Home » Bayi Baru Lahir » Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Baru Lahir

Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Baru Lahir

Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Baru Lahir – Berbeda dengan anak balita yang sudah bisa diberikan obat. Bayi baru lahir yang mengalami hidung tersumbat akan mungkin membuat orangtuanya panik. Untuk itulah, penting sekali mengetahui cara mengatasi hidung tersumbat bayi baru lahir.

Transisi kelahiran bayi dari rahim hingga lahir membuat tubuhnya masih menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru. Hanya saja sistem kekebalan tubuh yang masih begitu rapuh, seringkali membuat masa penyesuaian ini terkendala. Akibatnya tubuh bayi yang belum terbiasa dengan suhu luar membuat tubuhnya mudah terserang penyakit.

Ketika masalah datang dan menghampiri bayi baru lahir anda. Hal ini tentu akan membuat anda panik dan bingung. Betapa tidak, pasalnya bayi baru lahir belum mampu diberikan obat atau diberikan tindakan lain. Hal ini akan dapat berpengaruh terhadap kesehatannya. Jangankah diberikan obat, pada saat anda hendak memberikan mereka balsem atau minyak angin saja. Hal ini akan mungkin membuat ibu bingung saat hendak melakukannya.

Orangtua mana yang tega melihat anak bayinya sakit? Untuk itulah, pada saat si kecil kepayahan menahan gejala dari penyakitnya anda akan mungkin semakin panik. Bayi baru lahir masih belum bisa berkomunikasi. Hal ini pula yang memungkinkan penyakit yang dialami oleh bayi baru lahir sulit dideteksi oleh orangtuanya. Mereka hanya mampu menangis dan menangis saat merasakan kondisi yang tidak nyaman yang menyerang tubuhnya. Tak pelak, hal ini akan seringkali membuat orangtua kesulitan memahami keluhan yang dirasakan oleh si kecil. Termasuk saat ia menderita pilek.

Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Baru Lahir

Sebelum memasuki kondisi pilek, biasanya ada beberpa gejala yang menyerang dari kondisi ini. Umumnya gejala dari pilek akan sulit dideteksi bila si penderita tidak mengeluhkan tanda-tandanya. Hal inilah yang umumnya terjadi pada bayi yang seringkali menuai kebingungan pada orangtua. Beberapa tanda sebelum sakit pilek menyerang seringkali muncul, salah satunya adalah hidung tersumbat.

Jangankan untuk anak-anak, untuk orang dewasa saja kondisi hidung tersumbat seringkali menjadi masalah yang menjengkelkan. Pada saat mengalami kondisi ini, saluran hidung akan terasa berat sehingga udara tidak dapat keluar masuk dengan baik. Hal ini terjadi karena lendir yang menumpuk pada bagian saluran pernafasan atau menghalangi lubang pernapasan. Akibatnya hidung tersumbat menjadi salah satu gejala pilek yang cukup menjengkelkan.

Pada saat kondisi ini terjadi dengan anak balita, anda mungkin tidak akan terlalu kesulitan menangani masalah ini. Cukup dengan mengoleskan balsem atau minyak angin ke bagian dadanya maka si kecil akan merasa lebih baik. Selain itu, cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan obat pilek dengan dosis yang cukup.

Hanya saja, berbeda dengan bayi baru lahir. Usia yang masih begitu dini, membuat mereka belum bisa menerima obat-obatan. Padahal, bayi baru lahir yang mengalami keluhan dengan kesehatannya bisa membuat si kecil menjadi rewel, susah tidur dan kesulitan bernapas. Hidung tersumbat umumnya merupakan gejala awal penyakit influenza.

Hidung bayi baru lahir umumnya bisa mengeluarkan lendir saat kondisi ini terjadi. Dan biasanya keluar masuknya udara melalui hidung membuat lendir tersebut menjadi kering dan menyumbat bagian saluran pernapasannya.

Akan tetapi, tak perlu khawatir ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi baru lahir. Beberapa hal tersebut diantaranya:

Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Baru Lahir

Penguapan Alami

Cara pertama yang dapat dilakukan dalam mengatasi hidung tersumbat pada bayi baru lahir adalah dengan penguapan alami. Penguapan alami atau yang juga disebut dengan inhalasi adalah cara sederhana untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Cara inipun bisa anda lakukan dirumah dengan mudah. Dengan begini maka orangtua tak perlu lagi repot-repot membawa si kecil ke dokter sebab dengan cara yang alami pun bisa diatasi.

