Home » Makanan Bayi » Menu Makanan Bayi 11 Bulan

Menu Makanan Bayi 11 Bulan

Menu makanan bayi 11 bulan harus mengandung nutrisi yang tepat. Makanan dengan porsi yang tepat akan mendukung tumbuh kembang si kecil.

Perkembangan yang ditunjukan oleh bayi usia 11 bulan tentunya semakin menakjubkan. Namun dalam menghadapi perkembangan bayi, tidak sedikit orang tua merasa khawatir ketika perkembangan yang ditunjukan oleh bayi tidak sesuai dengan perkembangan bayi lain seusianya. Untuk membandingkan perkembangan bayi dengan bayi yang lainnya anda bisa melihat dari pertumbuhan motorik si kecil. Menghadapi masalah perkembangan anaknya, banyak orang tua bertanya-tanya akan asupan yang ia berikan pada anaknya, apakah sudah sesuai atau sebaliknya? Apakah makanan yang diberikan sudah memenuhi nutrisi yang dibutuhkan?

Setiap pertambahan usia bayi akan diikuti dengan perkembangan yang lebih menakjubkan. Seperti misalkan, pada usia 11 bulan seharusnya bayi sudah bisa berdiri sendiri karena kedua kakinya sudah cukup kuat untuk menopang tubuhnya. Kemampuan bahasa yang ditunjukan oleh bayi usia 11 bulan akan semakin aktif. Agar kemampuan bahasanya semakin berkembang anda bisa terus membantu dan menuntunnya untuk melakukan ucapan.

Menu Makanan Bayi 11 Bulan

Menu Makanan Bayi 11 Bulan: Nutrisi Tepat yang Dibutuhkan

Nutrisi yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan si kecil bisa anda penuhi dari jenis makanan tertentu. Pemberian nutrisi seimbang harus anda perhatikan, karena kekurangan atau kelebihan nutrisi akan memiliki pengaruh besar pada perkembangannya. Terhambatnya perkembangan si kecil biasanya disebabkan karena nilai gizi yang seharusnya diberikan tidak memenuhi kebutuhan yang ditentukan sesuai usianya.

Bayi berusia 11 bulan membutuhkan energi sebesar 650 kkal. Dimana energi tersebut bisa anda dapatkan dengan memberikan menu makanan yang bervariasi dari nasi merah, nasi putih, jagung atau kentang. Protein yang dibutuhkan bayi pada usianya ini yaitu 16 gram, yang mana anda bisa mendapatkannya dari unggas, jenis ikan, telur dan makanan yang mengandung protein nabati seperti tempe, tahu dan jenis kacang-kacangan lainnya. Kalsium yang dibutuhkan oleh bayi pada usia ini untuk memenuhi kebutuhan gizinya cukup besar yakni 400 mg. Kalsium bisa anda dapatkan dari buah dan sayuran yang mengandung kalsium seperti apel merah, alpukat, pepaya, kiwi dan sayuran hijau. Meskipun dalam jumlah sedikit, zat besi tetap dibutuhkan untuk perkembangan bayi pada usia ini. Kekurangan zat besi pada bayi justru akan membuat pertumbuhannya terganggu, yang mana kecerdasannya akan terpengaruhi.

Menu Makanan Bayi 11 Bulan

Menu makanan bayi yang bisa anda berikan pada usia ini yaitu disesuaikan dengan gigi geligi yang tumbuh, belum lengkap dan disesuaikan dengan sistem pencernaan yang belum optimal. Anda tetap harus memperhatikan makanan yang diberikan pada si kecil. Makanan harus tetap mengandung nutrisi seimbang yang dibutuhkannya. Hindari makanan yang terlalu alot arena akan membuat si kecil susah ketika mengunyah. Anda juga harus memperhatikan porsi makannya. Pada usia ini, untuk porsi makan nasi tim cukup 11 sampai 12 sendok makan dalam setiap kali makan.

Anda bisa membuat menu makanan bayi 11 bulan sesuai dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan. Beragam menu bisa anda coba agar si kecil tidak merasa bosan. Berikut ini resep menu makanan bayi 11 bulan yang bisa anda coba buat dan berikan untuk si kecil.

Tim Kentang Isi Ikan

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 50 gram kentang
  • 500 ml air
  • 25 gram daging ikan kembung yang sudah dicincang kasar
  • 50 gram tahu
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 25 gram tomat
  • 1 sendok teh mentega
  • 25 gram wortel

Cara Membuat Tim Kentang Isi Ikan

  1. Pertama, rebus kentang yang sudah anda siapkan bersama dengan bahan bahan lainnya seperti tahu, ikan dan air. Rebus hingga air mendidih.
  2. Kemudian, masukan wortel dan tomat. Rebus kembali hingga sayuran benar-benar matang.
  3. Berikan perasa seperti mentega dan kecap. Lalu angkat.
  4. Setelah itu, anda bisa memberikannya pada si kecil.

Cemilan Sehat: Susu Buah

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 1/2 buah pisang
  • 400 ml jus jeruk
  • 1/2 buah mangga
  • 1 sendok makan susu formula

Cara Membuat Cemilan Susu Buah

  1. Bersihkan buah-buahan yang sudah disiapkan.
  2. Kemudian, potong kecil buah tersebut.
  3. Haluskan semua bahan dengan menggunakan blender.
  4. Selanjutnya, sajikan cemilan sehat ini untuk si kecil.

Menu makanan bayi 11 bulan di atas sudah mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh si kecil. Buatlah jadwal makan si kecil yang sesuai. Anda bisa memberikan nasi tim pada si kecil sebanyak 3 kali dalam sehari, pagi, siang dan sore. Berikan cemilan di antara selang waktu pemberian makanan utama, sekitar jam sepuluh pagi atau jam tiga sore.

Agar makan lebih menyenangkan, anda bisa ajak si kecil untuk makan bersama dengan keluarga. Anda juga bisa memberi kesempatan pada si kecil untuk memilih makanannya dan biarkan ia makan sendiri. Apabila si kecil menolak makanan yang anda berikan, usahakan untuk tidak memaksanya. Anda bisa mencoba kembali pada waktu yang berbeda.