Home » Makanan Bayi » Menu Makanan Bayi 14 Bulan

Menu Makanan Bayi 14 Bulan

Pada usia 14 bulan, bayi umumnya sudah bisa diperkenalkan dengan makanan keluarga. Namun, anda tetap harus memperhatikan kandungan nutrisi pada makanannya. Menu makanan bayi 14 bulan bisa lebih bervariatif lagi agar si kecil tidak merasa bosan.

Di usianya yang ke 14 bulan ini perkembangan dan pertumbuhan si kecil akan terlihat semakin luar biasa. Kemampuan yang dikembangkannya akan semakin meningkat dari usia sebelumnya. Umumnya pada usia ini ia sudah bisa berjalan, meskipun tidak menutup kemungkinan bayi anda lambat berjalan. Untuk melatih kemampuannya tersebut anda bisa terus mengajaknya untuk berlatih agar ia semakin pandai dalam berjalan.

Pada usia 14 bulan si kecil sudah bisa meniru tingkah laku orang-orang yang ada di sekitarnya. Arahkan si kecil pada hal hal yang positif. Kemampuannya dalam memegang sendok dan garpu ketika makan membuatnya menjadi lebih mandiri. Namun, dengan kemampuan makan sendirinya ini membuat ia memilih makanan. Bahkan ia enggan untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi yang tinggi karena lebih memilih makanan favoritnya.

Menu Makanan Bayi 14 Bulan

 

Untuk mendukung perkembangan bayi dan pertumbuhan bayi anda, maka imbangilah dengan makanan yang kaya akan nutrisi. Nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang si kecil bisa didapatkan dari beraneka ragam makanan yang dikonsumsi oleh bayi anda. Anda bisa mengetahui kecukupan gizi si kecil berdasarkan usianya.

Nutrisi yang Dibutuhkan

Pada usianya ini bayi anda umumnya sudah bisa diperkenalkan pada makanan keluarga. Namun, lakukan perkenalan ini secara bertahap sebagaimana ketika anda memperkenalkan makanan ketika ia berusia 6 bulan. Untuk kebutuhan karbohidrat anda bisa mendapatkan dari bahan makanan atau makanan seperti biskuit, jagung, nasi lembek dan kentang. Selain itu, untuk protein yang dibutuhkan oleh bayi anda untuk memperbaiki sel dalam tubuhnya bisa anda dapatkan dari protein nabati atau protein hewani. Sedangkan untuk kebutuhan mineral dan vitamin bisa dihasilkan dari aneka ragam jenis sayur dan buah-buahan. Meskipun bayi anda sudah diperkenalkan pada makanan keluarga, tetapi untuk buah-buahan sebaiknya hindari buah yang mengandung alkohol seperti buah duren. Pasalnya, pencernaan si kecil masih belum kuat dan sempurna.

Menu Makanan Bayi 14 Bulan

Menu makanan bayi 14 bulan lebih bervariatif lagi dibandingkan dengan usia sebelumnya. Anda bisa menyajikan menu yang berbeda dengan nutrisi yang seimbang pada menu makannya. Meskipun tidak semua bayi 14 bulan dapat menerima menu makan baru, namun anda bisa membuat menu yang kreatif, berbentuk unik agar selera makan si kecil semakin bertambah.

Berikut ini beberapa menu makanan bayi 14 bulan yang bisa anda buat di rumah untuk si kecil.

Nasi Beat Ikan Nila

Bahan Bahan

  • 100 gram beras putih yang sudah dicuci
  • 25 gram buncis
  • 50 gram umbi bit dikupas, haluskan dengan menggunakan blender
  • 50 gram tahu
  • Garam secukupnya
  • 25 gram jagung manis
  • 75 gram ikan nila kukus yang sudah dipisahkan dari durinya
  • Air secukupnya
  • Margarin secukupnya

Cara Membuat Nasi Beat Ikan Nila

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu, masak beras dengan jus bit yang sudah anda buat. Kemudian, tambahkan air secukupnya. Sehingga hasil akhir menjadi nasi dengan tekstur yang lembek.
  2. Setelah itu, panaskan margarin di dalam wajan. Jika margarin sudah panas dan meleleh, masukan tahu dan orak arik.
  3. Masukan bahan lainnya seperti buncis dan jagung manis. Aduk kembali sampai merata.
  4. Jika sayuran sudah setengah matang, anda bisa langsung memasukan ikan nila yang sudah dikukus. Masak sampai matang. Kemudian, angkat dan sajikan.

Bubur Susu Bayam

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 50 gram labu
  • 1 sendok teh keju parut
  • Daun bayam seckupnya yang sudah direbus
  • 200 ml air
  • 2 sendok makan maizena
  • 1 sendok teh air
  • Susu formula

Cara Membuat Bubur Susu Bayam

Haluskan terlebih dahulu sayuran yang sudah anda siapkan seperti ayam dan labu.
Kemudian, masukan maizena dan susu formula yang sudah dilarutkan.
Masak sampai matang dan mengental. Selama proses memasak aduk-aduk agar tidak menggumpal.
Apabila sudah matang anda bisa langsung mengangkatnya. Kemudian, taburi keju parut di atasnya.
Makanan siap disajikan untuk si kecil.

Cemilan Sehat: Sop Buah Madu

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 3 sendok makan madu murni
  • Susu formula secukupnya
  • 100 gram aneka macam buah seperti mangga, anggur dan lain sebagainya

Cara Membuat Sop Buah Madu

  1. Kupas buah-buahan yang sudah anda siapkan. Kemudian poong buah dengan ukuran kecil-kecil.
  2. Anda bisa menggunakan buah yang menjadi kesukaan si kecil. Namun, perlu anda ingat hindari buah yang mengandung alkohol dan bercita rasa asam.
  3. Kemudian, tambahkan susu formula yang sudah dilarutkan.
  4. Terakhir masukan madu. Aduk merata dan makanan sudah bisa disajikan.

Berikan makanan utama pada si kecil sebanyak tiga kali dalam sehari. Untuk cemilan sehat anda bisa memberikannya di selang waktu pemberian makanan utama. Agar si kecil tidak cepat merasa bosan, berikan makanan utama atau cemilan sehat berbeda, namun anda tetap harus memperhatikan kandungan nutrisinya.

Demikian menu makanan bayi usia 14 bulan. Semoga kebutuhan si kecil tetap terpenuhi dan ia tumbuh sehat seperti yang bunda harapkan. Semoga bermanfaat.