Home » Perawatan Bayi » Mengenal Pola Buang Air Kecil Bayi

Mengenal Pola Buang Air Kecil Bayi

Pola buang air kecil bayi adalah hal penting yang harus diketahui oleh orang tua. Ketahui frekuensi dan tips mengenal pola buang air kecil bayi di sini.

Setiap orang tua dianjurkan untuk mengetahui segala hal tentang bayinya, hal yang disukai oleh bayi atau kebiasaan bayi, termasuk pola buang air kecil bayi. Mengetahui pola buang air kecil bayi sangat penting. Dengan mengetahui pola buang air kecil pada bayi maka anda bisa mengetahui cara merawat kulit bayi yang baik dan benar agar tidak mudah mengalami iritasi. Akan tetapi, mengenal pola buang air kecil pada bayi bukanlah hal yang mudah, mengingat setiap bayi memiliki pola buang air kecil yang berbeda-beda. Pola buang air kecil pada bayi pun dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dimana salah satunya yaitu dari jumlah ASI yang dikonsumsi oleh si bayi.

Pola buang air kecil bayi tentunya berbeda dengan pola buang air kecil orang dewasa. Frekuensi buang air kecil bayi biasanya lebih sering dibandingkan dengan anak usia di atasnya atau orang dewasa. Dalam mengenal pola buang air kecil bayi, penting bagi anda untuk mengetahui frekuensi buang air kecil berdasarkan tahapan usianya.

Pola Buang Air Kecil Bayi

Pola Buang Air Kecil Bayi

Frekuensi Buang Air Kecil Bayi

Normalnya bayi yang mengkonsumsi ASI eksklusif akan buang air kecil sebanyak 10 sampai 20 kali dalam sehari. Akan tetapi semakin usia si kecil bertambah maka frekuensi pipisnya pun akan berkurang. Namun, jumlah air seni yang keluar akan lebih banyak dibandingkan ketika ia masih bayi. Bayi yang mengkonsumsi susu formula biasanya akan lebih sering buang air kecil.

Bayi berusia 0 sampai 4 bulan akan buang air kecil sebanyak kurang lebih 10 sampai 20 kali dalam sehari, dan frekuensinya akan menurun dengan bertahap. Untuk bayi berusia 5 sampai 6 bulan, ia bisa buang air kecil sebanyak 10 sampai 15 kali dalam sehari. Biasanya pada usia ini bayi akan lebih jarang buang air kecil ketika ia tidur. Sedangkan untuk bayi 1 tahun ia bisa buang air kecil sebanyak 5 sampai 10 kali.

Ketika si kecil terus menerus pipis selama masa awal kehidupannya, anda tidak perlu merasa khawatir. Pasalnya, buang air kecil pada bayi bisa menjadi tanda kecukupan cairan. Dalam sehari, bayi minimal buang air kecil sebanyak 6 kali sebagai tanda bahwa ia cukup ASI.

Tips Mengetahui Pola Buang Air Kecil Bayi

Lantas bagaimana cara mengetahui pola buang air kecil pada bayi untuk menghindari bayi dari masalah kulit serta upaya menghemat popok?

Cara yang bisa anda lakukan untuk mengenal pola buang air kecil bayi yaitu dengan membuat catatan. Anda tidak bisa mengatur pola buang air kecil bayi pada usia 0 sampai 6 bulan. Namun, meskipun begitu setidaknya anda mengetahui jadwal buang air kecil yang menjadi kebiasaan bayi anda.

Untuk mengetahui pola buang air kecil bayi, anda bisa membuat agenda atau catatan kecil agar anda bisa mencatat dengan akurat kapan bayi anda buang air kecil. Selain jadwal buang air kecil, anda juga bisa mencatat kebiasaan lainnya yang dilakukan oleh bayi anda sebelum melakukan kegiatan yang lainnya. Apabila anda mengetahui dan rutin mencatat pola kegiatannya, dengan begitu anda bisa memperkirakan pola buang air kecil bayi anda. Selain itu, mengetahui pola buang air kecil bayi juga akan membuat anda bebas dan tidak selalu terpaku pada si kecil. Pasalnya, bayi anda memiliki ritme sendiri dan anda akan mulai terbiasa dengan ritme si kecil. Apabila si kecil sudah berusia lebih dari 6 bulan, dengan bertahap anda bisa mengatur sendiri ritme atau kegiatan bayi anda.

Manfaat Mengetahui Pola Buang Air Kecil Bayi

Mengenal pola buang air kecil bayi mungkin dianggap tidak terlalu penting oleh sebagian ibu. Akan tetapi, ketika anda mengetahui pola buang air kecil bayi anda, anda akan mendapatkan keuntungan. Selain menjaga agar si kecil tetap bersih dan terhindar dari masalah kulit, anda bisa menyesuaikan jadwal anda sendiri dengan jadwal si kecil. Sehingga dengan begitu, kewajiban anda sebagai ibu rumah tangga tidak harus ditinggalkan. Ketika anda melakukan pengamatan pada bayi anda, kemungkinan hal hal menarik akan anda temukan selain pola buang air kecil bayi anda.

Saat usia bayi anda 1 tahun, anda bisa memulai untuk mengajarkan kebiasaan baik yang bisa dilakukan oleh bayi anda, terlebih lagi ketika si kecil ingin buang air kecil. Ketika itu anda bisa mengajarkan si kecil secara perlahan, seperti misalkan mengajak si kecil ke toilet, kemudian membuka celananya dan melatih atau mengajarinya buang air kecil yang baik dan benar. Selain itu, setelah buang air kecil anda harus mengingatkan ia untuk selalu menjaga kebersihannya, misalkan mengingatkannya untuk mencuci tangan setelah dari toilet. Untuk kita, hal ini mungkin mudah dan sederhana. Akan tetapi berbeda halnya dengan mereka yang membutuhkan daya ingat dan konsentrasi yang baik.

Nah dengan mengenal pola buang air kecil pada bayi, selain beberapa keuntungan yang anda dapatkan, anda juga bisa mengajari buang air kecil yang benar sejak dini sehingga nanti ia akan terbiasa akan hal itu.