Home » Makanan Bayi » Menu Makanan Bayi 18 Bulan

Menu Makanan Bayi 18 Bulan

Umumnya masalah makan akan ibu hadapi di usia si kecil yang ke 18 bulan. Untuk mensiasatinya, anda bisa membuat menu makanan bayi 18 bulan dari bahan-bahan yang mengandung nutrisi dan gizi harian yang dibutuhkan dengan penyajian yang unik dan menarik.

Ibu yang memiliki anak usia 18 bulan terkadang sering mengeluh karena anaknya mulai sulit makan. Bahkan si anak cenderung memilih makanan, dan mengkonsumsi makanan dengan porsi yang tidak sesuai atau sedikit karena ia malas untuk mengunyah makanan tersebut. Padahal asupan nutrisi yang didapatkan dari makanan penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembang bayi pada usia tersebut.

Mengenai menu makanan bayi pada usia 18 bulan ini, orang tua tetap harus memperhatikan makanannya yang dilihat dari kandungan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan. Pada usia ini kebutuhan gizi dan nutrisi si kecil pun akan semakin meningkat. Di samping masalah makan yang dialami oleh si kecil, anda tetap bisa mensiasati agar si kecil tetap mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan dengan makanan yang ia sukai.

Menu Makanan Bayi 18 Bulan

Menu Makanan Bayi 18 Bulan: Kebutuhan Nutrisi Anak Usia 18 Bulan

Pada usia 18 bulan, umumnya anak sudah bisa mengkonsumsi makanan padat sesuai dengan menu yang dikonsumsi oleh keluarga di rumah. Pemberian makanan padat tetap harus didampingi dengan ASI atau air susu ibu. Dimana pemberian ASI seharusnya tetap dilanjutkan hingga usia si kecil 2 tahun. Pemberian ASI dengan menu makanan yang bervariasi akan melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil.
Menerapkan pola makan yang tepat sangat baik dilakukan sejak dini, yaitu dengan pemberian makanan utama atau makan besar sebanyak 3 kali dalam sehari yang dikombinasikan dengan snack atau cemilan sehat sebanyak 2 sampai 3 kali di selang waktu pemberian makan besar atau makanan utama.

Pemberian makanan sehat bisa dilakukan bervarisi, termasuk memasukan buah-buahan atau sayuran sehat. Anda juga harus membiasakan waktu makan yang tepat pada si kecil. Dimana biasakan si kecil makan selama 20 sampai 30 menit. Sedangkan untuk makan cemilan sehat selama 10 sampai 20 menit. Anda harus tetap sabar menghadapi rutinitas makan pada usia ini.

Meskipun si kecil sudah bisa mengkonsumsi makanan keluarga, tetapi tidak selamanya ia bisa mengkonsumsi semua makanan yang sama dengan anggota keluarga. Perhatikan setiap makanan yang ia konsumsi. Hindari makanan yang tidak unggul dalam kandungan nutrisi, makanan bersoda, makanan rendah lemak, makanan yang terlalu pedas, makanan terlalu asam, makanan yang tinggi akan gula dan makanan yang mengandung banyak MSG. Makanan-makanan tersebut tidak baik untuk si kecil karena akan mengganggu kesehatannya.

Menu Makanan Bayi 18 Bulan

Menu makanan bayi usia 18 bulan bisa anda buat sendiri di rumah. Pilihlah bahan makanan yang tepat dan mengandung nutrisi serta kebutuhan gizi harian si kecil. Ketika menyajikan menu makanan bayi 18 bulan ada baiknya jika anda menyajikannya dengan dibuat kreasi agar si kesil menjadi lebih tertarik.
Adapaun pilihan menu makanan bayi 18 bulan yang bisa anda buat di rumah seperti berikut ini:

Spagetty

Bahan Bahan Speghetti

  • 100 gram spaghetti
  • 1 sendok teh minyak zaitun

Bahan Saos Bolognese

  • 120 gram daging sapi yang sudah dicincang
  • 20 gram bawang bombay yang sudah dicincang halus
  • 1/2 bagian wortel, potong dadu dan rebus
  • 1 sendok makan margarine
  • 1/2 bagian tomat yang sudah dipotong dadu
  • 2 sendok makan keju
  • 1/2 sendok teh oregano cincang
  • 3 sendok makan saos tomat

Cara Membuag Spaghetti

  1. Pertama, rebus spaghetti yang sudah anda siapkan sampai benar-benar lunak. Jika sudah, siram spaghetti tersebut dengan menggunakan air dingin, lalu tiriskan. Agar si kecil lebih mudah ketika mengkonsumsinya, maka anda bisa memotong-motongnya menjadi beberapa bagian.
  2. Setelah itu, campurkan spaghetti yag sudah direbus dengan minyak zaitun agar tidak lengket.
  3. Selanjutnya, buat soas bolognese. Panaskan margarine yang sudah anda siapkan di dalam wajan.
  4. Jika margarin sudah panas, anda bisa langsung memasukan bawang bombay hingga bawang matang dan harum.
  5. Masukan daging yang sudah anda cincang. Aduk-aduk sampai daging berubah warna dan matang.
    Masukan bahan-bahan lainnya seperti tomat yang sudah dipotong dadu, saos tomat dan oregano.
  6. Aduk merata dan masak sampai matang.
  7. Masukan pula potongan wortel. Aduk sebentar dan matikan api kompor.
    Sebagai saran penyajian, anda bisa menata spaghetti di atas piring kemudian taburi di atasnya saos yang sudah anda buat bersama dengan parutan keju.

Puding Roti Pisang

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 2 buah pisang ambon
  • 3 lembar roti tawar
  • 50 gram keju parut
  • 150 ml susu cair, anda bisa menggunakan susu formula

Cara Membuat Puding Roti Tawar

  1. Pertama-tama kupas pisang yang sudah anda siapkan. Kemudian, haluskan pisang hingga teksturnya benar-benar lembut.
  2. Sobek-sobek roti tawar yang sudah anda siapkan. Kemudian, masukan ke dalam campuran buah pisang yang sudah dihaluskan.
  3. Tambahkan susu cair dan parutan keju.
  4. Tuangkan kembali adonan ke dalam mangkuk tahan panas. Lalu kukus semua bahan selama kurang lebih 10 sampai 15 menit. Jika sudah matang anda bisa langsung mengangkat, meniriskannya, lalu sajikan untuk si kecil.

Demikian menu makanan bayi 18 bulan. Agar si kecil tidak bosan, anda bisa menyajikan menu yang berbeda setiap harinya.