Home » Makanan Bayi » Menu Makanan Bayi 15 Bulan

Menu Makanan Bayi 15 Bulan

Menu makanan bayi harus selalu diperbaharui sesuai dengan usianya. Menu makanan bayi 15 bulan memiliki perbedaan dari jumlah porsi, kandungan nutrisi yang dibutuhkan semakin meningkat.

Sama seperti orang dewasa, bayi juga memiliki selera tersendiri terhadap makanannya. Saat usianya 8 bulan makanan yang disukainya sudah bisa terlihat. Dari banyaknya menu yang diberikan pada si kecil, mungkin ada salah satu menu yang paling disukai. Dimana ketika makan menu tersebut ia akan sangat lahap.

Menu makanan bayi memang harus selalu diperbaharui dan diberikan variasi lainnya sesuai dengan pertambahan usianya. Makanan yang diberikan umumnya masih tetap sama dengan usia sebelumnya namun yang membedakan kandungan energi dan porsi dari makanan yang diberikan.

Menu makanan bayi 15 bulan

Nutrisi yang Dibutuhkan

Pada umumnya, nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil pada usia ini masih sama dan semakin meningkat sesuai dengan pertambahan usianya. Kebutuhan nutrisi bayi semakin beragam dan porsi lebih meningkat dari sebelumnya.

Karbohidrat yang dibutuhkan pada usia ini bisa anda dapatkan dari beras, tepung roti, kentang dan macaroni. Karbohidrat dibutuhkan untuk menghasilkan energi bayi dalam melakukan aktvitasnya. Protein yang dibutuhkan bisa anda dapatkan dari daging, susu dan kacang-kacangan. Kandungan protein ini bermanfaat dalam pembentukan sel-sel saraf dan organ. Namun, anda harus lebih berhati-hati ketika memberikan kacan-kacangan pada si kecil karena mungkin saja ia memiliki alergi terhadap jenis kacang tertentu. Lemak tetap dibutuhkan meskipun dalam porsi yang tidak banyak. Lemak bisa anda dapatkan dari santan atau margarin yang bermanfaat untuk menyerap sumber energi dan vitamin A. Vitamin dan mineral yang dibutuhkan bisa didapatkan dari aneka jenis sayuran dan buah-buahan. Vitamin dan mineral bermanfaat untuk melancarkan proses metabolisme tubuh.

Pada usia ini umumnya bayi anda sudah mampu beradaptasi dengan makanan keluarga. Namun, anda tetap harus memperhatikan segala jenis makanan yang ia konsumsi. Perhatikan juga ketika ia makan sendiri dan hindari makanan yang memang belum dianjurkan untuk dikonsumsi oleh bayi seusianya.

Menu Makanan Bayi 15 Bulan

Menu makan bayi 15 bulan yang sehat bisa anda buat sendiri di rumah. Usahakan kandungan nutrisi yang dibutuhkan harus tetap ada dalam menu makan untuk si kecil. Berikut ini menu makanan bayi 15 bulan yang bisa anda coba di rumah.

Daging Jamur Susu

Bahan bahan yang Dibutuhkan

  • 3 sendok makan margarin
  • Daging sapi cincang secukupnya
  • Jamur kancing secukupnya
  • 1 butir telur ayam
  • 1 buah tomat
  • 5 sendok makan susu cair

Cara Membuat Daging Jamur Susu

  1. Langkah pertama, campurkan telur yang sudah anda siapkan dengan susu. Kemudian, aduk rata kedua bahan tersebut.
  2. Panaskan wajan di atas api kompor. Masukan margarin secukupnya ke dalam wajan. Tunggu beberapa saat hingga margarin panas dan meleleh.
  3. Jika sudah seperti itu, masukan campuran telur dan susu ke dalam wajan. Lalu orak arik dan sisihkan.
  4. Panaskan kembali margarin dalam wajan. Lalu tumis daging giling hingga matang dan berubah warna. Jika sudah, sisihkan.
  5. Kembali panaskan margarin dalam wajan. Tumis jamur hingga benar-benar matang.
    Campurkan semua bahan menjadi satu dengan nasi tim hangat. Lalu berikan pada si kecil.

Cemilan Sehat: Banana Pancake

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 1 buah pisang raja
  • 125 ml susu
  • 5 sendok tepung terigu
  • 1 butir telur
  • Margarin secukupnya

Cara Membuat Banana Pancake

  1. Pertama-tama, campurkan semua bahan seperti pisang, tepung terigu, susu dan telur, kecuali margarin. Aduk semua bahan-bahan tersebut hingga tercampur rata.
  2. Oleskan margarin pada wajan. Lalu panaskan wajan di atas api kecil.
  3. Jika wajan sudah panas, masukan semua bahan dan masak hingga benar-benar matang.
  4. Setelah itu, angkat dan hidangkan cemilan sehat ini untuk buah hati tercinta.

Di atas usia 12 bulan, nafsu makan anak akan menurun yang disebabkan karena proses pertumbuhannya tidak secepat anak usia 12 bulan. Sebaiknya, anak diberikan makanan utama atau makanan besar sebanyak 3 kali dalam sehari, pagi, siang dan malam. Di antara jeda waktu pemberian makanan utama atau makan besar, berikan cemilan sehat.

Umumnya, tidak ada makanan yang spesial untuk bayi usia ini. Anda bisa memberikan makanan keluarga, namun tetap harus memperhatikan jenis dan kandungan dari makanan itu sendiri. Sebaiknya, berikan makanan pendamping ASI yang lebih bervariatif pada anak agar ia mendapatkan nutrisi yang seimbang dan merasakan rasa baru.

Minuman dengan kadar gula yang tinggi, jus buah dan minuman bersoda sebaiknya hindari karena tidak baik untuk si kecil. Selain nutrisi yang dikandung rendah, juga akan menimbulkan rasa kenyang sehingga si kecil enggan makan dan dapat mengakibatkan gigi berlubang.

Hal yang harus anda perhatikan ketika memilih makanan bayi yaitu ukuran dan konsistensi. Makanan dengan ukuran yang lebih besar akan menyebabkan ia tersedak, begitu pun makanan yang lengket dan keras.

Demikian menu makanan bayi 15 bulan. Tetap berikan makanan sehat yang kaya akan nutrisi agar perkembangan si kecil lebih baik dan sempurna. Semoga bermanfaat.