Home » Perawatan Bayi » Memahami Bahasa Tubuh Bayi dan Artinya

Memahami Bahasa Tubuh Bayi dan Artinya

Sebagai cara untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang ada di sekitarnya, bayi melakukannya dengan bahasa tubuh. Oleh karena itu, penting mengetahui atau memahami bahasa tubuh bayi dan artinya.

Ketika menginginkan sesuatu atau sebagai cara berkomunikasi dengan orang tua atau orang-orang yang ada di sekitarnya bayi biasanya menggunakan isyarat atau bahasa tubuh. Akan tetapi, terkadang orang tua tidak paham dan tidak mengerti akan arti bahasa tubuh yang dilakukan oleh bayinya. Sehingga faktor ini menjadi salah satu penyebab baby blues pada ibu baru.

Memahami arti bahasa tubuh bayi sangat penting. Ini dilakukan untuk membuat bayi merasa nyaman dan aman. Berdasarkan buku yang berjudul The Secret of Baby Whisperer , menuliskan bahwa bayi akan mengungkapkan kondisi dan apa yang dibutuhkan sebelum ia menangis. Intinya bayi akan memberikan tanda, baik berupa gerakan kaki, tangan atau kepala. Ketika orang tua atau orang-orang yang berada di sekitarnya tidak paham, maka kemungkinan besar bayi akan menangis.

Bahasa tubuh bayi

Dengan dukungan dari penelitian, dapat membantu setiap orang tua dalam mengartikan atau memahami bahasa tubuh bayinya. Berikut ini beberapa bahasa tubuh bayi dan artinya yang bisa anda pahami.

Bahasa Tubuh Bayi dan Artinya

Bayi Meringis, Gelisah dan Mengangkat Perut

Ketika bayi anda meringis dan gelisah, bahkan hingga mengangkat perutnya bisa diartikan jika ia mengalami masalah pada perutya. Tangisan sebagai tanda sakit pada bayi memiliki perbedaan. Bayi biasanya akan menangis dengan suara yang melengking, berhenti sebentar kemudian menangis lagi. Sebagai langkah penanganan jika benar bayi memiliki masalah dengan perutnya, maka anda bisa meredakan tangisan bayi dengan memberikan pelukan yang hangat. Jika tidak anda bisa membuat perutnya menjadi lebih nyaman seperti mengoleskan minyak telon pada perut bayi. Apabila bayi anda tetap menangis, segera mungkin bawa ia ke dokter untuk diperiksa keadaannya.

Melengkungkan Punggung dan Menjulurkan Tangan

Pada saat bayi anda melengkungkan punggungnya dan ia menjulurkan tangannya sambil menangis, bahasa tubuh seperti ini memiliki arti bahwa ia sedang merasa sedih dan sendiri. Selain itu, keadaan ini bisa menjadi tanda bahwa ia sedang merasa tidak enak atau sakit badan. Ketika bayi anda menangis dan melengkungkan punggungnya setelah selesai makan, itu tandanya bahwa ia mengalami refluks atau kembalinya isi lambung.

Untuk mengatasi keadaan seperti ini anda bisa menenangkan bayi anda semampu yang anda bisa. Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menenangkan bayi dalam keadaan ini. Anda bisa menenangkan bayi anda dengan cara yang tepat seperti membuat popoknya tetap kering, meredakan rasa sakitnya, serta lain sebagainya.

Kaki Bayi Menendang

Pada saat kaki bayi anda bergerak seolah-olah menendang seperti ia ingin berlari pada saat menemukan suasana dan orang baru, itu artinya ia sedang membutuhkan perhatian dari orang-orang yang ada di sekitarnya.

Untuk menanggapi keadaan ini anda bisa menunjukan sikap yang antusias, sehingga tendangan yang dilakukan oleh bayi bisa menjadi salah satu cara dalam menguatkan otot tungkai. Untuk membuat bayi menjadi lebih antusias, anda bisa memberikannya sesuatu atau benda. Terus tatap wajah bayi anda seolah-olah anda mengerti atau paham apa yang sedang bayi anda rasa dan pikirkan.

