Home » Makanan Bayi » Menu Makanan Bayi 13 Bulan

Menu Makanan Bayi 13 Bulan

Pada usia 13 bulan, makanan yang diberikan pada si kecil bisa lebih bervariatif lagi. Menu makanan bayi 13 bulan umumnya lebih bertekstur, namun tetap mudah dicerna oleh si kecil.

Kini anak anda sudah memasuki usia baru yakni 13 bulan atau satu tahun lebih satu bulan. Kemampuan anak anda pada usia ini akan semakin terlihat dan semakin mengagumkan. Kemampuannya secara motorik semakin terlihat dan meningkat. Kosa kata yang dimilikinya semakin bertambah dan bahasa yang diucapkan semakin jelas terdengar meskipun hanya beberapa kata saja. Kemampuan berjalannya akan semakin terlihat dengan memiliki keberanian untuk berjalan, meskipun mungkin ia akan terjatuh ketika berusaha untuk berjalan.

Pada usia ini keseimbangan si kecil sudah mulai bisa dijaga dan dipertahankan. Otak kanannya sudah semakin tereksplor. Si kecil sudah bisa menuangkan sendiri apa yang menjadi keinginannya meskipun hanya dengan menunjuk atau mengucapkan hanya dengan satu atau dua kata saja. Perkembangan bayi yang menakjubkan seperti ini tentunya harus tetap didukung dengan kebutuhan nutrisi yang bisa didapatkan dari menu makanan bayi 13 bulan setiap harinya.

Menu Makanan Bayi 13 Bulan

Menu makanan bayi 13 bulan memiliki kualitas dan kuantitas yang perlu diperhatikan oleh orang tua. Makanan yang diberikan untuk si kecil pada usianya ini harus selalu diperhatikan, baik jenis maupun kandungannya. Menu makanan bayi 13 bulan bisa diberikan dengan tekstur yang lebih kasar dibandingkan dengan sebelumnya. Makanan dengan tesktur ini akan membuat si kecil mengembangkan kemampuannya dalam mengunyah. Namun, anda tetap harus memberikan makanan dalam porsi yang secukupnya. Pasalnya, porsi makan yang berlebihan akan membuat si kecil mengalami obesitas.

Anda bisa memberikan kebutuhan karbohidrat yang didapatkan dari nasi putih atau nasi merah dengan tesktur yang lembek. Protein bisa anda dapatkan dari orak arik telur atau tahu. Lengkapi kebutuhan vitaminnya dari buah-buahan atau sayuran. Hindari bahan makanan yang dikhawatirkan akan membuat si kecil alergi.

Menu Makanan Bayi 13 Bulan

Nasi Halus Perkedel Sayuran

Bahan Nasi

Siapkan nasi rumahan dengan tesktur yang lebih lembek dari nasi yang dikonsumsi oleh orang dewasa, serta lebih kasar dibandingkan dengan tim

Bahan Perkedel

  • 2 buah telur
  • Tepung roti
  • 50 gram kentang
  • 25 gram brokoli dicincang
  • Garam secukupnya
  • 2 sendok makan keju parut
  • 25 gram baso dicincang
  • Minyak secukupnya
  • 25 gram buncis

Cara Membuat Nasi Halus Perkedel Sayuran

  1. Langkah pertama yaitu, kukus kentang yang sudah anda siapkan sampai benar-benar matang. Jika sudah matang, haluskan kentang tersebut.
  2. Masukan bakso yang sudah dicincang, telur, brokoli, buncis dan keju yang sudah di parut ke dalam mangkuk. Lalu kocok semua bahan bahan tersebut hingga tercampur rata. Tambakan sedikit garam, kocok kembali sampai merata.
  3. Masukan kentang yang sudah dihaluskan ke dalam campuran bahan. Aduk kembali sampai merata.
  4. Siapkan cetakan. Kemudian, masukan adonan yang sudah anda buat ke dalam cetakan tersebut sesuai dengan selera. Lalu kukus adonan hingga benar-benar matang.
  5. Setelah matang, anda bisa mengeluarkannya dari cetakan. Siapkan telur untuk perekat.
  6. Gulingkan adonan yang sudah dikukus ke dalam tepung panir. Lalu goreng sampai matang.
  7. Hidangkan perkedal ini pada piring tempat makan si kecil dengan nasi lembek yang sudah dicetak agar selera makan si kecil semakin bertambah.

Cemilan Sehat

Selain menu utama, anda bisa memberikan cemilan sehat di antara selang waktu pemberian makanan utama. Cemilan sehat bisa anda buat sendiri di rumah untuk menghindari adanya campuran bahan bahan yang tidak sesuai. Berikut ini resep cemilan sehat yang bisa anda buat untuk si kecil.

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 100 ml air perasan jeruk
  • 250 ml air dari perasan wortel
  • 50 gram pepaya
  • 1 sendok makan madu
  • 75 gram melon

Cara Membuat Cemilan Sehat

  1. Campurkan buah-buahan yang sudah disiapkan seperti di atas bersama dengan bahan bahan lainnya seperti, air dari perasan wortel, air perasan jeruk dan bahan lainnya dalam satu tempat. Aduk merata semua bahan bahan tersebut.
  2. Siapkan blender dan masukan semua bahan bahan tersebut ke dalam blender. Lalu blender sampai halus.
  3. Hidangkan cemilan sehat ini pada mug atau tempat menarik lainnya yang disukai si kecil.

Sejak dini anda bisa menanamkan kebiasaan makan yang sehat. Terapkan pola makan yang teratur, berikan ia makanan dengan komposisi yang bervariasi dalam setiap harinya. Meskipun si kecil suatu waktu akan mengalami masalah makan, tetapi dengan selalu menerapkan kebiasaan makan yang sehat akan membantu menghadapi masalah makan yang dialami oleh si kecil.

Usahakan si kecil mengkonsumsi makanannya dengan baik agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Oleh karena itu, tugas seorang ibu untuk membuat anaknya selalu berselera makan. Langkah yang bisa dilakukan agar si kecil tetap berselera ketika makan yaitu membuat suasana makan menjadi lebih menyenangkan. Anda bisa membuat makanan yang akan diberikan pada si kecil semenarik mungkin, baik dari bentuk maupun warnanya. Hal seperti itu juga bisa diterapkan jika si kecil mengalami masalah dalam makannya.

Namun, meskipun anda sudah melakukan berbagai macam cara tetapi selera makan si kecil tetap buruk, bahkan sampai memuntahkan makanan, anda jangan menyerah dan tetaplah bersabar. Cobalah buat makanan yang lebih bervariatif keesokan harinya.