Caranya, adalah dengan memberikan uap dari air panas yang telah ditetesi dengan menggunakan minyak telon dalam sebuah ember kecil. Lalu, letakan campuran ini dekat dengan tempat tidur bayi. Biarkan si buah hati menghirup uap aroma terapi dari campuran minyak telon yang menenangkan. Hal ini sedikitnya akan dapat melegakkan pernapasan bayi serta mengurangi hidung tersumbat.

Gunakan Nasal Raspirator

Cara lain untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi adalah dengan menggunakan nasal raspirator. Alat ini adalah alat khusus penghisap lendir bayi yang bisa anda dapatkan di apotik atau toko obat. Cara penggunaannya bisa disimak dibawah ini:

  • Bersihkan terlebih dahulu bagian yang akan dimasukkan kehidung bayi dengan cara disterilkan. Cara penyetrilan yang dapat dilakukan adalah dengan mengoleskan alkolol 70%.
  • Lalu tenangkan bayi anda sebelum melakukan penyedotan. Upayakan bayi dalam keadaan tenang dan masukkan alat dengan tepat.
  • Masukkan alat ke bagian hidung bayi, namun tidak terlalu dalam. Ketika melakukan penyedotan, ujung karet berfungsi untuk menyedot harus dalam keadaan ditekan.
  • Lepaskan dengan perlahan saat sudah didalam hidung dan lakukan dengan lembut.

Hangatkan Tubuh Si Kecil

Jangan pernah lupa akan hal yang satu ini, berikan selalu kehangatan pada tubuh bayi. Hal ini penting sekali guna meredakan hidung tersumbat yang dialami oleh bayi. Kemudian anda pun bisa memandikan si kecil dengan menggunakan air hangat. Seorang pakar menyatakan bahwa air hangat memiliki sifat menenangkan. Ketika tubuh bayi tenang maka ia akan merasa lebih nyaman.

Hindarkan Menggunakan AC

Penggunaan mesin pendingin ruangan akan memperparah kondisi hidung tersumbat pada bayi. Untuk itu, saat si kecil menderita kondisi ini hindarkan ia dari penggunaan AC. Sebaliknya, biarkan suhu ruangan si kecil tetap hangat. Sebelum tidur sebaiknya oleskan miyak telon pada bagian perut dan punggungnya. Hal ini akan dapat memberikan sensasi yang melegakan untuknya.

Memijat Hidung Bayi

Salah satu cara lain dalam mengatasi hidung tersumbat pada bayi baru lahir adalah dengan memijat hidungnya. Lakukan cara ini dengan perlahan dan lembut sambil membersihkan lendir pada hidung bayi dengan menggunakan cotton bud. Pijatan lembut pada hidung bayi akan dapat membantu melegakan bagian pernapasannya.

Berikan Balsem Pelega Pernapasan

Anda dapat mengoleskan balsem pelega pernapasan pada tubuh si kecil. Saat ini sudah ada banyak jenis balsem pelega pernapasan yang khusus untuk bayi. Oleskan balsem ini pada bagian dada, leher dan punggung bayi dengan sedikit memberikan pijatan. Penggunaan balsem pelega perrnapasan akan memberikan rasa hangat. Uap yang ditimbulkan dari aroma balsem pun akan dapat melonggarkan hidung tersumbat pada bayi baru lahir.

Gunakan Nebulizer

Cara terkahir yang dapat dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi baru lahir adalah dengan menggunakan nebulizer. Alat ini adalah alat yang memungkinkan ruangan untuk tetap lembab. Caranya, silahkan siapkan air panas dalam mangkuk dan teteskan minyak kayu putih. Diamkan di sudut ruangan yang merupakan wilayah pertukaran udara. Selain berfungsi membersihkan udara yang sarat virus flu. Uap dari kayu putih akan membantu si kecil bernafas dengan lega.

Demikian beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi baru lahir. Smeoga bermanfaat!