Home » ASI (Air Susu Ibu) » Mengenal Cooler Bag ASI Sahabat Terbaik Untuk Bayi

Mengenal Cooler Bag ASI Sahabat Terbaik Untuk Bayi

Mengenal Cooler Bag ASI Sahabat Terbaik Untuk Bayi – Peralatan yang memungkinkan ibu untuk menyimpan dan menjaga suhu ASI yang diperah dengan baik. Alat ini akan sangat berguna untuk ibu yang berada jauh dari si kecil yang masih disusui.

Cukup sulit untuk ibu karir yang masih menyusui buah hatinya untuk membagi waktu. Tanggung jawab dan kewajiban mebuat mereka kerap kali dibuat pusing memberikan ASI untuk si kecil. Akan tetapi saat ini kegiatan memerah ASI dapat dijadikan senjata agar bayi tetap dapat mendapatkan ASI meski tanpa keberadaan ibu disampingnya. Selain pompa pemerah dan juga botol penyimpanan ASI, adapula perangkat lain yang dapat menjadi pilihan terbaik untuk ibu yakni cooler bag ASI.

Ya, kegiatan dan aktivitas yang menumpuk yang dialami oleh wanita karir seringkali membuat mereka kewalahan membagi waktunya. Ketika belum memiliki anak, masalah ini sebenarnya masih bisa dikompromikan dengan pasangan. Hanya saja, selepas kehadiran si buah hati permasalahan yang satu ini bisa menjadi rumit bila tidak diatasi dengan baik.

Apalagi saat wanita karir masih dalam proses menyusui buah hatinya, kegiatan yang satu ini bisa sangat memusingkan. Disatu sisi cuti melahirkan anda sudah berakhir, namun disisi lain bayi anda masih membutuhkan asupan ASI dari bunda tercintanya.

Nah, bila sudah begini maka mungkin anda dan pasangan akan dibuat bingung menentukan mana yang harus diambil sebagai keputusan terbaik. Tidak mungkin tentunya meninggalkan si kecil seorang diri dikala mereka masih membutuhkan anda. Hanya saja, tanggung jawab anda terhadap perusahaan tempat anda bekerja pun menuntut anda untuk selalu siaga.

Mengenal Cooler Bag ASI Sahabat Terbaik Untuk Bayi

Akan tetapi, jika kita jeli sebenarnya di zaman yang serba canggih dan modern ini anda tak lagi perlu khawatir. Kemudahan dan kemutakhiran tekhnologi membuat semuanya menjadi mungkin. Termasuk saat anda dituntut untuk menyusui si kecil namun tidak ada waktu membagi kegiatan ini.

Kini meski anda tak berada disamping si kecil bunda masih tetap dapat memberikan ASI bunda dengan baik pada mereka. Caranya adalah dengan melalui perah ASI. Pada metode ini air susu ibu akan diperah dan disimpan dalam botol yang steril dan dimasukkan dalam tempat penyimpanan yang aman. Dengan demikian, meski anda berda jauh bersama dengan buah hati asupan ASI nya tidak akan terkendala atau mengalami masalah.

Nah, selain memanfaatkan cara memerah ASI untuk dijadikan stock sehingga memudahkan si kecil menyantapnya kapan saja. Kali ini sudah anda sebuah inovasi luar biasa dari penggunaan cooler bag. Alat yang satu ini telah banyak dijual dimasyarakat dan dibuat dalam aneka ragam bentuk, warna dan juga motif. Nah, untuk lebih jelasnya lagi mari kita kenali apa sih itu cooler bag? Pembahasannya akan dijelaskan dibawah ini.

Mengenal Cooler Bag ASI Sahabat Terbaik Untuk Bayi

Penggunaan cooler bag akan memungkinkan anda dapat menyimpan ASI yang telah diperah didalam alat ini tanpa khawatir menjadi basi. Jika sebelumnya anda seringkali meletakkan ASI perahaan bersama dengan bahan makanan lain dalam lemari es. Cooler bag ASI akan dapat anda gunakan sebagai tempat penyimpanan khusus yang aman.

Cooler bag ini biasanya dilindungi oleh lapisan insulator atau styrofoam yang dapat mencegah udara dari luar untuk masuk kedalam bagian kantung. Sehingga kondisi ini akan dapat menjaga suhu didalam cooler bag tetap terjaga dengan baik. Yang mana ini artinya ASI yang anda letakkan didalamnya akan juga terlindungi dengan baik.

