Menghindarkan Gigitan Nyamuk dari Bayi Baru Lahir 

Posted on

Menghindarkan Gigitan Nyamuk dari Bayi Baru Lahir  – Gigitan nyamuk dari bayi baru lahir tentu akan membuat kulit si kecil terasa gatal. Hal ini akan juga berujung pada kondisi tidak nyaman yang dialami oleh si buah hati. Untuk itu, penting sekali menghindarkan mereka dari gigitan nyamuk. 

Setelah melahirkan anda akan dihadapkan pada banyak kegiatan merawat dan mengurus bayi. Untuk melakukan kegiatan ini anda tentu menginginkan hal yang terbaik untuk si kecil. Betapa tidak, hadirnya si bayi baru lahir adalah hal yang telah anda nantikan selama ini. Dengan demikian, setelah kehadirannya menghiasi kebahagiaan anda maka anda akan dengan senang hati melakukan segala hal yang terbaik untuk si buah hati.

Melihat si mungil yang terlelap tidur dengan tenang tentu menjadi hal yang begitu menggemaskan. Dan tahukah anda, bayi baru lahir umumnya menghabiskan sebagian besar waktunya dengan tertidur. Jadi demikian hal ini adalah hal penting untuk buah hati anda. Sewaktu tertidur tumbuh kembang pada si kecil terus berjalan dengan baik. Untuk itulah, penting sekali memfasilitasi si kecil untuk bisa mendapatkan tidur yang berkualitas tanpa terganggu dengan banyak hal.

Sayangnya, kegiatan yang satu ini seringkali menimbulkan banyak gangguan pada buah hati anda. Terutama pada saat kebersihan dirumah tidak terjaga dengan baik. Nyamuk yang berterbangan dan berdengung mengisi seisi ruangan akan tentu saja membuat si kecil terganggu. Bukan hanya dari suara dengungannya saja, saat si kecil digigit nyamuk hal ini tentu akan membuat si buah hati merasa gatal. Pada saat ia merasakan gatal maka si kecil akan mudah terbangun dan menangis sebab hal ini seringkali menimbulkan perasaan yang tidak nyaman.

Menghindarkan Gigitan Nyamuk dari Bayi Baru Lahir 

Selain itu, kondisi ini akan mungkin meimbulkan bahaya dan mengancam keselamatan si kecil. Gigitan nyamuk akan mungkin membawa virus yang berbahaya untuk buah hati anda. Termasuk didalamnya adalah virus yang mengakibatkan chikungunya, demam berdarah dan lain sebagainya. Tak jarang penyakit-penyakit ini pun dapat menjangkiti anak-anak dengan lebih mudah.

Untuk itulah, penting sekali melakukan pencegahan terhadap gigitan nyamuk yang dapat menimbulkan masalah yang besar. Bukan hanya itu, gigitan nyamuk pada bayi baru lahir tentu akan membuat kulit mereka memerah dan timbul bentol-bentol. Tak tega rasanya saat tubuhnya yang mungil dan ketidak mampuannya untuk menggaruk tentu akan membuat kondisi ini semakin buruk pada buah hati anda.

Dengan demikian mengatahui cara menghindarkan gigitan nyamuk dari bayi baru lahir adalah hal yang penting untuk diketahui. Sebab dengan begini sama artinya anda melakukan pencegahan dari serangan penyakit yang akan membahayakan si kecil.

Ingin tahu seperti apa menghindarkan gigitan nyamuk dari bayi baru lahir? Mari simak dibawah ini.

Menghindarkan Gigitan Nyamuk dari Bayi Baru Lahir

Ada cukup banyak hal yang dapat anda lakukan untuk mengindarkan gigitan nyamuk dari bayi baru lahir. Salah satunya dimulai dari diri sendiri dan menerapkannya dirumah. Beberapa tips dibawah ini pun cenderung mudah untuk diaplikasikan.

  • Menjaga Kebersihan Rumah dan Lingkungan Sekitar

Nyamuk biasa bertelur di air yang tidak mengalir, misalnya dalam ember, bak mandi, vas bunga dan lain sebagainya. Selain itu, nyamuk juga senang area-area yang kotor dan lembab seperti pakaian kotor yang menggantung, dibawah tempat tidur dan masih banyak lagi. Telur nyamuk biasanya akan dapat menetas dalam kurun waktu 7 sampai dengan 10 hari.

Untuk itulah sebaiknya pastikan jika bunda memperhatikan kebersihan rumah dan lingkungan dengan baik. Pastikan bila anda senantiasa mengganti air dalam bak mandi atau pas sesering mungkin. Gosok dengan bersih dinding bak mandi sewaktu anda mengurasnya agar telur nyamuk tidak tertinggal dibagian tersebut.

Selain itu, pastikan bila ayah dan bunda senatiasa menutup wadah-wadah air didalam rumah agar tidak dihinggapi nyamuk dan bertelur didalamnya. Ayah dan bunda juga bisa menaburkan bubuk abate pada bak mandi yang telah dikuras bersih guna membunuh jentik nyamuk yang mengambang didalamnya.

Selain itu, anda dapat melakukan cara lain dengan meneteskan minyak tanah diatas wadah aiar yang terbuka diluar rumah. Minyak tanah akan dapat membentuk lapisan diatas air sehingga nyamuk enggan masuk kedalamnya apalagi bertelur didalam air.

Jadilah lebih waspada pada sarang-sarang nyamuk atau peralatan yang bisa dijadikan nyamuk untuk tempat tinggalnya. Buang semua benda yang dapat menampung air hujan disekitar rumah sebab hal ini akan membuat nyamuk lebih mudah bersarang. Hal ini bermanfaat untuk menghindarkan gigitan nyamuk dari bayi baru lahir.

  • Hindari Arom Bau yang Tajam

Pada saat bunda atau ayah berinisiatif menghindarkan gigitan nyamuk dari bayi baru lahir. Seringkali bunda akan memberikan lotion atau wewangian anti nyamuk pada buah hati anda. Apalagi saat ini banyak produk yang memang dikhususkan untuk bayi sebagai anti-nyamuknya. Akan tetapi, sebaiknya perhatikan kembali untuk tidak menggunakan produk anti nyamuk pada kulit bayi dengan wewangian yang tajam. Sebab hal ini akan dapat berbahaya untuk bayi anda, terutama bayi baru lahir.

Pada saat anda mengaplikasikan lotion anti nyamuk sebaiknya hindari mengaplikasikannya pada bagian yang akan membuat si kecil mudah memasukannya kedalam mulut. Seperti tangan, jemari atau wajahnya.
Selain itu perlu diketahui, wewangian yang tajam akan juga membuat serangga tertarik untuk mendekat. Untuk itu, pertimbangkan kembali pemilihan lotion anti-nyamuk yang tepat.

  • Gunakan Pakaian yang Aman

Bayi baru lahir akan cukup tersiksa menahan rasa gatal akibat gigitan nyamuk. Untuk itu, sebisa mungkin lakukan segala upaya untuk menghindarkan gigitan nyamuk dari bayi baru lahir serta serangga lainnya.

Upayakan bayi anda mengenakan pakaian yang aman dari serangan nyamuk, seperti kenakan lengan yang panjang. Pakaian-pakaian tersebut akan jauh lebih baik untuk menghindarkan gigitan nyamuk dari bayi baru lahir. Dibandingkan dengan memakaikan popok atau celana pendek saja, pakaian yang tertutup bisa menjadi senjata pencegahan yang baik untuk menghindari resiko gigitan nyamuk.

Hanya saja, sebaiknya perhatikan pula pemilihan bahan pakaian yang dikenakan. Jangan sampai penggunaan baju yang tertutup membuat si kecil kepanasan. Untuk itu, pilih bahan yang dibuat dari bahan yang menyerap keringat seperti katun. Hindari pula memakai pakaian dengan warna gelap, selain akan membuat si kecil mudah panas, warna-warna yang gelap umumnya disukai nyamuk.

  • Gunakan Kelambu Saat Si Kecil Terlelap

Cara mengindarkan gigitan nyamuk dari bayi baru lahir yang lain adalah dilakukan dengan memasang kelambu saat si kecil tertidur. Kelambu adalah kain transparan yang dibuat dari kain yang berbulat rapat. Penggunaan kain ini akan aman untuk menutupi tubuh si kecil pada saat ia tertidur agar terhindar dari gigitan nyamuk.

Saat ini sudah banyak kelambu bayi yang dijual di toko bayi dengan variasi yang berbeda. Anda bisa memilih salah satunya yang anda sukai dan kenakan alat ini untuk menghindari si kecil dari gigitan nyamuk dan serangga lainnya.

Demikian beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari gigitan nyamuk dari bayi baru lahir. Semoga bermanfaat dan bisa dipraktikan dirumah pada bayi anda dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *