Home » ASI (Air Susu Ibu) » Panduan Memompa ASI Perah Untuk Ibu yang Sibuk

Panduan Memompa ASI Perah Untuk Ibu yang Sibuk

Ibu yang sibuk bekerja tetap bisa memberikan ASI eksklusif pada buah hatinya dengan memberikan ASI perah. Perhatikan panduan memompa ASI perah di sela-sela kesibukan guna menunjang kelancaran proses memompa ASI.

Ibu menyusui yang sibuk bekerja di luar rumah tetap bisa memberikan ASI atau air susu ibu untuk bayinya. Mengingat ASI merupakan asupan yang dibutuhkan oleh bayi untuk tumbuh kembangnya, maka memberikan ASI harus tetap dilakukan apapun keadaannya. Ibu menyusui dan sibuk bekerja bisa mensiasati pemberian ASI-nya kepada sang buah hati dengan memompa ASI dan memberikan ASI perah tersebut dengan menggunakan botol susu bayi atau alat bantu lainnya.

Meskipun begitu, terkadang ibu menyusui sering mengeluh akan cara memompa ASI perah yang kurang tepat sehingga menyebabkan ASI-nya keluar hanya sedikit. Memompa ASI perah dengan baik dan benar bisa dilatih untuk memberikan kemudahan pada ibu sehingga ia mulai terbiasa. Lantas apa saja panduan memompa ASI perah yang baik dan benar?

Panduan Memompa ASI Perah

Memompa ASI membutuhkan keterampilan, sama halnya dengan anda ketika menyusui bayi anda. Berikut ini panduan memompa ASI perah agar ASI yang dihasilkan lebih banyak, tidak membuat puting payudara sakit, merangsang refleks ASI dan membuat anda lebih nyaman.

Panduan Memompa ASI Perah

Buat Jadwal Rutin di Sela Kesibukan

Memompa payudara untuk mendapatkan ASI bisa anda lakukan dengan menciptakan waktu yang efektif. Anda bisa memompa ASI perah pada tempat yang sama, misalkan pada ruangan yang dianggap paling nyaman di sela aktivitas kantor serta dengan peralatan yang telah disiapkan. Kemudian dilanjutkan dengan memilih posisi yang nyaman sebelum anda memompa ASI.

Memijat Sebelum Memompa

Sebelum memompa keluar ASI dari payudara, anda bisa melakukan pijatan lembut pada payudara. Caranya yaitu dimulai dari bagian ketiak menggunakan jari, tepatnya ujung jari tangan dengan arah berlawanan. Buatlah lingakaran kecil pada jaringan payudara anda tepat pada satu tempat. Pindahkan sedikit demi sedikit tangan anda, anda bisa melakukannya kembali pada bagian yang lainnya. Anda bisa memulai kembali pada sekitar payudara anda yang dilakukan secara bertahap mengarah ke aerola dengan menggunakan pola spiral. Kemudian, anda bisa memijat bagian payudara yang lainnya.

Apabila aliran ASI semakin melambat ketika anda pompa, maka anda bisa melakukan pijatan kembali selama beberapa menit. Cara ini merupakan langkah terbaik agar ASI perah yang anda hasilkan lebih banyak. Meskipun ibu menyusui merasa sulit melakukan kegiatan ini, tetapi jika dilakukan dengan rutin akan mulai terbiasa dan lebih nyaman. Jangan menyerah apabila ASI yang anda perah sedikit. Anda bisa mengoptimalkannya dengan melakukan pijatan seperti ini.

Tenang dan Rileks

Sebelum memompa ASI tubuh dan pikiran anda harus dalam keadaan rileks. Anda bisa memulainya dengan minum air putih. Apabila ibu menyusui terburu-buru dalam memerah ASI dan ia mengalami tekanan, maka ASI yang keluar cenderung sulit dan ASI yang dihasilkan pun sedikit.

Gunakan Perlengkapan Bayi

Salah satu cara yang bisa membuat anda lebih tenang ketika memompa ASI yaitu dengan menggunakan perlengkapan bayi anda. Anda bisa memanfaatkan baju atau barang bayi anda yang lainnya yang dapat membantu anda mengingatkan pada buah hati tercinta, sehingga dengan begitu anda akan berpikiran bahwa anda tidak sedang memompa ASI melainkan memberikan ASI secara langsung pada si kecil. Rasa yang belum terbiasa dan tidak nyaman akan menghambat proses pemerahan ASI. Biasanya beberapa ibu akan terbantu dalam memompa ASI dengan mencium aroma bayi yang khas. Oleh karena itu, untuk memudahkan anda bisa membawa baju si kecil.

