Home » Bayi Baru Lahir » Membangun Ikatan Ibu dengan Bayi Baru Lahir

Membangun Ikatan Ibu dengan Bayi Baru Lahir

Tips Membangun Ikatan Ibu dengan Bayi Baru Lahir – Pada dasarnya hubungan ibu dengan anaknya akan terjalin dengan kuat. Hanya saja, tak sedikit ibu yang mengalami baby blues setelah kelahiran bayinya. Untuk itu, penting menyimak tips membangun ikatan ibu dengan bayi baru lahir. 

Ada sebuah pepatah mengatakan bahwa kasih ibu adala kasih yang sepanjang masa. Hal ini tentu menggambarkan betapa kasih ibu terhadap anak-anaknya adalah jalinan yang tulus. Sejak si kecil dilahirkan ke dunia sampai dengan ia tumbuh besar dan memiliki keluarga, kasih ibu tidak pernah putus. Ya, setidaknya beginilah gambaran yang umum menjelaskan bagaimana besarnya kasih ibu terhadap anak-anaknya.

Namun sebenarnya tidak sedikit orangtua atau ibu diluar sana yang tengah mengalami gundah gulana akan perasaannya terhadap bayi mereka yang baru dilahirkan. Ada beberapa ibu yang baru saja melahirkan buah hatinya merasakan perasaan yang lain. Bahkan tak sedikit diantara mereka yang masih kebingungan setelah menyelesaikan proses kelahiran.

Tips Membangun Ikatan Ibu dengan Bayi Baru Lahir

Saat si kecil diberikan dalam pelukannya dan bersandar diatas dadanya. Ada beberapa ibu yang tidak merasakan getaran atau ikatan bersama buah cintanya. Namun demikian banyak pula diantara mereka yang langsung sumringah dan dihiasi kebahagiaan yang mendalam setelah melahirkan buah cintanya ke dunia.

Membangun Ikatan Ibu dengan Bayi Baru Lahir

Ya, meskipun pada dasarnya ikatan besar yang terjalin antara ibu dan anak selalu berjalan dengan alami. Akan tetapi, terkadang hal ini pun perlu dipupuk sejak dini. Sebab tidak sedikit orangtua yang membutuhkan dukungan untuk selalu mencintai buah hatinya.

Memupuk rasa cinta dan kasih sayang terhadap buah hati kita bisa menjadi hal yang penting. Sebab dari sini orangtua akan semakin menyadari dan mensyukuri kehadiran si buah hati dalam kehidupannya. Dengan demikian, rasa sayang dan perhatian terhadap malaikat kecilnya akan semakin besar. Rasa cinta dan sayang besar terhadap seorang anak akan dapat membantu tumbuh kembangnya berjalan dengan baik tanpa halangan.

Lantas apakah hal tersebut wajar? Apakah ibu yang mengalami perasaan bingung dan tidak cinta pada bayi baru lahir dikategorikan sebagai hal yang wajar? Mari kita simak dan cari tahu terlebih dahulu mengapa kondisi tersebut bisa terjadi.

Mengenal Baby Blues Syndrome

Pasca melahirkan tentunya akan muncul perasaan pada diri seorang ibu dengan perasaan sumringah dan senang sekaligus haru juga lega. Sebab perjuangan selama 9 bulan dalam mengandung si buah hati serta proses melahirkan yang cukup menegangkan akhir dapat dilalui dengan selamat. Kini si buah hati yang dulu menghuni perut anda sudah dapat menemani hari-hari ibu. Namun beberapa hari kemudian, perasaan senang tersebut justru berubah menjadi perasaan yang peuh dengan kesedihan dan rasa khawatir yang tidak mau sirna. Sebagian kondisi ini adalah hal yang umum dialami oleh hampir 50% ibu hamil setelah proses kelahirannya. Kondisi ini dinamakan dengan Baby Blues Syndrome.

Baby Blues Syndorme atau yang juga dikenal dengan Postpartum Distress Syndrome adalah sebuah kondisi yang muncul akibat perasaan gunda gulana atau adanya perasaan sedih yang dialami oleh seorang ibu setelah proses kelahiran.

Kondisi ini biasanya dapat terjadi selama 14 hari pertama setelah proses kelahiran dan umumnya akan dapat memburuk pada 3 atau 4 hari pasca melahirkan. Selain itu, tidak sedikit ibu lain yang mengalami kondisi ini lebih dari batas normal.

