Home » Makanan Bayi » Menu Makanan Bayi 6 Bulan

Menu Makanan Bayi 6 Bulan

Setelah 6 bulan bayi sudah bisa diberi makanan pendamping ASI atau MPASI. Menu makanan bayi 6 bulan harus memenuhi nutrisi. Makanan yang diberikan bukanlah makanan padat seperti orang dewasa, tetapi juga tidak encer seperti ASI. Anda bisa memberikannya bubur susu, jika bayi sudah bisa menerimanya berikan menu makanan yang lain.

Selama 6 bulan bayi anda hanya mendapatkan ASI eksklusif atau air susu ibu. Setelah menginjak usia 6 bulan akhirnya anda bisa memberikan makanan pendamping ASI untuk si kecil guna memenuhi semua kebutuhannya. Saat usianya 6 bulan, bayi sudah memproduksi enzim pencernaan sehingga ia mampu untuk mencerna makanan selain ASI.

ASI memang makanan bayi yang memiliki banyak nutrisi untuk bayi berusia di bawah 6 bulan. Namun, setelah usianya mencapai 6 bulan pemberian makanan pendamping ASI harus dilakukan.
Pemberian makanan padat pertama pada bayi harus dilakukan pada waktu yang tepat. Berikan makanan padat saat usianya 6 bulan. Pasalnya, pengenalan makanan padat terlalu dini justru akan menimbulkan gangguan pada sistem pencernaannya.

Menu Makanan Bayi 6 Bulan

Pemberian makanan pendamping ASI harus dilakukan dengan tepat. Makanan yang diberikan pun harus memenuhi kriteria tertentu, dimana salah satunya yaitu mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan bayi. Makanan pendamping ASI harus disesuaikan dengan tumbuh kembang bayi. Berikut ini beberapa kebutuhan nutrisi bayi usia 6 bulan.

Menu Makanan Bayi 6 Bulan: Nutrisi yang Dibutuhkan

Lemak

Lemak merupakan kandungan yang bermanfaat sebagai sumber energi untuk bayi. Asam lemak esensial dan vitamin larut merupakan nutrisi penting yang harus dicukupi pada usia bayi 6 bulan. Lemak yang berasal dari baik diberikan pada anak anda untuk perkembangan bayi usia 6 bulan.

Protein

Protein bermanfaat untuk memperbaiki dan memelihara jaringan tubuh bayi sehingga dengan begitu dapat mengontrol fungsi tubuh dengan enzim. Protein bisa anda dapatkan dari ikan laut. Namun, disarankan untuk memilih ikan laut yang tidak mengandung mercury. Daging sapi giling atau daging ayam giling bisa anda jadikan sebagai campuran bubur untuk bayi berusia 6 bulan.

Vitamin dan Mineral

Hampir seluruh vitamin dibutuhkan untuk perkembangan bayi pada usia 6 bulan. Beberapa vitamin yang dimaksud yaitu A, B, C, D, E dan vitamin C. Vitamin tersebut bisa anda dapatkan dari beberapa jenis sayur seperti labu siam, bayam, seledri, brokoli, wortel dan tomat. Sedangkan buah-buahan yang disarankan untuk bayi berusia 6 bulan yaitu semangka, pisang, mangga, pepaya, alpukat, jeruk, apel dan pir.

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi pertama yang bayi anda butuhkan sebagai penyedia energi selain ASI. Bayi berusia 6 bulan membutuhkan 68,75 gram sampai 89,39 gram karbohidrat. Karbohidrat tersebut bisa didapatkan dari beras merah atau beras putih.

Resep Menu Makanan Bayi 6 Bulan

Masa pengenalan makanan pada bayi merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap orang tua yang memiliki bayi. Ketika itu orang tua akan bersemangat untuk memberikan makanan pada buah hati tercintanya selain ASI. Namun, tidak jarang pula orang tua yang merasa khawatir dan bingung dalam menentukan menu makan untuk bayinya. Beberapa menu makanan untuk bayi 6 bulan bisa anda pilih. Berikut ini menu makanan bayi 6 bulan.

