Penyebab ASI Berkurang dan Cara Mengatasinya

Posted on

Ketika ASI berkurang maka proses menyusui akan menjadi terhambat dan si kecil tidak mendapatkan cukup ASI. Untuk mengatasi atau mencari solusi yang terbaik anda harus mengetahui penyebab ASI berkurang.

Setiap orang tua menginginkan kesehatan untuk buah hati tercintanya, terlebih lagi jika ia masih dalam tahap tumbuh kembang. Pemberian asupan nutrisi yang terbaik akan mendukung kesehatan bayi dalam masa tersebut. Dimana nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi bisa didapatkan dari ASI atau air susu ibu.
ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi sebelum usianya 6 bulan. Setelah menginjak 6 bulan, bayi sudah diperkenalkan pada makanan pendamping ASI atau MPASI. Namun, meskipun begitu pemberian ASI seharusnya tetap berlanjut hingga usia bayi 2 tahun.

Manfaat ASI eksklusif untuk bayi sungguh luar biasa besar. Selain bayi yang mendapatkan manfaatnya, dengan menyusui ibu pun akan merasakannya. Kandungan di dalam ASI akan membantu bayi untuk menjaga kesehatan. Beragam kandungan di dalam ASI bermanfaat untuk mendukung kesehatan bayi, pertumbuhan dan perkembangannya.

Penyebab ASI berkurang

Sebisa mungkin ibu akan memberikan yang terbaik untuk anaknya termasuk dalam pemberian ASI. Akan tetapi, terkadang proses menyusui bayi tidak berjalan lancar. Beberapa ibu justru sering mengalami kendala atau hambatan dalam proses pemberian ASI untuk buah hati tercintanya. Dimana salah satu kendala yang sering dialami oleh ibu menyusui yaitu pasokan asinya mulai berkurang. Mengetahui seperti itu tentunya ibu sangat khawatir dan cemas. Mereka takut buah tercintanya tidak mendapatkan cukup ASI untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Pada dasarnya ASI yang diproduksi oleh ibu menyusui akan berbanding lurus dengan yang dibutuhkan oleh bayi. Sehingga jika terdapat masalah atau gangguan pada produksi ASI, dimana ASI semakin sedikit dan berkurang maka kemungkinan ada beberapa faktor yang memicu terjadinya keadaan ini. Lantas apa saja penyebab ASI semakin berkurang?  Berikut ini beberapa kondisi penyebab ASI berkurang.

Penyebab ASI Berkurang

Mengalami Masalah Hormonal dan Endoktrin

Ibu yang mengalami masalah ini disebabkan karena rendahnya atau tingginya kadar tiroi, diabetes dan hipertensi sehingga mengakibatkan wanita sulit hamil. Setelah melahirkan, maka akan berpengaruh terhadap produksi ASI. Untuk mengatasi masalah ini ibu menyusui bisa meningkatkan produksi ASI-nya.

Alat Kontrasepsi Hormonal

Penyebab ASI berkurang lainnya yaitu karena alat kontrasepsi. Umumnya produksi akan semakin berkurang pada ibu yang memakai alat kontrasepsi hormonal. Produksi ASI akan mengalami perubahan dan ASI yang dihasilkan pun akan semakin berkurang. Akan tetapi, dalam hal ini setiap ibu memiliki keadaan yang berbeda-beda. Meskipun alat kontrasepsi hormonal menyebabkan ASI berkurang pada ibu, akan tetapi beberapa ibu tidak mengalami keadaan ini.

Jika penyebab ASI berkurang karena alat kontrasepsi, maka untuk mengatasinya anda bisa berhenti memakainya guna membantu produksi ASI. Konsultasi dengan dokter mengenai alat kontrasepsi yang tepat dan tidak akan mengganggu produksi ASI.

Ibu Pernah Melakukan Operasi Payudara

Operasi payudara terpaksa harus dilakukan karena masalah kesehatan ataupun dengan tujuan untuk kecantikan. Akan tetapi, operasi payudara ini akan menghambat produksi ASI, sehingga ASI yang dihasilkan menjadi sedikit. Selain itu, gangguan yang sama akan dialami oleh ibu yang mengalami piercing pada putingnya . Pengaruh operasi pada produksi ASI tergantung pada prosedur yang dilakukan, jarak operasi dengan melahirkan dan menyusui tanpa adanya komplikasi. Akan tetapi tidak semua wanita mengalami keadaan yang sama. Dimana ada beberapa wanita yang tetap bisa memberikan ASI tanpa adanya hambatan hingga waktu yang telah ditentukan.