Menangis Ketika Mendapatkan Gangguan Kecil

Ketika bayi anda cenderung lebih rewel, dimana ia menangis ketika mendapatkan gangguan kecil saja, maka itu artinya bayi anda sedang kelelahan. Sebagai langkah untuk menenangkan bayi menangis yaitu dengan membuatnya merasa nyaman. Dimana anda bisa mengganti pakaiannya dengan pakaian yang kering dan bersih. Sebaiknya hindari suasana atau keadaan yang bising dan terlalu panas atau dingin. Anda dapat memberikan usapan lembut pada punggung si kecil. Sehingga dengan begitu, setelah si kecil tertidur dan terbangun ia akan kembali riang dan tidak akan merasakan kelelahan seperti sebelumnya.

Mengusap Wajah dan Mata

Bayi anda mengusap wajah dan matanya, itu artinya ia sedang berusaha untuk mencoba memikat hati orang-orang yang ada di sekitarnya untuk melakukan permainan ciluk ba. Sedangkan jika keadaan ini terjadi pada waktu tidurnya, bahkan disertai dengan keadaan menangis itu artinya ia ingin tidur.

Langkah yang bisa anda lakukan untuk menanggapi keadaan bayi seperti ini yaitu dengan membaca keadaan terlebih dahulu. Apabila keadaan ini terjadi bukan pada jam atau waktunya ia tidur, maka itu tandanya si kecil sedang ingin bermain. Anda bisa mengajaknya bermain dan membuat ia gembira. Cara lain yang bisa anda lakukan yaitu dengan mengajaknya bernyanyi dan membacakan cerita sehingga ia akan terlelap tidur.

Memalingkan Wajah

Ketika bayi anda memalingkan wajah, maka itu artinya ia merasa bosan. Ia mungkin saja merasa tidak senang karena banyaknya rangsangan yang diberikan oleh orang-orang yang ada di sekitarnya. Atau ia tidak tertarik akan sesuatu yang anda tawarkan.

Memilin atau Memegang Rambut

Bayi yang memegang atau memilin rambut itu tandanya ia sedang merasa gelisah. Gerakan ini ia lakukan sebagai cara untuk membuat dirinya merasa nyaman. Gerakan ini dapat membantu dalam menenangkan system saraf pusat.

Mengernyitkan Hidung

Bayi mengernyitkan hidung tandanya bahwa ia tidak suka terhadap benda atau sesuatu yang diberikan kepadanya, seperti misalkan makanan atau lain sebagainya. Jangan paksa memberikannya makanan jika si kecil menunjukan tanda seperti ini.

Matanya Terlihat Juling

Ketika mata si kecil terlihat juling, bahkan sambil mengernyitkan dahi dan membuka mulutnya itu artinya ia sedang marah. Anda bisa menenangkannya ketika ia dalam kondisi seperti ini.

Tangan Memegang Telinga

Ketika si kecil memegang telinga berarti itu tandanya ada sesuatu yang sedang ia rasakan, seperti halnya rasa sakit. Ketika itu ia merasa sulit dalam mengungkapkan perasaan dan melakukan sesuatu, seperti misalkan perutnya sedang kembung atau ia ingin bersendawa. Jika ia ingin bersendawa anda bisa mencoba posisi yang dapat membuatnya bersendawa.

Merentangkan Tangan Ke Samping

Merentangkan tangan atau lengannya ke samping itu tandanya si kecil sedang merasa bahagia. Keadaannya sedang santai dan ia sedang memperhatikan keadaan di sekitarnya.

Meringkuk

Jika bayi meringkuk maka itu tandanya ia sedang bersedih. Ia membutuhkan hiburan untuk membuatnya merasa gembira. Apabila ia cenderung rewel, maka itu artinya ia sedang merasa lelah. Anda bisa mencoba untuk menenangkan keadaan bayi anda.

Tangan Diangkat Ke Mulut

Ketika si kecil lapar ia mungkin akan mengangkat tangannya ke mulut. Bayi umumnya akan mudah merasa lapar, terlebih lagi jika asupannya hanyalah ASI. Untuk mengatasinya, anda bisa segera memberikannya ASI.

Demikian beberapa bahasa tubuh bayi dan artinya. Setelah mengetahui beberapa tanda di atas, bukan menjadi alasan bagi anda untuk tidak memahami bahasa tubuh atau isyarat yang dilakukan oleh bayi anda. Bacalah dan artikan gerakan tubuh bayi dengan baik dan seksama, untuk melakukannya dibutuhkan kesabaran.