Home » Makanan Bayi » Menu Makanan Bayi 17 Bulan

Menu Makanan Bayi 17 Bulan

Memperhatikan kesehatan dan kebutuhan nutrisi si kecil adalah hal yang harus diperhatikan oleh setiap orang tua. Agar nutrisi yang dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembangnya terpenuhi di usia ini, anda harus memberikan menu makanan bayi 17 bulan yang tepat untuk si kecil.

Kini usia bayi anda sudah 17 bulan. Di usianya ini perkembangan bayi yang diperlihatkannya begitu mengagumkan sekali. Ia sekarang sudah mampu mengucapkan kelompok kata. Kata kata baru pun sudah mulai mampu ia terima. Kalimat yang diucapkan oleh si kecil menunjukan bahwa kemampuan komunikasinya semakin berkembang, bahkan dengan ekspresi atau gerakan.

Selain itu, si kecil gerakannya semakin aktif. Mengetahui seperti itu, mengutamakan keselamatan si kecil adalah hal yang harus anda lakukan. Peranan orang tua sangat dibutuhkan untuk menunjang perkembangannya.

Menu Makanan Bayi 17 Bulan

Tidak kalah penting, hal lain yang harus diperhatikan oleh orang tua yaitu kesehatan dan kebutuhan nutrisi si kecil. Nutrisi yang dibutuhkan sangat bermanfaat untuk menunjang tumbuh kembangnya di usia yang ke 17 bulan ini.

Menu Makanan Bayi 17 Bulan: Nutrisi yang Dibutuhkan

Meskipun saat ini si kecil sudah bisa mengkonsumsi makanan, tetapi itu bukan berarti ia bisa lepas dari ASI. ASI sangat bermanfaat dan kandungannya dibutuhkan untuk tumbuh kembang si kecil. Oleh karena itu, pemberian ASI bisa dilakukan sampai usianya 2 tahun. ASI atau air susu ibu bisa anda berikan dengan dibarengi makanan pendamping ASI atau makanan padat yang dibutuhkan si kecil.

Jadwal makan anak usia 17 bulan umumnya sama dengan orang dewasa, yakni 3 kali dalam sehari untuk makanan utama, serta cemilan sehat yang diberikan di sela-sela waktu pemberian makanan utama.
Nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi usia 17 bulan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi usia di bawahnya. Berbagai nutrisi bisa anda dapatkan dari beragam jenis makanan. Vitamin yang dibutuhkan si kecil bisa anda dapatkan dari buah-buhan atau sayuran sehat. Hindari memberikan buah-buahan yang justru akan mengganggu kesehatannya. Buah yang dimaksud yaitu buah yang mengandung alkohol seperti durian.

Menu Makanan Bayi 17 Bulan

Menu makanan bayi 17 bulan bisa anda buat sendiri di rumah sehingga anda bisa mengontrol kandungan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan si kecil. Berikut ini menu makanan bayi 17 bulan.

Sup Jagung

Bahan Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Sup Jagung

  • 1 butir telur ayam yang sudah dikocok
  • 1 buah jagung manis yang sudah dserut
  • 150 ml kaldu
  • Sedikit garam
  • Keju yang sudah diparut secukupnya

Cara Membuat Sup Jagung

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu masak kaldu yang sudah anda siapkan sampai mendidih. Apabila kaldu sudah mendidih anda bisa langsung memasukan jagung manis yang sudah diserut. Aduk merata dan masak hingga matang.
  2. Kemudian, masukan telur dan garam sedikit saja.Lalu kocok dengan menggunakan garpu.
  3. Masukan keju yang sudah diparut. Aduk sampai merata. Masak sampai semua bahan matang. Jika sudah seperti itu, anda bisa mengangkat dan menyajikannya untuk si kecil.
  4. Sajikan sup jagung ini dengan nasi lembek agar mudah dicerna oleh bayi anda.

Cemilan Sehat: Biskuit Wortel

Pemilihan cemilan untuk si kecil sebaiknya diperhatikan. Hindari membeli cemilan sembarangan yang tidak jelas kandungannya. Sebaiknya buat cemilan sehat untuk si kecil sendiri di rumah. Berikut ini resep cemilan sehat biskuit wortel yang bisa anda buat di rumah.

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 250 gram apel yang sudah dihaluskan
  • 200 gram mentega
  • 4 butir telur ayam
  • Susu bubuk khusus bayi 250 gram
  • 450 gram tepung terigu
  • 250 gram wortel yang sudah diparut

Cara Membuat Biskuit Wortel

  1. Pertama langkah yang harus anda lakukan yaitu, kocok mentega dengan menggunakan mixer sampai berubah warna menjadi pucat. Kemudian tambahkan kocokan telur, buah apel dan irisan wortel. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Setelah itu, campurkan susu bubuk khusus bayi bersama dengan tepung terigu. Aduk-aduk hingga bahan tersebut tercampur rata.
  3. Ambil satu sendok bahan tersebut kemudian pipihkan.
  4. Tata adonan tersebut di atas loyang datar yag sebelumnya sudah diolesi margarin.
  5. Selanjutnya, panggang loyang berisi adonan di dalam oven selama kurang lebih 20 menit hingga warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan. Jika sudah seperti itu anda bisa langsung mengangkatnya.

Hindari memberi makan si kecil dengan menu yang sama karena hanya akan membuatnya cepat merasa bosan. Anda bisa memberikan menu yang bervariatif agar nafsu makannya pun semakin bertambah.
Ketika memberi makan si kecil, sebaiknya anda tetap harus memperhatikan makanannya. Hindari memberikan makanan dan minuman seperti susu yang mengandung kadar lemak rendah. Pasalnya, lemak dibutuhkan dalam pertumbuhan si kecil. Sebaiknya batasi susu yang dikonsumsi si kecil maksimal 2 gelas dalam per hari atau maksimal 400 ml. Hindari minuman yang mengandung gula tinggi dan soda karena tidak baik untuk kesehatan si kecil.

Ketika memberi makan si kecil, anda harus memperhatikan dan mengawasi anak anda ketika ia sedang makan. Pengawasan penting dilakukan untuk menghindari si kecil tersedak, terlebih lagi jika ia mengkonsumsi makanan yang berukuran kecil, makanan berukuran besar, lengket dan lain sebagainya yang membuat si kecil sulit menelan.

Itulah menu makanan bayi 16 bulan yang bisa anda buat di rumah untuk si kecil. Semoga bermanfaat.