Dengarkan Musik

Sebagai langkah untuk meminimalkan gangguan ketika anda memompa ASI yaitu dengan mendengarkan alunan musik. Ketika sedang memompa ASI anda bisa coba untuk memutar musik kesukaan anda atau mendengarkan suara alam yang menenangkan seperti gemercik air, laut, suara dedaunan atau musik klasik sehingga anda akan merasa lebih rileks. Aroma terapi pun bisa dimanfaatkan untuk mendukung dalam proses memompa ASI.

Gunakan Alat Khusus Memompa ASI

Bagi ibu yang memiliki masalah dengan puting payudaranya seperti puting lecet dan terasa sakit saat memompa dengan menggunakan tangan, maka sebagai langkah alternatif yaitu dengan memanfaatkan alat pompa khusus memerah ASI. Ketika anda memompa ASI usahakan agar puting payudara anda tidak bergesekan langsung flange.

Memompa Lebih Sering Mampu Merangsang Produksi ASI

Terkadang ibu menyusui mengalami masalah ketika memompa ASI, dimana salah satu masalah yang sering ditemui yaitu ASI yang diproduksi oleh ibu sedikit sehingga tidak akan mencukupi kebutuhan bayinya. Meskipun begitu, ibu menyusui masih bisa meningkatkan produksi ASI-nya. Produksi ASI akan semakin meningkat apabila anda sering menyusui si kecil langsung. Selain itu, produksi ASI juga akan semakin terangsang apabila anda memompa ASI lebih sering. Ketika anda memompa ASI lebih sering, maka merangsang produksi ASI akan menjadi lebih efektif dibandingkan dengan memompa lebih lama dalam setiap sesi.

Perbaiki Cara Memompa ASI

Jika anda menggunakan alat khusus memompa ASI, maka yang dapat anda lakukan yaitu mengecek alat pompa ASI tersebut apakah sudah benar dan anda menempatkannya pada posisi yang tepat atau tidak. Untuk memastikannya anda bisa menggunakan petunjuk pemakaian yang sudah ada, sehingga dengan begitu anda tidak akan kesulitan ketika memompanya. Jika tidak, anda bisa bertanya langsung akan cara pemakaian yang baik dan benar pada perwakilan produsen.

Memompa Dua Payudara Bersamaan

Beberapa ibu menyusui bisa menggunakan kedua payudaranya pada saat yang sama, yaitu dengan memompa kedua payudaranya untuk menghasilkan ASI yang lebih banyak. Ketika anda memompa payudara secara bersamaan, kadar prolaktin di dalam darah akan lebih tinggi.

Gunakan Pakaian yang Nyaman

Agar proses memompa payudara menjadi lebih mudah, anda bisa menggunakan pakaian yang nyaman dan mendukung saat memompa payudara. Anda bisa memilih atasan longgar sehingga mudah ditarik ke atas dari bawah atau menggunakan pakaian dengan kancing di depan.

Posisi Memompa yang Nyaman

Tentukan posisi yang nyaman ketika anda memompa ASI. Buatlah anda merasa rileks dengan posisi tersebut sehingga proses memompa ASI lebih nyaman. Beberapa ibu menyusui yang memompa ASI di kantor bisa memanfaatkan bantuan buku tebal untuk meningkatkan lutut sehingga botol susu bisa disimpan pada pangkuan.

Ibu yang memiliki aktivitas di luar rumah tetap bisa memberikan ASI eksklusif pada bayinya dengan ASI perah. Tips di atas dapat membantu anda dalam menyediakan dan memberikan ASI perah untuk si kecil. Selain memperhatikan tips di atas, ada beberapa hal yang perlu anda parhatikan sebelum memompa ASI perah seperti kebersihan tangan. Cucilah tangan dengan menggunakan sabun, lalu kompres payudara dengan menggunakan handuk yang hangat dan lembut, siapkan botol susu atau wadah untuk menyimpan ASI perah dan lain sebagainya yang mendukung proses memompa ASI.

Demikian beberapa panduan memompa ASI perah yang bisa anda lakukan di sela-sela kesibukan. Semoga bermanfaat.