Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Posted on

Perut kembung sebenarnya normal terjadi pada bayi, meskipun begutu anda tetap harus waspada terhadap gejala tertentu. Perawatan sederhana bisa anda lakukan sendiri di rumah sebagai langkah mengatasi perut kembung pada bayi.

Ketika perut bayi kembung kemungkinan besar ia akan rewel karena merasa tidak nyaman. Bahkan kemungkinan besar si kecil akan terus menangis. Keadaan dimana perut kembung sebenarnya normal terjadi pada bayi, umumnya pada bayi berusia 3 sampai 4 bulan. Hal ini disebabkan karena saluran pencernaan bayi masih belum bisa berfungsi dengan sempurna.

Semakin usia bayi bertambah, ia akan diperkenalkan pada MPASI atau makanan pendamping ASI. Mungkin saat itu perutnya akan sering kembung karena ia akan mencoba beragam jenis makanan yang berbeda untuk kali pertamanya.

Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Ketika kembung, di dalam perut terdapat udara atau gas. Akan tetapi keadaan akan menjadi bermasalah apabila gas yang terdapat di dalam perutnya berlebihan. Pada orang dewasa atau anak yang lebih besar gas tersebut sebenarnya bisa dikeluarkan dengan mudah. Namun lain halnya dengan bayi, dimana tidak semua bayi bisa mengeluarkan gas yang berada di dalam perutnya dengan mudah. Mereka membutuhkan bantuan untuk mengeluarkan gas tersebut.

Tanda ketika bayi mengalami perut kembung biasanya ia akan mulai rewel tanpa adanya alasan yang pasti. Jika seperti itu, anda bisa segera memeriksa perutnya. Apabila perut si kecil terasa lebih keras dari sebelumnya, bahkan diiringi dengan buang angin, maka kemungkinan besar ia mengalami perut kembung. Selain memperhatikan ketidaknyamanannya, anda juga harus memperhatikan gerakan bayi anda. Apabila si kecil sering melengkungkan punggungnya ke belakang dan menggeliat, serta kedua kakinya diangkat, bisa jadi itu tanda bahwa ia merasakan perutnya dalam keadaan kembung.

Mengatasi perut kembung pada bayi bisa dilakukan sendiri di rumah dengan aman dan tepat. Dengan perawatan yang tepat perut kembung pada bayi akan segera hilang.

Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Penyebab Perut Kembung

Perut kembung yang dialami bisa disebabkan karena berbagai hal. Berikut ini penyebab perut kembung pada bayi yang harus anda ketahui.

Makanan Bayi. Ketika bayi sudah berusia 6 bulan, maka ia sudah mulai mengkonsumsi makanan pendamping ASI. Anda harus memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi oleh bayi anda. Sayuran memang sehat dan diperlukan oleh bayi, akan tetapi tidak semua sayuran bisa dikonsumsi secara berlebihan oleh bayi. Brokoli memiliki banyak manfaat dan sehat dikonsumsi oleh bayi, akan tetapi sayuran ini akan membuat perut bayi kembung jika dikonsumsi berlebihan.

Makanan Ibu. Apabila usia bayi di bawah 6 bulan, maka kemungkinan penyebab kembung pada bayi yaitu makanan yang dikonsumsi oleh ibu, karena di bawah 6 bulan asupan bayi hanya ASI. Perhatikan makanan yang anda konsumsi, sebaiknya hindari dan kurangi makanan yang akan menyebabkan perut kembung seperti kembang kol, brokoli, kubis, kacang dan bawang.

Dot Bayi. Dot bayi bisa menjadi penyebab perut bayi kembung. Apabila si kecil minum susu formula dari botol, sebaiknya anda harus lebih cermat memilih botol susu dan dot yang tepat. Dot dengan lubang yang terlalu besar atau kecil akan membuat udara lebih banyak masuk ke dalam perut bayi sehingga akibatnya perut bayi kembung.

Minuman Selain ASI. Bayi berusia di bawah 6 bulan belum diperbolehkan minum air selain air susu ibu. Pemberian cairan selain ASI akan membuat bayi kesulitan dalam membuang gas. Sehingga akibatnya perut si kecil menjadi kembung.

Anda bisa mencegah kemungkinan si kecil mengalami perut kembung dengan menghindari penyebab di atas.

Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

  • Tepuk Lembut Punggung Bayi

ASI atau air susu ibu merupakan asupan pertama bayi berusia di bawah 6 bulan. Setelah menyusu anda bisa membuat si kecil bersendawa. Gendong si kecil dan tepuk punggungnya dengan lembut. Lakukan kegiatan ini selama kurang lebih 2 menit hingga bayi bersendawa. Kembung yang dialami oleh bayi akan mulai menurun ketika ia sudah bersendawa.

  • Gosok Perut Bayi

Mengatasi perut bayi kembung juga bisa dilakukan dengan menggosok bagian perutnya dengan lembut. Jika perlu anda bisa memberikan minyak telon agar si kecil merasa nyaman dan perutnya terasa hangat.

  • Berikan Air Hangat

Memberikan sedikit air hangat untuk diminum bisa anda lakukan ketika perut si kecil kembung. Gunakan pula air hangat untuk memandikan si kecil. Dengan langkah ini perut kembung yang dialami oleh bayi akan segera pulih.

  • Lakukan Latihan Bayi

Anda bisa melatih bayi gerakan tertentu untuk mengatasi perut kembung pada bayi. Latihan yang bisa dilakukan yaitu, gendong bayi dengan posisi telentang. Lalu pegang kedua kaki si kecil, kemudian gerakan perlahan seperti mengayuh sepedah. Dengan latihan ini gerakan usus akan semakin meningkat dan bayi akan lebih mudah membuang gas.

  • Biarkan Bayi Anda Aktif

Gerakan tubuhnya yang aktif dapat membantu mengeluarkan gas di dalam perutnya. Oleh karena itu, anda bisa membiarkan si kecil tetap aktif. Jika perlu anda bisa mengajaknya bermain atau melibatkan dalam kegiatan menyenangkan untuk membantu si kecil mengeluarkan gas di dalam perutnya.

Perut kembung pada bayi memang keadaan wajar. Akan tetapi anda tetap harus waspada karena perut kembung bisa menjadi tanda bahwa si kecil mengalami gangguan pencernaan. Apabila bayi anda semakin rewel, muntah, kesulitan ketika buang air besar, bahkan diiringi dengan demam, sebaiknya segera bawa bayi anda ke dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *