Home » Perlengkapan Bayi » Memilih Mainan Anak Usia 6 Bulan Sampai 1 Tahun

Memilih Mainan Anak Usia 6 Bulan Sampai 1 Tahun

Memilih Mainan Anak Usia 6 Bulan Sampai 1 Tahun – Bermain adalah kegiatan yang penting untuk si kecil. Bermain bukan hanya berguna untuk mengisi waktu anak-anak. Akan tetapi, kegiatan yang satu ini pun bermanfaat untuk melatih dan membantu perkembangan fisik dan mentalnya dengan lebih baik.

Pada usia 6 bulan hingga 1 tahun ada begitu banyak perkembangan yang terjadi dengan tubuh si kecil. Kini kemampuan dan pengetahuan pada bayi sudah semakin meningkat dengan cepat. Kondisi inilah yang membuat ibu dituntut untuk dapat mengoptimalkan segala perkembangannya dengan lebih baik. Penting untuk diketahui, perkembangan emas atau golden age yang terjadi pada si kecil tidak berlangsung lama. Sehingga manfaatkan waktu emas ini untuk terus mengasah kemampuan si kecil dengan lebih optimal.

Anak-anak berusia 6 bulan hingga 1 tahun sudah mulai senang hilir mudik kesana kemari. Perhatian mereka pada masa ini pun sudah mulai fokus pada satu objek. Sehingga ketika mereka mendapati sesuatu yang menarik maka dengan segera mereka akan terus memperhatikannya.

Bukan hanya itu, anak-anak bayi pada usia inipun sudah senang bermain dan mengeksplor sekelilingnya. Mainan yang terlalu spesifik seperti boneka yang dapat bernyanyi atau berbicara ketika dipencet. Terkadang kurang mendukung aktivitas dan imajinasi si buah hati. Pada masa ini, bayi lebih memerlukan mainan yang dapat memancing kemampuan berpikirnya dengan lebih baik.

Oleh karenanya, pemilihan mainan yang akan diberikan pada buah hati anda ketika usia ini sebaiknya tidak dilakukan dengan sembarang. Diperlukan beberapa pertimbangan penting agar mainan bisa menjadi media bermain dan belajar untuk si buah hati.

Memilih mainan bayi usia 6 bulan sampai dengan 1 tahun bisa menjadi kesenangan tersendiri untuk orangtua. Pada usia ini, bermain adalah aktivitas yang menyenangkan yang dapat membangun fisik, mental, emosional dan sosial pada anak. Untuk itulah, orangtua perlu memastikan bayinya dapat menikmati permainan tersebut dengan memberikan mereka mainan yang sesuai dengan tahapan perkembangannya.

Memilih Mainan Anak Usia 6 Bulan Sampai 1 Tahun

Anak-anak tentu akan senang dengan segala jenis mainan sehingga tidak heran bila mereka akan merasa antusias saat diberikan berbagai jenis mainan. Hanya saja, menjadi tanggung jawab para orangtua dalam menyeleksi jenis mainan baik untuk diberikan.

Jenis permainan yang diberikan kepada si buah hati tak cukup hanya membuatnya terhibur saja. Namun media ini perlu memberikan manfaat untuk si kecil dapat belajar untuk mengeksplor sesuatu yang baru. Hal ini penting sekali karena pada masa ini anak anda membutuhkan stimulus dari luar guna membantu perkembangan motorik dan sensoriknya dengan lebih baik.

Pada usia 1 tahun seorang anak sudah sangat aktif dalam mengenal barang-barang yang ada disekelilingnya. Hal ini mungkin akan membuat si kecil berusaha untuk menggampai segala hal yang ada dirumah.

Untuk itu, sebaiknya orangtua waspada dalam menyimpan dan meletakkan peralatan rumah tangga yang berbahaya. Jangan sampai anak anda menjangkaunya dan dengan mudah mengambilnya. Dikhawatirkan ketika peralatan tersebut tajam atau memiliki masa yang berat maka resikonya akan melukai si buah hati.

Pastikan segala hal yang ada dirumah tidak dapat dijangkau oleh si kecil dan upayakan segala sesuatunya diletakan dengan aman. Selain itu terus dampingi buah hati anda dan pilih jenis permainan yang tepat. Hal ini penting guna mengoptimalkan perkembangan fisik maupun mentalnya dengan lebih baik.

Nah, untuk membantu anda memilih jenis permainan yang baik untuk bayi berusia 6 bulan sampai dengan 1 tahun. Berikut ini mari kita sama-sama menyimak ulasan tentang berbagai jenis permainan yang aman dan direkomendasikan untuk si buah hati. Seperti apa saja? Mari kita simak dibawah ini.

Memilih Mainan Anak Usia 6 Bulan Sampai 1 Tahun

Ada cukup banyak jenis permainan yang aman dan baik diberikan pada anak-anak bayi berusia 6 bulan sampai dengan satu tahun. Nah, untuk memudahkan anda menentukan jenis permainan tersebut. Ada baiknya jika kita terlebih dahulu mengenai perilaku si kecil pada usia 1 tahun.

Perilaku Anak Usia 6 Bulan Sampai 1 Tahun

Beberapa perilaku yang umum dijumpai pada anak usia ini diantaranya adalah mereka menunjukan beberapa sikap seperti:

  • Ia sudah dapat mengerti apa yang diucapkan oleh orang dewasa sehingga mereka akan tampak menyimak saat kita berbicara dengannya.
  • Seringkali si kecil pun meniru apa yang dilakukan oleh orangtuanya, seperti menyisir, berpura-pura menelpon dan masih banyak lagi.
  • Rasa ingin tahu pada benak si kecil menjadi semakin tinggi. Ia pun selalu berpindah-pindah dari satu mainan ke mainan lainnya.
  • Si kecil pun sudah mulai dapat mengantisipasi apa yang kita lakukan. Seperti ketika anda hendak memakaikan jaket, si kecil akan mengulurkan tangannya.
  • Anak pada usia ini sudah dapat mengekspresikan perasaan seperti memeluk, mencium dan menepuk.

Itulah dia beberapa perilaku yang umum dijumpai pada anak-anak. Dengan mengetahui perilaku ini akan lebih mudah untuk orangtua dapat menentukan jenis permainan apa yang dapat emnajdi stimulasi yang baik.

Jenis Permainan yang Baik Untuk Anak Usia 6 Bulan Sampai 1 Tahun

Papan Aktivitas

Permainan yang pertama yang baik diberikan pada anak usia ini adalah papan aktivitas. Untuk itu, berikan papan aktivitas yang dilengkapi dengan berbagai mainan diatasnya. Mainan-mainan ini dapat berupa sesuatu yang dapat menarik perhatian dan minat si kecil. Sehingga demikian, mereka akan tertarik untuk meniup, menjatuhkan dan membuka serta meremasnya.

Aktivitas semacam ini akan dapat melatih koordinasi tangan dan fungsi sensor motorik bayi. Untuk itu, pastikan jika papan aktivitas ini tidak mengandung sesuatu yang akan membahayakan si kecil. Seperti misalkan pita yang menjerat bagian-bagian kecil yang akan mungkin tertelan oleh si buah hati.

Bola

Bola masih dapat menjadi permaian yang baik untuk diberikan pada anak berusia 6 bulan sampai dengan 1 tahun. Selain itu, ada berbagai macam cara menarik yang dapat dilakukan untuk memainkan bola. Tentunya permainan ini akan menarik untuk si buah hati. Salah satuya adalah dengan menggelindingkan bola kemana saja. Bila si kecil tertarik memainkannya ia akan dengan sektika mengikuti bola dan menangkapnya.

Kayu atau Balok

Ajari si kecil untuk menyusun balok-balok dengan perlahan kemudian menjatuhkannya kembali. Ajak pula ia untuk menyimpan kembali balok yang sudah selesai dimainkannya dalam keranjang. Hal ini akan mengajarkan ia bermain dengan mandiri. Selain itu, permainan yang satu ini akan baik untuk melatih imajinasinya.

Buku

Pada usia ini, mengajak si kecil membaca bersama bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menghibur. Untuk itu, tidak ada salahnya jika anda membacakan dongeng untuk mereka. Hal ini akan baik untuk memicu perkembangan keterampilan pada si kecil dalam berbahasa di masa depan.

Sementara itu, pilihlah buku yang kokoh yang terbuat dari kain atau bahan lain yang lebih tahan lama. Selain menghindari resiko mudah sobek, hal ini pun dapat dilakukan untuk menghindari kemungkinan si kecil memakan serpihan kertasnya.

Itulah dia beberapa jenis permainan yang baik dipilih untuk anak berusia 6 bulan sampai dengan 1 tahun. Memberikan stimulasi yang baik lewat mainan yang tepat akan dapat mendukung perkembangan dan pertumbuhan bayi dengan lebih baik.