Jarang Menyusui Bayi

Produksi ASI akan terganggu apabila payudara tetap dalam keadaan penuh. Keadaan payudara yang selalu penuh dipacu karena ibu tidak sering menyusui bayinya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produksi ASI yaitu dengan menyusui sesering mungkin, karena hisapan mulut bayi akan membantu produksi ASI.

Tidak Memberikan ASI pada Malam Hari

Kondisi setiap ibu menyusui umumnya berbeda-beda. Sebagian ibu yang tidak memberikan ASI kepada buah hatinya ketika malam hari akan mempengaruhi produksi ASI. ASI yang diproduksi oleh ibu akan menjadi menurun, serta kadar prolaktin akan lebih banyak ketika malam hari. Oleh karena itu, apabila semakin rendah maka mengakibatkan produksi ASI menjadi semakin menurun.

Teknik Menyusui yang Salah

Teknik atau cara menyusui yang salah menjadi salah satu penyebab ASI berkurang. Apabila bayi anda tidak menempel dengan sempurna ketika disusui, maka kelenjar ASI tidak akan terangsang sehingga akibatnya tidak akan menghasilkan ASI cukup.

Masitis

Masitis merupakan keadaan dimana ASI mengalami gumpalan, menyumbat dan membentuk benjolan pada payudara. Masitis biasanya disebabkan karena ibu tidak menyusui bayinya dangan teratur.

Adanya Jeda Menyusui

Ketika keadaan terganggu, seperti sakit atau lainnya mungkin anda memutuskan untuk berhenti menyusui beberapa hari. Akan tetapi, keadaan ini justru akan menyebabkan produksi ASI menjadi berkurang atau menurun dengan tiba-tiba.

Kekurangan Kalsium

Kekurangan kalsium menjadi penyebab ASI berkurang dengan cepat. Apabila tubuh anda tidak memiliki kalsium dalam jumlah yang cukup, maka anda tidak bisa menghasilkan dan memberikan ASI dengan cukup pada buah hati anda. Padahal, salah satu kandungan utama pada ASI yaitu kalsium.

Konsumsi Alkohol yang Berlebihan

Konsumsi alkohol dan kafein yang berlebihan akan menghambat produksi ASI. Oleh karena itu, sebaiknya batasi konsumsi kafein dalam setiap harinya. Jika bisa, hindari konsumsi alkohol dan kafein selama menyusui.

Anemia

Ibu menyusui yang mengalami anemia cenderung mengalami gangguan pada produksi ASI, dimana ASI menjadi berkurang.

Stres

Seperti yang kita ketahui, stres akan memiliki dampak buruk untuk kesehatan. Stres yang anda alami akan merusak keseimbangan hormonal. Akibatnya produksi ASI akan menjadi berkurang.

Cara Atasi Produksi ASI Berkurang

Jika anda sudah mengetahui penyebab ASI berkurang, maka anda bisa mencari solusi atau cara untuk mengatasi keadaan tersebut. Cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi produksi ASI yang semakin berkurang yaitu dengan menghindari beberapa penyebab di atas. Untuk memperbanyak produksi ASI anda bisa meningkatkan frekuensi pengeluaran ASI itu sendiri. Caranya yaitu dengan sering menyusui bayi anda. Karena semakin sering si kecil menyusui, maka ASI yang diproduksi pun akan semakin banyak. Jika ibu sering memberikan ASI atau menyusui bayinya pada minggu pertama kelahiran akan membantu dalam melancarkan produksi ASI.

Untuk meningkatkan produksi ASI, anda bisa mengosongkan payudara dengan menggunakan alat bantu pompa ASI. Produksi ASI ditentukan oleh pengeluaran ASI itu sendiri. Anda bisa memompa payudara anda di antara waktu menyusui. Teruskan proses memompa ASI selama kurang lebih 5 sampai 10 menit setelah anda selesai menyusui. Pijatan yang anda lakukan ketika memompa ASI akan membantu menstimulasi produksi ASI.

Untuk mengetahui lebih lanjut penyebab ASI berkurang dan cara mengatasinya, anda bisa melakukan konsultasi langsung dengan ahli laktasi. Pasalnya, kondisi dari setiap ibu memiliki perbedaan, begitu pula dengan penanganan yang dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *