu sekitar 25-40%.

Ketika bayi mengalami alergi, biasanya gejala yang ditunjukan berupa munculnya bintik merah pada kulit bayi. Sedangkan jika reaksi alergi tergolong parah, selain bintik merah kulit bayi akan bengkak.

Cara Mengatasi Alergi Pada Bayi

Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi alergi pada bayi yang paling tepat dan efektif yaitu dengan menjauhi penyebab alergi itu sendiri (alergen).

Ruam Popok

Ruam popok dapat muncul di area sekitar popok. Ruam popok ini terjadi disebabkan karena kurang terjaganya kebersihan pada area popok atau penggunaan popok yang terlalu ketat. Selain itu, kualitas popok yang digunakan ikut andil menjadi penyebab masalah kulit yang satu ini.
Ruam popok pada bayi harus segera diatasi. Keadaan yang dibiarkan terlalu lama atau tidak segera diatasi akan membuat keadaan semakin parah dan rentan mengalami infeksi.

Cara Mengatasi Ruam Popok

Untuk mengatasi ruam popok, penting untuk selalu memperhatikan kebersihan pada area popok dengan rajin memeriksa dan mengganti popok bayi apabila sudah basah. Belilah popok dengan ukuran 1 nomor lebih besar dari ukuran bayi anda. Sebaiknya jangan terpaku membeli popok sesuai dengan usia bayi anda. Selain ukuran popok yang perlu diperhatikan, anda juga harus memperhatikan kualitas popok yang dibeli. Kualitas popok yang terbaik bukan dilihat dari mahalnya harga popok tersebut, tapi dari bahan-bahan dan keunggulan lainnya.

Jerawat Pada Bayi

Selain menimpa orang dewasa, jerawat juga dapat dialami oleh bayi. Namun, jerawat yang dialami oleh bayi tentunya berbeda dengan jerawat yang dialami oleh orang dewasa. Jerawat pada bayi disebabkan karena sisa hormon yang masih terbawa saat bayi masih berada dalam kandungan. Bintik merah yang disebabkan karena jerawat ini biasanya akan muncul pada bagian wajah bayi seperti daerah dagu, pipi, dan dahi.

Cara Mengatasi Jerawat Pada Bayi

Jerawat pada bayi biasanya akan menghilang dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu. Namun, perawatan dapat anda lakukan di rumah agar bayi merasa nyaman dan tidak terganggu.
Disarankan untuk selalu memperhatikan kebersihan wajah bayi. Setiap kali selesai membersihkan wajah bayi anda harus mengeringkannya dengan menggunakan handuk atau kain berbahan lembut. Hindari memencet jerawat karena akan menyebabkan infeksi dan iritasi pada kulit bayi.

Biang Keringat

Biang keringat pada bayi bisa disebabkan karena adanya sumbatan pada pori-pori kulit bayi. Penyumbatan pada kulit bayi ini dapat menyebabkan keringat yang keluar tidak lancar, akibatnya munculah biang keringat. Bintik merah yang disebabkan karena biang keringat ini muncul biasanya di daerah badan dan wajah bayi.

Cara Mengatasi Biang Keringat

Agar keadaan biang keringat pada bayi tidak bertambah parah, penting untuk membersihkan wajah dan tubuh bayi dari keringat dengan menggunakan lap basah. Setelah selesai, keringkan menggunakan handuk berbahan lembut.

Selain itu, pilih dan pakaikan pakaian bayi dari bahan yang mampu menyerap keringat seperti kantun. Hindari baju yang terlalu sempit atau berlapis. Anda juga harus memastikan sirkulasi kamar atau ruangan bayi dalam keadaan baik.

Eksim Bayi

Bintik merah atau eksim pada kulit bayi akan muncul apabila sisa ASI, makanan bayi, air liur dan susu formula tidak segera dibersihkan atau dibiarkan menempel dalam waktu yang cukup lama, apalagi jika bayi memiliki bakat alergi.

Cara Mengatasi Eksim Bayi

Cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi eksim pada bayi yaitu dengan selalu menjaga kebersihan bayi, misalkan setelah menyusu baik ASI atau susu formula, segera bersihkan sisa-sisanya yang menempel pada wajah atau bagian lainnya. Sering ganti pakaian apabila bayi memiliki kemungkinan mengeces lebih sering karena masa pertumbuhan gigi.

Gigitan Serangga

Ketika menggigit, serangga dapat menyuntikan racun berupa protein atau subtansi lainnya yang dapat memicu terjadinya reaksi alergi. Dimana reaksi alergi ini dapat menyebabkan munculnya bintik merah pada kulit bayi. Bintik merah biasanya disertai dengan gatal dan pembengkakan pada kulit atau bentol.

Cara Mengatasi Gigitan Serangga

Agar kulit bayi merasa lebih nyaman, anda dapat mengoleskan minyak kayu putih atau minyak telon. Dengan olesan minyak ini, bintik merah dan pembengkakan pada kulit bayi akan lambat laun menghilang.

Virus

Roseola infantum atau campak pada bayi merupakan salah satu penyakit menular yang sering menimpa bayi. Penyebab dari penyakit ini yaitu karena virus yang tersebar melalui ludah penderita.

Gejala yang biasanya timbul yaitu bayi kehilangan nafsu makan, lebih rewel, mudah mengantuk atau mengalami demam tinggi hingga mencapai 39,5 derajat Celcius yang berlangsung selama beberapa hari.
Apabila demam sudah hilang, biasanya akan muncul bintik merah pada kulit bayi. Bintik merah tersebut tidak gatal, tidak bernanah dan semakin hari akan semakin membaik. Berbeda halnya dengan campak, dimana bintik merah akan muncul ketika bayi sedang demam tinggi.

Cara Mengatasi Kondisi Ini

Untuk menurunkan panas, anda dapat memberi si kecil obat penurun panas yang diresepkan dari dokter. Berikan bayi anda banyak cairan, baik itu ASI atau air putih jika si kecil sudah mendapatkan MPASI. Pastikan pula bayi anda mendapatkan cukup istirahat. Segera bawa bayi anda pergi ke dokter apabila keadaannya tidak kunjung membaik.