Menu Makanan Bayi 9 Bulan

Posted on

Menu makanan bayi 9 bulan bisa anda berikan untuk si kecil dengan tekstur yang lebih kental. Berikan makanan denga nutrisi dan gizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan dalam masa tumbuh kembangnya.

Pada usia 9 bulan bayi sudah mulai bisa berinteraksi. Maksud dari berinteraksi disini yaitu ia mulai sudah memahami pembicaraan yang ia dengar. Biasanya bayi pada usia ini tidak bisa diam. Bayi cenderung akan mendekati benda atau objek yang ia sukai untuk dipegang dan dimainkannya. Pada usia ini bayi sudah mampu menguasai posisi selain merangkak, seperti duduk atau belajar berdiri.

Perkembangan bayi 9 bulan lebih mengarah pada pengenalan bahasa. Bahasa bayi pada usia ini sudah mulai berkembang, bahkan ia sudah mampu meniru ucapan dari orang tuanya. Perkembangan bayi yang mengagumkan pada usia ini harus ditunjang dengan menu makanan bayi 9 bulan yang sesuai.
Menginjak usia 9 bulan ibu harus benar-benar memperhatikan makanan pendamping ASI atau MPASI yang diberikan pada buah hati. Makanan pendamping ASI pada usia ini harus memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi bayi anda. Pada usia 9 bulan makanan dan kandungan nutrisi yang dibutuhkan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan makanan pada bulan sebelumnya. Pada usia ini anda bisa memberikan menu makanan bayi 9 bulan dengan teksur yang lebih kental atau tidak terlalu encer.

Menu Makanan Bayi 9 Bulan

Pemberian makanan kental ini akan melatih gigi susunya dalam mengunyah makanan. Anda dapat memberikan makanan yang seimbang pada si kecil agar nutrisi dan gizi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangannya bisa terpenuhi dengan baik. Perlu anda ketahui juga bahwa pemberian makanan yang mengandung kelebihan zat gizi tertentu justru tidak baik karena akan mempengaruhi pertumbuhannya.

Karbohidrat umumnya tidak terlalu banyak dibutuhkan oleh bayi, pemberian karbohidrat 9 sendok makan sudah mencukupinya karena ASI eksklusif merupakan sumber energi terbaik untuk pertumbuhannya. Hal penting yaitu anda harus tetap memenuhi kebutuhan asupan nutrisi yang didapatkan dari buah, sayur dan protein hewani.

Beberapa sayuran sehat bisa anda berikan pada si kecil. Sayuran sehat yang dimaksud yaitu wortel, brokoli, tomat, kacang hijau dan bayam. Jika bayi anda memiliki alergi maka sebaiknya hindari pemberian kacang-kacangan, termasuk kacang hijau. Sayuran lainnya bisa anda berikan pada si kecil. Namun meskipun begitu, sayuran dengan kandungan Vitamin A dan Vitamin C, kalium, asam folat, protein, fosfor, natrium, kalisum dan serat merupakan pilihan sayuran yang tepat untuk si kecil.

Menu Makanan Bayi 9 Bulan yang Tepat

Menu makanan bayi 9 bulan dibedakan menjadi 2 tipe. Menu pertama yaitu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi utamanya seperti lemak, energi, dan protein. Sedangkan menu yang kedua yaitu berupa cemilan yang bisa anda berikan pada si kecil di sela waktu makannya. Berikut ini menu makanan bayi 9 bulan yang bisa anda jadikan referensi.

Nasi Tim Hati Ayam

Bahan Bahan yang dibutuhkan Untuk Membuat Nasi Tim Hati Ayam

  • 20 sendok makan beras merah
  • 500 ml air kaldu ayam
  • 20 gram hati ayam
  • 20 gram wortel
  • 20 gram brokoli
  • 20 gram keju

Cara Membuat Nasi Tim Hati Ayam

  1. Langkah pertama yaitu, cuci beras merah yang sudah disiapkan sampai benar-benar bersih. Lalu rebus beras bersama dengan air kaldu dan hati ayam. Masak hingga menjadi bubur. Masak sambil diaduk-aduk.
  2. Jika sudah mengental, anda bisa memasukan brokoli dan wortel yang sebelumnya sudah dicuci.
  3. Aduk-aduk kembali sampai merata.
  4. Jika sudah matang, angkat tim dan taburkan parutan keju di atasnya.
  5. Kemudian anda bisa langsung memberikannya pada si kecil.

Nasi Tim Telur

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 20 gram beras
  • 25 gram hati ayam
  • 625 ml air
  • 50 gram tahu
  • 1 butir telur
  • 25 gram daun kangkung yang masih muda dan sudah diiris halus
  • 25 gram wortel yang sudah diparut
  • 2 sendok makan santan matang

Cara Membuat Nasi Tim Telur

  1. Pertama, rebus beras yang sudah dicuci bersama dengan air, tahu dan hati ayam. Aduk merata dan masak hingga menjadi bubur.
  2. Kemudian, masukan telur dan aduk hingga telur benar-benar matang.
  3. Masukan wortel dan kangkung. Aduk merata dan masak hingga sayuran matang.
  4. Selanjutnya masukan santan. Aduk-aduk sampai merata. Jika sudah matang, angkat bubur dan tiriskan terlebih dahulu sebelum diberikan pada si kecil.

Cemilan Sehat: Biskuit Apel

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 50 gram apel
  • 2 buah biskuit bayi
  • 2 sendok makan susu formula
  • 150 ml air hangat

Cara Membuat Cemilan Sehat Biskuit Apel

  1. Larutkan terlebih dahulu susu formula dengan menggunakan air hangat.
  2. Kemudian, masukan biskuit yang sudah anda siapkan. Lalu aduk-aduk sampai merata.
  3. Selanjutnya, tambahkan buah apel yang sebelumnya sudah dihalusan. Aduk-aduk hingga tercampur merata. Anda bisa langsung memberikannya pada buah hati tercinta.

Sebagai tips, ketika memberi makan si kecil anda bisa mencoba untuk mengajaknya bermain agar waktu makan menjadi lebih menyenangkan.

Demikian menu makanan bayi 9 bulan yang bisa anda berikan pada buah hati tercinta. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *