Home » Makanan Bayi » Menu Makanan Bayi 12 Bulan

Menu Makanan Bayi 12 Bulan

Usia 0-2 tahun tumbuh kembang si kecil harus benar-benar diperhatikan. Agar perkembangan si kecil semakin baik pada usia 12 bulan ini, memberikan nutrisi yang seimbang perlu anda lakukan. Anda bisa memberikan nutrisi yang dibutuhkan dalam menu makanan bayi 12 bulan setiap harinya.

Memasuki satu tahun usia bayi anda, perkembangannya pun akan semakin terlihat. Kemampuannya sudah semakin berkembang. Tingkah laku yang ditunjukannya akan semakin membuat anda terkesan, gerakan yang dilakukan akan semakin terampil, kemampuan bahasanya akan semakin meningkat meskipun belum jelas. Perkembangannya tersebut harus didukung dengan menu makanan bayi 12 bulan yang tepat.

Makanan pendamping ASI atau MPASI umumnya diberikan ketika bayi berusia 6 bulan. Pada usia 6 bulan makanan yang diberikan masih dalam porsi yang minim sebagai perkenalan. Namun, semakin usia bayi anda bertambah, tepatnya memasuki usia 12 bulan atau satu tahun maka porsi makanan yang diberikan berbeda dengan porsi makan ketika ia berusia 6 bulan, karena pemberian makanan pada si kecil prinsipnya harus bertahap.

Menu Makanan Bayi 12 Bulan

Hingga usia bayi 2 tahun, pertumbuhan dan perkembangannya harus diberikan perhatian yang intensif, baik dari segi makanan atau lainnya. Agar perkembangan si kecil semakin baik maka harus didukung dengan makanan yang tepat dengan kandungan nutrisi yang seimbang. Makanan yang diberikan untuk si kecil bisa anda kombinasikan dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya. Meskipun terkadang nafsu makan si kecil akan menurun karena dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pertumbuhan gigi dan lain sebagainya, tetapi itu bukan sebuah alasan untuk tidak memberikan makanan dengan nutrisi yang seimbang untuk si kecil.

Anda bisa memberikan menu makanan bayi 12 bulan yang lebih bervariatif pada si kecil. Agar nafsu makannya kembali seperti semula, cobalah untuk membuat makanan yang menarik dari segi tampilan atau makanan yang ia sukai. Namun, anda tetap harus memperhatikan kandungan nutrisinya. Selain itu, anda bisa membuat acara makan si kecil menjadi lebih menyenangkan. Libatkan ia ketika makan keluarga atau anda bisa mengajaknya jalan-jalan ketika memberi makan.

Menu Makanan Bayi Usia 12 Bulan: Nutrisi Penting yang Dibutuhkan

Perkembangan dan pertumbuhan bayi 2 tahun awal adalah hal penting yang perlu anda perhatikan. Pemberian nutrisi yang seimbang penting dilakukan guna menunjang pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya dalam setiap menu makan yang diberikan.

Pada usia 12 bulan, kebutuhan gizi yang harus tercukupi yaitu protein hewani dan nabati sebanyak 1 sampai 2 porsi dan susu sekitar 280 sampai 320 kkal. Karbohidrat bisa anda berikan sebanyak 12 sampai 16 sendok makan, yang mana bisa anda dapatkan dari nasi tim yang terbuat dari beras putih/beras merah, kentang atau jagung. Vitamin dan mineral juga penting, yang bisa anda dapatkan dari beragam jenis buah dan sayur.

Pada usia ini si kecil mungkin sudah bisa membedakan mana yang ia sukai dan tidak disukai. Terkadang ketika diberi sayuran ia menolak dan enggan memakannya. Namun, agar kebutuhannya tetap terpenuhi anda bisa memasukan sayuran pada cemilannya sehingga ia tidak akan menyadari ketika mengkonsumsinya.

Menu Makanan Bayi 12 Bulan

Nasi Tim Telur Sayuran

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 50 gram beras merah
  • 3 sendok teh margarin
  • 1 butir telur
  • 2 sendok makan daging sapi yang dicincang
  • 50 gram sawi putih yang sudah dicincang
  • 20 gram bayam merah diiris halus
  • 50 gram tahu yang sudah dihancurkan
  • 1 buah tomat dibuang bijinya
  • 5 sendok makan susu cair
  • 500 ml air

Cara Membuat Nasi Tim Telur Sayuran

  1. Langkah pertama masukan sawi putih, beras merah, bayam merah dan susu cair ke dalam mangkuk tahan panas. Masukan pula air ke dalamnya.
  2. Panaskan margarin dan biarkan hingga margarin meleleh. Jika sudah seperti itu, masukan telur, daging sapi dan tahu. Kemudian orak-ari bahan-bahan tersebut.
  3. Rendam tomat, lalu haluskan dengan menggunakan blender. Tambahkan sedikit gula dan garam sebagai perasa. Panaskan jus tomat hingga mengental. Jika sudah seperti itu, sisihkan.
    Setelah itu, hidangkan nasi tim ini dengan orak-arik dan siraman saus tomat untuk si kecil.

Cemilan Sehat: Pai Sayur

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

Bahan Isi

  • Wortel 50 gram yang sudah direbus dan potong dadu
  • 50 gram jamur kancing yang sudah dicincang
  • Kacang polong beku 50 gram, seduh
  • 200 ml susu cair
  • 50 gram keju cheddar yang sudah di parut
  • 50 gram brokoli yang sudah dicincang halus

Bahan Kulit

  • 350 gram tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 125 gram margarin

Cara Membuat Pai Sayur

  1. Pertama, campurkan semua bahan-bahan kulit yang sudah anda siapkan. Lalu uleni bahan-bahan tersebut sampai kalis. Kemudian, ratakan adonan.
  2. Siapkan loyang pai. Lalu olesi loyang tersebut dengan menggunakan margarin secara merata dan tipis. Jika sudah, sisihkan.
  3. Campurkan bahan isi yang sudah disiapkan seperti di atas. Aduk hingga semua bahan bahan tersebut tercampur rata.
  4. Selanjutnya, tuangkan adonan pai. Lalu masukan ke dalam oven.
  5. Cemilan sehat untuk si kecil siap dihidangkan

Untuk jadwal makan si kecil anda bisa mengaturnya dan mengkombinasikan makanan utama dengan cemilan sehatnya. Beri si kecil makan sebanyak 3 kali dalam sehari. Di selang waktu pemberian makan anda bisa memberikan cemilan. Sesekali ganti cemilan sehat dengan potongan buah yang kaya akan nutrisi.