Home » Makanan Bayi » Manfaat Ubi Ungu Bagi Bayi dan Cara Mengolah Untuk MPASI

Manfaat Ubi Ungu Bagi Bayi dan Cara Mengolah Untuk MPASI

Salah satu bahan makanan yang dapat dijadikan sebagai makanan pendamping ASI atau MPASI bayi yaitu ubi ungu. Ubi ungu yang diolah dengan langkah yang tepat akan menghasilkan makanan bayi yang sehat, serta mendatangkan manfaat bagi bayi. Ketahui manfaat ubi ungu bagi bayi dan cara mengolahnya untuk MPASI bayi.

Apakah saat ini buah hati anda menginjak usia 6 bulan? Selain perkembangan bayi yang semakin menakjubkan, tingkah lucunya yang semakin menggemaskan, tentunya anda sedang menikmati momen mengenalkan makanan pendamping ASI.

Pada usianya ini, anda harus memperhatikan kebutuhan gizi bayi anda. Selain ASI, makanan padat kini dapat diberikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. ASI yang didukung dengan makanan pendamping ASI (MPASI) selain mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayi juga berperan untuk mendukung daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Manfaat Ubi Ungu Bagi Bayi

Asupan gizi pada bayi yang cukup, serta didukung dengan sistem pencernaan yang sehat akan membentuk daya tahan tubuh anak yang optimal. Untuk itu, penting bagi ibu untuk selalu memperhatikan kandungan gizi dan nutrisi pada makanan buah hati tercinta.

Pada masa pertumbuhan dan perkembangan bayi, sel imun pada saluran pencernaan bayi sekitar 70-80 persen dibentuk. Meskipun begitu, sistem pencernaan bayi masih belum dapat bekerja dengan sempurna, akibatnya masih belum dapat berperan maksimal sebagai sistem imun. Karena seperti itu, bayi akan menjadi rentan mengalami masalah yang menganggu sistem pencernaannya. Agar sistem pencernaan dapat menyerap gizi yang terkandung dalam makanan, maka dibutuhkan sistem pencernaan yang sehat.

Pemilihan makanan bayi harus ibu perhatikan. Salah satu bahan makanan yang dianjurkan untuk MPASI bayi yaitu ubi ungu. Ubi ungu merupakan bahan makanan lokal yang baik untuk bayi karena megandung antosianin dan beta karoten. Dengan proses pengolahan yang tepat, ubi ungu akan menghasilkan makanan yang bergizi dan aman dikonsumsi sebagai makanan pendamping ASI.

Manfaat Ubi Ungu Bagi Bayi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di dalam ubi ungu terkandung antisionin. Dimana kandungan ini dapat berperan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, racun dan sebagai anti bakteri patogen. Ubi ungu merupakan bahan makanan yang tergolong karbohidrat kompleks, serta tinggi akan serat sehingga tidak akan menyebabkan gula darah meningkat.

Bagi anda yang ingin mengolah ubi ungu sebagai makanan pendamping bayi, anda dapat menambahkan susu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Susu adalah sumber protein dan rasanya pun begitu lezat.

MPASI Berbahan Dasar Ubi Ungu

Untuk mendapatkan makanan pendamping ASI berbahan dasar ubi ungu, anda dapat mengolahnya sendiri di rumah. Ubi ungu dapat anda olah menjadi bubur ubi ungu ataupun puree ubi ungu. Proses atau cara pengolahan yang tepat akan menjadikan makanan pendamping berbahan dasar ubi ungu ini lebih sehat dan aman untuk si kecil. Berikut ini resep dan cara membuat MPASI berbahan dasar ubi ungu.

Resep dan Cara Membuat Bubur Ubi Ungu

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 100 gram ubi ungu
  • 100 ml ASI atau susu formula
  • Air
  • 50 gram wortel

Cara Membuat Bubur Ubi Ungu

  1. Langkah pertama yang dapat anda lakukan yaitu membersihkan wortel yang sudah anda siapkan terlebih dahulu. Jika wortel sudah bersih anda dapat mengirisnya.
  2. Tepung ubi ungu dilarutkan dengan air. Kemudian masak sambil diaduk-aduk.
  3. Masukan wortel yang sudah anda iris tadi, kemudian masak sampai wortel menjadi lunak.
  4. Jika wortel sudah lunak, anda dapat mengangkat campuran bahan tadi. Kemudian haluskan dengan menggunakan blender.
  5. Sambil diaduk-aduk tambahkan susu, kemudian angkat dan sajikan untuk buah hati tercinta.

Resep Puree Ubi Ungu

Bahan Bahan Puree Ubi Ungu

  • 25 gram ubi ungu
  • 100 ml ASI
  • Air secukupnya
  • 25 gram bayam merah
  • 150 ml kaldu ayam

Cara Membuat Puree Ubi Ungu

  1. Langkah pertama yaitu, kupas ubi ungu yang sudah anda siapkan. Kemudian cuci ubi ungu hingga benar-benar bersih.
  2. Jika sudah bersih, potong ubi ungu membentuk dadu.
  3. Siapkan alat untuk mengukus. Kemudian kukus ubi ungu hingga lunak. Lalu sisihkan.
  4. Siangi bayam merah yang sudah anda siapkan. Lalu cuci bayam hingga bersih dan cincang sampai benar-benar halus.
  5. Rebus bayam dengan menggunakan kaldu selama kurang lebih 3 menit atau hingga bayam matang dan lunak.
  6. Campurkan ubi yang sudah dikukus bersama dengan bayam merah yang sudah direbus.
  7. Siapkan blender dan masukan campuran ubi dengan bayam tersebut. Blender bahan bahan sampai halus.
  8. Jika sudah halus, angkat dan tuangkan ke dalam mangkuk. Lalu tambahkan ASI atau susu formula. Aduk sampai merata, lalu sajikan.

Dalam membuat makanan bayi beberapa hal perlu anda perhatikan. Salah satunya yaitu dalam memilih bahan makanan, serta kebersihan bahan makanan itu sendiri. Selain bahan makanan, peralatan makan yang akan digunakan untuk mengolah makanan bayi harus anda perhatikan. Pastikan peralatan makan bersih dan higenis. Sebelum mengolah atau menggunakan peralatan makan, pastikan cuci terlebih dahulu hingga benar-benar bersih. Sistem kekebalan tubuh bayi masih lemah sehingga dapat dengan mudah terinfeksi oleh kuman atau bakteri.