Nah, untuk ibu yang mengalami kondisi ini maka sebaiknya segera cari terapis untuk mengkonsultasikan masalah ini. Saran dan nasihat yang diberikan oleh terapis akan menjadi alternatif atau solusi yang baik untuk ibu yang mengalami baby blues syndrome. Hal tersebut dapat dijadikan sebagai tips untuk membangun ikatan ibu dengan bayi baru lahir anda.

Akan tetapi, sebelum anda menjumpai terapis tidak ada salahnya meredekan kondisi baby blue syndrome yang anda alami dengan melakukan beberapa hal sederhana ini dirumah.

Tips Membangun Ikatan Ibu dengan Bayi Baru Lahir

Perasaan-perasaan diatas yang ibu rasakan setelah proses melahirkan selesai adalah hal yang wajar. Seringkali ibu yang baru saja melahirkan mengalami perasaan khawatir akan kesiapannya menjadi seorang ibu atau mengurus bayi mereka.

Namun demikian serangkaian emosi yang anda alami beberapa hari kebelakang ini adalah hal yang wajar karena bayi anda terlahir tanpa buku manual, artinya ayah dan bunda perlu berusaha untuk memahami sendiri bagaimana mengurus dan membesarkan buah hati anda.

Berikut ini adalah beberapa tips membangun ikatan ibu dengan bayi baru lahir:

Menikmati Setiap Momen Bersama Si Buah Hati

Beberapa saat setelah kelahiran anda akan banyak belajar tentang apa yang disukai oleh buah hati anda dan apa yang tidak disukainya. Pada tahap awal, anda mungkin meemukan perasaan yang aneh dan sangat melelahkan untuk terus mengurus keperluan si kecil. Apalagi mempersiapkan segala halnya, seperti jadwal tidurnya, mengikuti pola tidur si kecil dan lain sebagainya.

Akan tetapi, jangan pernah ambil pusing kegiatan ini. Apalagi memikirkan betapa masih banyak hal yang harus anda lakukan dengannya. Cobalah untuk lebih rileks dan menikmati segala momen yang anda lakukan bersamanya.

Ketika hal tersebut dinikmati maka anda akan merasa lebih tenang dan nyaman. Apalagi saat si kecil mulai tertidur dan anda memperhatikan mereka. Maka hal ini akan semakin membuat anda jatuh cinta dengannya.

Ajak Si Kecil Bernyanyi Atau Mengobrol

Cara lain dalam membangun ikatan ibu dengan bayi baru lahir yang dapat dilakukan adalah dengan mengajak mereka mengobrol atau bernyanyi. Tidak perlu melulu memberikan lagu anak-anak karena umumnya si kecil sendiri belum paham dengan apa yang anda sampaikan.

Selain itu, jangan kikuk saat mengajak si kecil berbicara. Anggap saja ia adalah teman anda dimana anda bisa mencurahkan banyak hal padanya. Meskipun si kecil tidak bereaksi namun ini akan menjadi caranya untuk mulai mengenali suara anda sebagai ibunya.

Lakukan Kontak Skin to Skin

Perasaan bahagia yang belum muncul dalam hati anda untuk si kecil bisa jadi dipengaruhi karena anda belum memeluk si kecil dengan erat. Atau bisa jadi selama ini anda sering memegang mereka dalam pangkuan namun tidak pernah benar-benar merasakan momen sentuhan.

Nah, untuk itu maka manfaatkan kegiatan memberikan ASI pada buah hati anda untuk mencoba mendapatkan momen kebersamaan dan sentuhan yang hangat. Tatap mata si kecil dan resapi ia adalah buah cinta anda yang telah anda perjuangkan selama 9 bulan ini.

Sadari Ia Adalah Buah Hati Anda

Terkadang perasaan ini muncul ketika anda merasa bayi anda akan baik-baik saja meski tanpa kehadiran anda. Namun ikatan ibu dan anak adalah ikatan yang begitu kuat sehingga si kecil akan merasa kehilangan saat anda tidak ada bersama mereka. Sadari kembali bahwa si kecil adalah buah hati anda, bukti kasih anda dengan pasangan. Ia tentu akan sangat membutuhkan anda berada disampingnya.

Untuk itu, buang semua jauh-jauh ketakutan anda dan rasa khawatir yang selama ini membendungi benak anda. Rasa cinta dan kasih sayang anda yang besar akan membuat anda perlahan mampu menjadi ibu yang baik untuk mengurus mereka.

Demikian beberapa hal yang dapat disampaikan dari tips membangun ikatan ibu dengan bayi baru lahir. Semoga bermanfaat dan segera aplikasikan dirumah bila anda adalah salah satu orang yang mengalami kondisi ini.