Home » Makanan Bayi » Menu Makanan Bayi 10 Bulan

Menu Makanan Bayi 10 Bulan

Pada usianya yang ke 10 bulan, si kecil sudah sangat aktif. Pertumbuhan dan perkembangannya bisa anda tunjang dengan memberikan menu makanan bayi 10 bulan yang tepat, makanan yang mengandung nutrisi dan gizi seimbang.

Kini bayi anda sudah menginjak usia 10 bulan. Pada usianya ini ia sudah semakin aktif melakukan kegiatan motorik. Si kecil akan mencoba untuk berbicara, menggerakan tangan dan kakinya, bahkan ia akan berusaha untuk berdiri meskipun terkadang ia terjatuh kembali. Anggota tubuh bayi pada usianya ini akan semakin berkembang secara dinamis. Dalam masa seperti ini si kecil membutuhkan perhatian khusus dari orang tuanya. Karena tidak menutup kemungkinan ia melakukan kegiatan yang akan membahayakan dirinya sendiri.

Kegiatan motorik si kecil yang semakin berkembang akan membuatnya mudah dan cepat lelah. Oleh karena itu, dibutuhkan menu makanan bayi yang mengandung nutrisi dan gizi seimbang yang dibutukan untuk menunjang perkembangannya serta memenuhi semua kebutuhannya.

Menu Makanan Bayi 10 Bulan

Kegaiatan akan semakin banyak dilakukan oleh si kecil pada usianya ini, sehingga ia membutuhkan banyak asupan energi untuk menyesuaikan dengan kegiatan yang dilakukannya. Pada usianya yang ke 10 bulan ini, si kecil sudah bisa mengembangkan kemampuannya dalam mengunyah makanan. Ia juga sudah mampu menelan makanan dengan baik. Agar kemampuannya lebih berkembang, anda bisa melatih ia untuk makan sendiri, namun anda harus tetap mengawasinya.

Makanan Bayi 10 Bulan: Nutrisi yang Dibutuhkan

Menu makanan bayi 10 bulan harus anda perhatikan. Perhatikan gizi dan nutrisi pada makanan bayi dengan jenis yang bervariasi dan beragam. Nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil akan terpenuhi oleh MPASI atau makanan pendamping ASI terbaik dan sehat. Makanan utama dan terbaik untuk bayi adalah ASI, namun bayi akan mendapatkan tambahan nutrisi dan kandungan lainnya yang mendukung tumbuh kembangnya dalam makanan pendamping ASI.

Ketika memberikan makanan pendamping ASI kepada si kecil, diharapkan setiap orang tua bisa memberikan makanan yang beragam agar si kecil tidak merasa bosan. Hampir semua jenis sayur dan buah baik untuk si kecil. Namun, ketika menyiapkan menu makanan bayi 10 bulan sebaiknya hindari sayur yang mengandung serat tinggi dan buah-buahan yang mengandung alkohol. Tambahan protein hewani yang dibutuhkan bisa anda dapatkan dari ikan yang bebas mercury. Jika anda ingin menambahkan daging unggas pada menu makanan si kecil, sebaiknya pilihlah daging ayam kampung. Pasalnya, ayam kampung bersifat alamiah dan tidak mengandung bahan kimia dari pakannya.

Menu makanan bayi 10 bulan sangat beragam. Tekstur menu makanan pada usia ini berbeda dengan menu makanan bayi 6 bulan yang umumnya masih encer, dimana pada usia ini makanan yang diberikan lebih bertekstur atau tidak terlalu encer. Anda bisa membuat menu yang berbeda untuk si agar ia tidak mudah merasa bosan. Berikut ini beberapa menu makanan bayi 10 bulan.

Menu Makanan Bayi 10 Bulan

Tim Kentang Brokoli

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 40 gram daging ayam kampung yang sudah dibersihkan
  • 120 ml air bersih
  • 25 gram brokoli yang sudah ducuci dan dipotong-potong
  • 200 gram kentang yang sudah dikupas
  • 100 gram tahu potong kecil-kecil

Cara Membuat Tim kentang Brokoli

  1. Pertama, siapkan panci yang akan anda gunakan untuk membuat makanan si kecil. Lalu masukan daging ayam yang sudah dibersihkan bersama dengan tahu dan kentang. Tambahkan air kedalamnya, rebus hingga air mendidih.
  2. Tambahkan brokoli ke dalam panci. Lalu masak hingga semua sayuran matang.
  3. Setelah itu, dinginkan sebelum diberikan pada is kecil.

Tim kentang brokoli ini merupakan menu makanan bayi 10 bulan yang kaya akan gizi. Kentang merupakan sayuran yang kaya akan karbohidrat dan baik untuk tubuh bayi. Sedangkan brokoli yang kaya akan kandungan vitamin C dibutuhkan oleh bayi sebagai antioksidan.

Cemilan Sehat

Cemilan yang bisa diberikan pada bayi usia 10 bulan sebenarnya sudah bisa mendekati makanan dewasa. Namun meskipun begitu, sebagai orang tua anda tetap harus memperhatikan dan selektif dalam memilih menu makanan untuk si kecil termasuk cemilannya, karena bagaimana pun pencernaannya masih rentan. Struktur makanan yang akan diberikan harus diperhatikan, hindari memberikan makanan yang mengandung bahan kimia, perasa berlebihan, pewarna dan lain sebagainya agar si kecil tidak mendapatkan masalah kesehatan. Namun jika anda tetap bingung, anda bisa mencoba membuat cemilan sehat ini di rumah.

Agar Sari Buah

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 1 gelas jus mangga
  • 1 bungkus agar-agar tidak memiliki rasa
  • 2 gelas air putih
  • 1/2 gelas air perasan jeruk mandarin
  • 1/2 sendok makan gula putih

Cara Membuat Agar Sari Buah

  1. Siapkan panci kecil. Lalu campurkan agar agar dengan gula putih.
  2. Selanjutnya tambahkan air, perasan jeruk mandarin dan jus mangga. Rebus bahan-bahan tersebut hingga mendidih.
  3. Jika sudah mendidih, anda bisa memasukan ke dalam cetakan. Agar si kecil semakin tertarik, anda bisa mencetaknya dengan cetakan yang unik dan lucu seperti karakter hewan.

Kandungan yang terdapat pada buah mangga dan jeruk bermanfaat untuk si kecil, yang mana kandungannya tersebut memberikan energi sebagai kebutuhan si kecil. Mangga mengandung lemak tak jenuh yang sangat bagus untuk perkembangan bayi anda. Selain itu, vitamin C yang terkandung dalam jeruk baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Agar bayi anda tidak bosan, anda bisa mengganti buah-buahan sesuai dengan kebutuhannya.