Home » Makanan Bayi » Menu Makanan Bayi 16 Bulan

Menu Makanan Bayi 16 Bulan

Nafsu makan pada usia 16 bulan akan menurun dibandingkan dengan usia 1 tahun. Namun, meskipun begitu anda tetap harus memenuhi kebutuhan nutrisinya. Menu makanan bayi 16 bulan yang tepat bisa anda buat dengan bahan-bahan yang kaya nutrisi untuk si kecil.

Tidak terasa, kini anak anda sudah memasuki usia 16 bulan. Pada usianya ini perkembangan dan pertumbuhan si kecil sudah semakin terasa. Di usianya yang ke 16 bulan ini, berdasarkan perkembangan motorik kasar, anak anda sudah bisa berjalan mundur, berlari kecil dan menaiki tangga.

Sedangkan untuk perkembangan motorik halus, anak anda sudah mampu menyusun menara yang mana menara tersebut tersusun dari 2 atau 3 blok. Ia juga sudah mampu membuat coretan berupa garis dengan menggunakan alat tulis. Tidak kalah mengagumkan, perkembangan bahasa si kecil sudah semakin meningkat. Pada usianya ini anak anda sudah mampu mengucapkan minimal 6 kata.

Menu Makanan Bayi 16 Bulan

Begitupun dengan perkembangan sosial, dimana pada usia ini anak anda sudah bisa menggunakan berbagai peralatan makan, seperti gelas, sendok, garfu dan ia akan mulai membantu anda melakukan pekerjaan rumah.

Nutrisi yang didapatkan dari makanan pendamping ASI harus tetap diperhatikan untuk menunjang tumbuh kembangnya. Nutrisi yang dibutuhkan si kecil pada usia ini bisa anda dapatkan dari makanan yang beragam.

Menu Makanan Bayi 16 Bulan: Nutrisi yang Dibutuhkan

Nutrisi seimbang harus dipenuhi dalam menu makanannya. Pada usianya ini, anak anda sudah mampu memilih makanan yang ia sukai dengan cita rasa yang menjadi favoritnya.

Namun, ketika anda mengamati nafsu makan si kecil mungkin anda akan menemukan perubahan pada nafsu makannya. Dimana ketika anda menemukan masalah pada nafsu makannya, bukan berarti anda berhenti atau tidak memenuhi semua kebutuhan nutrisinya. Anda bisa mengimbanginya dengan memberikan makan dengan porsi kecil namun lebih sering dan memberikan makanan utama sehari tiga kali, serta imbangi dengan cemilan sehat di sela-sela waktu pemberian makanan utama.

Pada usia 16 bulan tidak ada makanan spesial untuk si kecil. Dimana ia bisa mengkonsumsi makanan keluarga. Hanya saja anda tetap harus memperhatikan kandungan nutrisi akan makanan tersebut, apakah sehat untuk si kecil atau sebaliknya. Sebaiknya, hindari makanan atau cemilan yang terlalu manis atau mengandung MSG. Pasalnya, makanan tersebut akan mengganggu kesehatannya.

Memberikan susu mengandung rendah lemak perlu dihindari pada usia ini. Berikan susu tinggi lemak, karena susu ini lebih dibutuhkan oleh anak usia 16 bulan. Namun, pemberian susu tinggi lemak harus dibatasi maksimal 2 gelas dalam sehari. Hindari minuman yang mengandung soda karena akan mengganggu kerja sistem pencernaan si kecil. Jika keluarga memiliki riwayat alergi, maka anda harus memberikan perhatian khusus dalam memberikan jenis makanan tertentu pada si kecil.

Makanan yang akan diberikan untuk si kecil harus dipilih dengan teliti guna mencegah si kecil tersedak. Beberapa makanan yang harus dihindari yaitu makanan berukuran besar seperti kacang polong, makanan berukuran kecil dan keras seperti permen, biji-bijian atau popcorn, makanan yang lunak dan lengket seperti permen karet, jelly dan lain sebagainya.

Menu Makanan Bayi 16 Bulan

Menu utama untuk si kecil bisa anda buat sesuai dengan kesukaannya, namun tetap mengandung nutrisi seimbang. Vitamin yang dibutuhkan si kecil bisa anda dapatkan dari aneka sayuran atau buah-buahan tertentu. Nah, di bawah ini resep menu makanan bayi 16 bulan beserta dengan resep cemilan yang bisa anda jadikan referensi.

Omelette Bayam

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 1 butir telur ayam
  • 1 sendok makan mentega
  • 2 lembar keju cheddar yang sudah diiris tipis
  • 50 ml susu cair
  • 1 genggam bayam. Cuci bersih dan iris kasar

Cara Membuat Omelette Bayam

  1. Langkah pertama kali yang harus anda lakukan untuk membuat omelet bayam yaitu, masukan telur ke dalam wadah, lalu kocok.
  2. Masukan bahan lainnya seperti bayam, susu cair, dan keju. Aduk kembali sampai merata.
  3. Panaskan wajan yang sudah diberi margarin. Tunggu beberapa saat hingga margarine panas dan meleleh.
  4. Jika sudah seperti itu, masukan semua bahan ke dalam wajan dan goreng sampai matang dengan menggunakan api sedang. Jika sudah matang, angkat dan sajikan pada tempat saji yang sudah disiapkan. Kemudian anda bisa langsung menyajikannya untuk si kecil yang disertai dengan nasi putih lembek.

Omelette bayam ini bisa menjadi menu alternatif untuk bunda apa bila si kecil tidak menyukai sayuran. Tambahan bayam di dalam omelette ini akan lebih mudah dikonsumsi oleh si kecil.

Cemilan Sehat: Puding Pisang

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 3 buah pisang ambon yang sudah dikeruk dan dihaluskan
  • 750 ml susu cair
  • 1 bungkus agar-agar putih
  • 250 ml krim kental
  • 2 butir telur ayam yang sudah dikocok

Cara Membuat Puding Pisang

  1. Langkah pertama siapkan panci, lalu masukan semua bahan bahan yang sudah anda siapkan seperti di atas ke dalam wadah tersebut, terkecuali telur. Masak semua bahan bahan tersebut hingga mendidih.
  2. Kemudian, masukan larutan puding ke dalam telur ayam yang sudah dikocok. Aduk sampai merata.
  3. Siapkan cetakan puding, anda bisa menggunakan cetakan yang menarik atau dengan bentuk karakter agar si kecil lebih suka. Masukan larutan puding ke dalam cetakan tersebut dan dinginkan. Tambahkan toping susu di atas puding tersebut.