Home » Perawatan Bayi » Panduan Menggunting Kuku Bayi yang Benar

Panduan Menggunting Kuku Bayi yang Benar

Untuk menjaga kesehatan bayi, selain melakukan perawatan yang tepat, hal yang tidak boleh dilupakan yaitu menggunting kuku bayi. Agar menggunting kuku bayi bisa dilakukan dengan benar, ikuti panduan menggunting kuku bayi di sini.

Salah satu perawatan bayi yang harus dilakukan oleh ibu yaitu memotong kuku bayi. Memotong kuku merupakan kegiatan yang mudah dilakukan, namun lain halnya dengan memotong kuku bayi. Ketika hendak memotong kuku bayi banyak orang tua yang merasa takut dan khawatir akan melukai buah hatinya. Namun, bagaimana pun juga memotong kuku bayi harus tetap dilakukan, mengingat gerakan si kecil masih belum bisa dikontrol. Jika kukunya dalam keadaan panjang, maka ditakutkan akan melukai kulitnya. Terlebih lagi jika si kecil sudah mulai berinteraksi dengan teman-teman sebayanya. Kukunya yang panjang bisa saja melukai temannya.

Memotong kuku bayi berbeda dengan memotong kuku anak, ketika memotong kuku bayi anda harus lebih berhati-hati dan teliti. Berikut ini panduan menggunting kuku bayi.

Panduan Menggunting Kuku Bayi

Panduan Menggunting Kuku Bayi

Kapan Waktu yang Tepat Menggunting Kuku Bayi?

Gerakan si kecil masih belum terkontrol dan tidak terkendali, oleh karena itu jika anda menggunting kukunya ketika ia terjaga ditakutkan ia akan melakukan gerakan-gerakan yang nantinya justru akan membuat tangannya terluka. Oleh karena itu, waktu terbaik memotong kuku bayi yaitu ketika si kecil sedang tertidur pulas. Apabila anda tidak bisa memotong kuku bayi ketika ia sedang tertidur, anda bisa memotongnya ketika si kecil selesai dimandikan, karena setelah mandi kukunya akan lebih lunak sehingga anda akan lebih mudah memotongnya.

Selain itu, jika anda terpaksa harus memotong kuku si kecil ketika ia terbangun, anda bisa meminta bantuan suami untuk menjaga dan memegang si kecil agar ia tidak terlalu banyak bergerak pada saat anda menggunting kukunya.

Gunakan Gunting Kuku yang Tepat

Panduan menggunting kuku bayi selanjutnya yaitu dengan memilih gunting kuku yang tepat. Jangan gunakan gunting kuku yang biasa anda gunakan. Apabila bayi anda masih berusia beberapa minggu, untuk memotong kukunya disarankan menggunakan pengikir kuku. Pasalnya, pada usia tersebut kuku si kecil masih lunak. Apabila menggunakan gunting kuku ditakutkan akan melukai kulitnya, terlebih lagi jika anda belum bisa menggunting kuku si kecil dengan baik dan benar. Menggunting kuku dengan menggunakan pengikir kuku merupakan pilihan yang paling aman.

Cari Posisi yang Tepat dan Nyaman

Ketika menggunting kuku pastikan anda mencari tempat dan posisi yang nyaman, serta bisa menjangkau tangan si kecil dengan mudah. Anda bisa menempatkan si kecil berada di pangkuan anda. Pastikan anda menggunting kuku pada tempat yang terang agar lebih mudah dan bisa dengan jelas melihat batasan di antara kuku si kecil dan kulitnya. Jika anda menggunting kuku bayi di tempat yang kurang cahaya akibatnya akan membahayakan si kecil. Misalkan, jari bayi terluka atau anda memotong kuku bayi terlalu pendek sehingga akan membuat si kecil kesakitan.

Gunting Kuku Bayi dengan Teknik yang Tepat

Sebelum anda melakukan perawatan kuku bayi, anda harus memeriksa terlebih dahulu kuku bayi anda, apakah ada kotoran atau tidak. Jika terdapat kotoran yang terselip pada kukunya anda bisa membersihkannya terlebih dahulu. Cara membersihkan kotoran dari kuku bayi cukup mudah. Caranya yaitu, siapkan cotton bud dan basahi cotton bud dengan menggunakan air bersih. Kemudian, bersihkan kotoran dengan menggunakan cotton bud tersebut.

Teknik menggunting kuku bayi yang tepat harus anda lakukan ketika menggunting kuku si kecil. Pertama, anda bisa memegang jari si kecil satu persatu atau jari yang kukunya akan digunting. Hindari memegang ke lima jari si kecil karena akan membuat anda tidak fokus ketika mengguntingnya. Kemudian, tekan ujung kulit jari bayi anda agar lebih mudah ketika menggunting kukunya. Apabila anda masih melihat ada sedikit kuku yang tersisa dan takut untuk mengguntingnya, maka anda bisa memanfaatkan pengikir kuku.

Setelah semua kuku bayi selesai digunting, anda bisa mengikir kuku si kecil dengan menggunakan kikir khusus bayi. Ketika mengikir kuku bayi sebaiknya lakukan dengan perlahan dan hati-hati, jangan sampai melukai si kecil. Kikir kuku bayi anda hingga bagian tajamnya menghilang.

Jangan panik

Salah satu panduan memotong kuku bayi yang tidak boleh anda lupakan yaitu, gunting kuku si kecil dengan tenang dan jangan panik. Ketika anda melakukan kesalahan disarankan untuk tidak panik, misalkan jika tidak sengaja anda melukai jarinya ketika memotong kuku. Oleh karena itu, ketika memotong si kecil sebaiknya siapkan pula tisu atau kain antiseptik dan bersih. Apabila jari si kecil terluka, anda bisa menekannya dengan perlahan dengan menggunakan kain dan tisu yang sudah diberi antiseptik sampai darahnya benar-benar berhenti.

Pertumbuhan kuku bayi berlangsung cepat. Oleh karena itu, menggunting kuku bayi dengan rutin dan teratur sangat disarankan. Setidaknya anda menggunting kuku si kecil satu kali dalam seminggu.

Berbeda halnya dengan kuku kaki, biasanya kuku kaki pertumbuhannya terlambat. Oleh karena itu, anda bisa menggunting kuku kakinya sebanyak dua kali dalam sebulan.
Demikian beberapa panduan menggunting kuku bayi. Semoga bermanfaat.