Home » Makanan Bayi » Menu Makanan Bayi 7 Bulan

Menu Makanan Bayi 7 Bulan

Memenuhi kebutuhan nutrisi melalui menu makanan bayi 7 bulan penting dilakukan guna menunjang tumbuh kembang pada usianya yang menginjak bulan ke 7 ini. Pilihlah makanan yang sehat dan mengandung nutrisi serta gizi seimbang yang dibutuhkan.

Bayi berusia 7 bulan sudah mampu melakukan gerakan, meskipun masih gerakan ringan. Meraih benda tertentu yang berada di dekatnya dengan menggerakan badanya sudah bisa ia lakukan. Selain itu, perubahan secara fisik pun sudah mulai terlihat pada bayi usia 7 bulan. Dimana pada usia tersebut gigi sudah muncul pada bayi anda. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan jika bayi anda tumbuh gigi pada usia lebih awal atau lebih telat dari usia yang ditentukan.

Pertumbuhan dan perkembangan bayi yang semakin pesat pada usia 7 bulan menuntut anda untuk selalu memperhatikan segala sesuatunya agar perkembangan dan pertumbuhan si kecil tidak terganggu. Karena pada usia ini bayi sudah bisa menggerakan badan untuk meraih benda, maka sebisa mungkin anda harus menjaga dan memberikan perhatian ekstra pada buah hati tercinta. Tidak kalah penting, anda juga harus memperhatikan menu makanan bayi anda. Pada usia 7 bulan bayi sudah bisa mendapatkan makanan pendamping ASI. Makanan pendamping ASI yang tepat akan sangat membantu dalam memberikan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh bayi anda sesuai dengan masa perkembangannya.

Menu Makanan Bayi 7 Bulan

Nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi usia 7 bulan tidak jauh berbeda dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh usia bayi sebelumnya. Beberapa nutrisi penting sangat dibutuhkan dalam membantu agar pertumbuhannya dapat berjalan dengan baik. Berikut ini beberapa nutrisi penting bayi usia 7 bulan.

Menu Makanan Bayi 7 Bulan: Nutrisi Penting yang Dibutuhkan

Lemak Sehat

Kandungan lemak sehat bisa anda dapatkan pada buah alpukat atau ikan. Lemak sehat merupakan salah satu kandungan yang dibutuhkan oleh bayi berusia 7 bulan. Pemberian asupan lemak sehat sesuai dengan porsi yang dibutuhkan oleh si kecil sangat bermanfaat untuk membantu penyerapan vitamin. Beberapa vitamin yang dimaksud yatu vitamin A, D, E dan vitamin K.

Karbohidrat

Selain ASI, salah satu cara agar bayi anda mendapatkan karbohidrat yaitu dengan diberikan makanan pendamping agar menghasilkan energi. Anda bisa memberikan karbohidrat kompleks pada bayi anda dalam bentuk makanan olahan seperti tim atau bubur. Berikan makanan dengan porsi yang sesuai agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan dan bayi anda terhindar dari obesitas.

Vitamin

Kandungan vitamin yang dibutuhkan oleh bayi bisa anda dapatkan dari makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran. Kandungan vitamin yang akan anda dapatkan dari vitamin dan buah yaitu vitamin B, C, E dan vitamin K. Anda bisa memperoleh kandungan vitamin A, B16, B12 dan vitamin D dari kandungan sumber hewani seperti misalkan susu dan hati.

Mineral

Bayi usia 7 bulan membutuhkan mineral, yang mana mineral yang dibutuhkan yaitu zat besi. Mineral tersebut dibutuhkan untuk pembentukan hemoglobin, kalsium yang berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan gigi dan tulang, kromium yang berfungsi dalam membantu proses metabolisme insulin dalam darah.

Menu Makanan Bayi 7 Bulan

Penambahan garam dan gula harus dibatasi dalam menu makanan bayi 7 bulan. Akan lebih baik jika garam dan gula tersebut dihindari dan tidak digunakan sama sekali sehingga tidak akan membuat ginjal, liver dan pankreas bekerja dengan berat. Penggunaan garam tidak disarankan, karena garam yang dibutuhkan oleh bayi sudah dipenuhi dalam ASI. Sering kali kita akan merasa jika makanan yang diberikan pada bayi hambar dan tidak enak tanpa adanya tambahan rasa. Namun, respon orang dewasa dan bayi terhadap makanan tersebut berbeda. Orang dewasa sudah terbiasa mengkonsumsi garam, sedangkan bayi sebaliknya, yang mana langit-langit bayi belum sempurna sehingga cita rasa asin yang diberikan belum mampu direspon oleh lidahnya.

Lantas makanan pendamping ASI apa yang dapat diberikan pada bayi berusia 7 bulan? Berikut ini menu yang bisa anda jadikan sebagai referensi.

Resep Nasi Tim Saring Hati Ayam

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 25 gram hati ayam
  • 20 gram beras putih
  • 25 gram tempe
  • 50 gram labu kuning
  • 25 gram tomat
  • Air secukupnya

Cara Membuat Nasi Tim Saring Hati Ayam

  1. Langkah pertama yaitu, cuci beras dan hati ayam yang sudah anda siapkan sampai benar-benar bersih.
  2. Kemudian, campurkan beras bersama dengan air, tempe dan hati ayam. Rebus bahan-bahan tersebut dan aduk hingga menjadi bubur.
  3. Setelah itu, masukan tomat dan labu kuning. Aduk dan masak sampai matang.
  4. Jika semua bahan yang direbus sudah dingin, anda bisa menghaluskannya dengan menggunakan blender. Jika sudah, saring dengan menggunakan saringan kawat.

Resep Nasi Tim Campur Saring

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 20 gram beras
  • 25 gram daging giling
  • 625 ml air matang
  • 25 gram brokoli
  • 10 gram keju
  • 25 gram tomat
  • 1 butir kuning telur

Cara Membuat

  1. Rebus beras yang sudah dibersihkan bersama dengan daging giling dan air. Rebus beras sampai menjadi bubur.
  2. Kemudian, masukan tomat dan brokoli. Tunggu hingga matang.
  3. Selanjutnya, masukan kuning telur dan keju yang sudah diparut. Masak sambil di aduk-aduk.
  4. Jika sudah matang dinginkan, kemudian haluskan dengan menggunakan blender. Setelah itu, saring dengan menggunakan saringan kawat.

Demikian menu makanan bayi 7 bulan yang bisa anda berikan pada si kecil. Semoga bermanfaat.