Keunggulan Cooler Bag ASI

Cooler bag ASI yang baik umumnya terbuat dari memanfaatkan tiga jenis bahan, yakni lapisan insulator thermal, lapisan tahan air dan bagian terluar adalah lapisan luar. Lapisan tahan air yang baik pada umumnya dibuat dari bahan katun aminasi, plastik vinil atau dengan menggunakan PUL.

Sementara untuk bahan lapisan luar biasanya dibuat dari bahan yang umumnya sama dengan lapisan tahan air atau bisa juga berupa bahan tertentu lainnya, seperti misalkan kain kanvas dan lain sebagainya.

Penggunaan cooler bag ASI tentu akan sangat bermanfaat terutama untuk ibu pekerja yang memerlukan waktu tempuh lebih dari 30 menit untuk bisa sampai ke rumah dari kantor atau tempatnya bekerja. Kualitas dari Air Susu Ibu Perah (ASIP) yang disimpan didalam tas biasa kemungkina akan menurun atau bahkan sudah tidak lagi layak konsumsi oleh si kecil.

Sementara itu, lewat penggunaan cooler bag ASI akan tetap dalam suhu yang baik dan kualitasnya terjaga betul. Sementara itu, guna memaksimalkan manfaat dari penggunaan alat ini maka sebaiknya rutinlah mengecek cooler bag ASI dengan teratur. Hal ini penting dilakukan guna mendeteksi adanya kerobekan atau resleting yang rusak atau tidak tertutup sempurna.

Sarana Lain yang Dapat Diakses Ibu Menyusui Ditempat Kerja

Nah, selain penggunaan cooler bag, sebenarnya ada beberapa sarana lain yang dapat dimanfaatkan oleh ibu yang bekerja, diantaranya adalah:

Ruangan yang Bersih dan Relatif Privat Ketika Memerah ASI

Pada saat hendak memerah ASI ditempat kerja, ada baiknya ibu memastikan bahwa ruangan atau tempat memerah ASI bersih. Beberapa kantor ada yang menyediakan ruangan khusus untuk memerah ASI. Dimana didalamnya umumnya dilengkapi dengan lemari pendingin untuk penyimpanan ASI.

Sementara itu, bila kantor atau tempat kerja anda belum menyediakan fasilitas yang serupa. Maka sebaiknya ibu bisa menggunakan ruangan rapat atau ruangan lain yang lebih privat. Sehingga kegiatan memerah ASI akan terasa lebih mudah dan tenang.

Pompa ASI

Sebagian ibu akan merasa nyaman memerah ASI nya dengan menggunakan tangan. Akan tetapi, apapun alat yang digunakan pada saat memerah AS,I sebaiknya perhatikan kebersihan anda dengan baik. Sebab kurang higienis akan membuat ASI yang anda perah menjadi terkontaminasi sehingga kualitas ASI tidak baik. Bahkan dalam kondisi tertentu hal ini akan mengakibatkan ASI tidak layak konsumsi untuk bayi.

Perhatikan Tempat Menampung ASI

Setelah selesai memerah ASI sebaiknya perhatikan betul sarana yang anda gunakan untuk menampung ASI. Kantong plastik umumnya akan mudah robek atau bocor ketika dimasukkan kedalam cooler bag ASI. Untuk itu, akan lebih baik jika anda membawa dan mempersiapkan sendiri tempat tampung ASI dengan baik. Sediakan botol plastik yang kokoh dan rapat sehingga tidak mudah bocor. Selain itu, alangkah lebih baik jika mengatur botol tersebut dengan rapih sehingga tidak goyang ketika dibawa-bawa.

Hal yang Penting Diperhatikan

Ketika memerah ASI dan menyimpannya dalam wadah ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Hal ini dilakukan demi menjaga keselamatan si kecil ketika menyantap ASI yang disimpan.

Kekuatan ASI Perah

Perlu diketahui bahwa ASIP yang disimpan dalam suhu ruangan hanya akan dapat bertahan setidaknya selama kurang lebih 6 jam. Apabila suhu ruangan lebih dari 25 derajat celcius, usia ASIP akan jauh lebih singkat, yakni hanya 2 sampai dengan 4 jam.

Untuk itu idealnya guna menjaga kualitas ASIP, botol berisi ASIP disarankan disimpan dalam lemari es selama ibu bekerja. Akan tetapi, bila ibu kesulitan mendapatkan lemar pendingin maka anda dapat meletakkannya dalam cooler bag.

Itulah dia beberapa hal yang dapat disampaikan dari mengenal cooler bag ASI. Semoga bermanfaat dan memberikan informasi yang cukup untuk anda dan kita semua.