Resep Bubur Susu

Bahan-Bahan yang Diperlukan

  • 3 sendok makan tepung beras
  • 200 ml susu ( bisa menggunakan ASI atau susu formula)

Cara Membuat Bubur Susu

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu mencampurkan tepung beras yang sudah disiapkan dengan susu. Lalu aduk-aduk kedua bahan tersebut sampai merata.
  2. Jika campuran tersebut sudah merata, panaskan di atas api kecil sambil diaduk.
  3. Tunggu hingga bubur benar-benar matang atau sampai meletup-letup. Jika sudah matang, angkat, dinginkan dan berikan pada buah hati tercinta.

Resep Bubur Buah

Bahan Bahan yang Diperlukan

  • 1 sendok makan tepung beras merah
  • 100 ml susu
  • 10 ml air matang
  • 50 gram buah matang seperti apel, jeruk, pear, pisang, pepaya, alpukat dan lain sebagainya

Cara Membuat Bubur Buah

  1. Campurkan beras merah yang sudah disiapkan bersama dengan 10 ml air matang yang sudah disiapkan. Aduk-aduk campuran tersebut hingga benar-benar merata.
  2. Kemudian panaskan campuran bahan tersebut di atas api kecil hingga matang. Ketika memanaskannya usahakan untuk selalu mengaduk-aduk agar bubur tidak menggumpal.
  3. Masukan buah matang yang sudah disiapkan. Aduk kembali sampai merata dan biarkan beberapa saat.
  4. Apabila sudah matang, angkat dan tiriskan bubur tersebut dengan cara diaduk hingga asap hilang.
  5. Jika suhunya sudah mulai hangat, tuangkan ASI atau susu formula. Aduk-aduk campuran tersebut sampai merata. Jika sudah anda bisa langsung memberikannya pada bayi anda.

Resep Bubur Buah Marie

Bahan Bahan yang Diperlukan

  • 4 buah biskuit marie
  • 75 gram pisang ambon matang
  • 100 ml susu

Cara Membuat

  1. Haluskan biskuit marie dengan ASI atau susu formula.
  2. Ambil pisang ambon yang sudah disiapkan dan keruk dagingnya.
  3. Campurkan biskuit marie yang sudah dihaluskan dengan pisang ambon. Aduk-aduk sampai
  4. merata. Baru setelah itu anda bisa memberikannya pada si kecil.

Resep Puree Sayur

Bahan yang Diperlukan

  • 100 gram buncis atau disesuaikan
  • Susu formula atau ASI

Cara Membuat Puree Sayur

  1. Pertama, siangi buncis yang sudah anda siapkan. Kemudian, kukus buncis hingga benar-benar matang.
  2. Haluskan bucis sampai benar-benar matang.
  3. Saring buncis yang sudah dihaluskan agar mendapat sari yang benar-benar halus.
  4. Tambahkan ASI atau susu formula ke dalam sari buncis. Aduk-aduk sampai merata.
  5. Kemudian anda bisa memberikannya pada si kecil.

Resep Puree Pepaya

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 50 gram pepaya matang dan sudah dikupas
  • 3 sendok makan atau 30 ml ASI

Cara Membuat Puree Pepaya

  1. Haluskan terlebih dahulu pepaya yang sudah anda siapkan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih halus anda bisa menghaluskannya dengan cara diblender.
  2. Kemudian, tuangkan pepaya yang sudah dihaluskan ke dalam mangkuk.
  3. Tambahkan ASI ke dalamnya. Lalu aduk-aduk sampai merata. Setelah itu anda bisa memberikannya pada bayi anda.

Jadwal Pemberian Menu Makan Bayi 6 Bulan

Bayi berusia 6 bulan biasanya diberikan makan sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari, yakni sekitar pukul 9 atau 10 pagi dan 4 sampai 5 sore. Ketika malam hari bayi anda cukup diberikan ASI. Bayi juga bisa diberikan makanan selingan seperti sari buah pada siang atau sore hari. Sedangkan sisanya bisa memberikan ASI sesuai dengan keinginan bayi anda.

Itulah beberapa pilihan menu makanan bayi 6 bulan. Sebenarnya masih banyak pilihan menu makanan bayi 6 bulan yang bisa anda berikan pada si kecil. Untuk lebih jelasnya mengenai apa saja menu makan yang cocok untuk bayi usia 6 bulan, anda bisa konsultasi dengan dokter atau bidan. Semoga bermanfaat.