Home » ASI (Air Susu Ibu) » Manfaat Kolostrum Untuk Bayi Baru Lahir

Manfaat Kolostrum Untuk Bayi Baru Lahir

Kolostrum merupakan air susu kental yang keluar pertama kali setelah melahirkan dengan warna kekuningan-kuningan, dan manfaat kolostrum untuk bayi sangat besar.

Mendengar tangisan bayi saat lahir menjadi momen yang paling membahagiakan untuk setiap orang tua. Tangisannya yang begitu polos merupakan senyum yang mengharukan. Jeritan dari tangis si kecil merupakan awal perjalanan hidunya. Setelah si kecil dinyatakan lahir dengan keadaan normal, maka saatnya ibu memenuhi kewajiban, yakni memberikan hak kepada buah hatinya. Dimana salah satu hak bayi yang wajib diberikan oleh ibunya yaitu mendapatkan asupan makanan dari ASI. Ibu wajib memberikan ASI eksklusif pada bayi minimal hingga usia bayi 6 bulan dan akan lebih baik jika mencapai usia 2 tahun. Menyusui akan menentukan kualitas bayi di masa yang akan datang. Apabila pengetahuan anda dalam menyusui semakin baik, maka bayi anda akan semakin berkualitas.

ASI atau air susu ibu merupakan makanan terbaik untuk bayi. Seperti yang kita ketahui semua, ASI memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun tumbuh kembang bayi. ASI merupakan asupan yang mengandung nutrisi dan gizi komplit, sehingga meskipun asupannya hanyalah ASI tetapi semua kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh bayi terpenuhi.

Manfaat kolostrum untuk bayi

Setelah bayinya lahir, ibu disarankan untuk langsung menyusui bayinya. Akan tetapi, ketika pertama kali menyusui, seringkali ibu mengeluh karena ASI-nya tetap tidak keluar. Meskipun begitu, menyusui sebaiknya tetap dilanjutkan karena ketika itu bayi akan mendapatkan kolostrum yang memiliki peran penting untuk daya tahan tubuh bayi.

ASI diawal menyusui tidak berwarna putih seperti pada umumnya, akan tetapi berwarna kekuning-kuningan yang disebut dengan kolostrum. Kolostrum sangat bermanfaat untuk bayi, dimana cairan ini mengandung antibodi untuk penghambat pertumbuhan bakteri dan virus, serta kandungan vitamin A, protein dan mineral. Dimana kolostrum penting segera untuk diberikan pada bayi ketika lahir.
Pedoman pemberian kolostrum yaitu, pada hari pertama dan hari kedua sekitar 5-10 menit per payudara. Sedangkan untuk hari ketiga selama 15 – 20 menit per payudara.

Tidak sedikit ibu yang mengetahui manfaat kolostrum untuk bayi. Sehingga pemberian kolostrum ini terkadang ditunda-tunda oleh sang ibu. Oleh karena itu, agar si kecil bisa mendapatkan manfaat kolostrum, penting mengetahui berbagai manfaat kolostrum seperti berikut ini.

Manfaat Kolostrum Untuk Bayi

Membersihkan Sisa Metabolisme

Kolostrum mengandung banyak nutrisi dan protein yang baik untuk bayi. Dimana salah satu manfaat dari kolostrum yaitu untuk membersihkan sisa metabolisme ketika si kecil masih berada di dalam kandungan.

Aman Untuk Pencernaan

Bayi baru lahir memiliki sistem pencernaan yang masih belum sempurna, sehingga asupan untuk bayi baru lahir seharusnya mudah dicerna oleh sistem pencernaannya. ASI pertama yang keluar atau kolostrum aman untuk sistem pencernaan bayi. ASI pertama mengandung vitamin A dan protein dalam jumlah yang banyak. Akan tetapi, di sisi lain kolostrum mengandung lemak, karbohidrat, potasium yang rendah.

Mencegah Bayi Sakit Kuning

Di dalam kolostrum terdapat zat yang disebut dengan zat meconium. Dimana zat tersebut membantu bayi untuk buang air besar agar lebih lancar. Bilirubin akan keluar saat bayi buang air besar atau air kecil. Sehingga dengan begitu, kolostrum yang didapatkan oleh bayi akan membantu dalam membersihkan bilirubin dari dalam tubuh bayi yang mengalami penyakit kuning pada bayi setelah ia dilahirkan.

Mudah Buang Air Besar

Zat meconium yang terdapat pada kolostrum akan membuat bayi mudah buang air besar.

Usus Bayi Terlindungi

Kolostrum dapat melindungi usus bayi saat si kecil mencerna makanan, karena kolostrum mengandung zat antibodi yang disebut dengan ekretori immunoglobulin A (sIg A). Dimana zat tersebut akan berperan dalam melapisi saluran cerna bayi. Sehingga manfaatnya, kuman tidak akan mudah masuk ke dalam aliran darah bayi dan akan melindungi si kecil hingga sistem imun atau sistem kekebalan tubuhnya dapat berfungsi dengan baik.

Mencegah Penyakit

Di dalam kolostrum terdapat leukosit atau sel darah putih dalam jumlah yang cukup tinggi. Dimana sel darah putih ini bermanfaat untuk melindungi tubuh bayi dari kuman atau bakteri yang akan menyebabkan penyakit.

Mempengaruhi Pertumbuhan Sel Otak Bayi

Pada bayi yang baru lahir disebut dengan istilah ‘golden age’, periode ini terjadi 1.000 hari pertama saat kehamilan sampai bayi lahir. Pada periode ini, otak bayi mengalmi perkembangan yang sangat pesat.

Peremajaan Tulang atau Mengganti Sel Kulit Mati

Di dalam kolostrum terdapat kandungan vitamin D dan kalsium yang memiliki fungsi untuk menguatkan tulang bayi, terlebih lagi pada usia 1-6 bulan pertama kehidupannya.

Mencegah Infeksi dan Penyakit Mata

Di dalam kolostrum terkandung vitamin A. Dimana kandungan ini memiliki manfaat untuk membantu dalam mencegah berbagai infeksi atau penyakit mata pada bayi.

Melawan Sel Kanker

Salah satu kandungan yang terdapat di dalam kolostrum berperan untuk melawan kanker. Kandungan yang dimaksud yaitu lactalbumin.

Jumlah kolostrum itu sendiri sangat sedikit dibandingkan dengan ASI matang, yakni sekitar 1 sampai 3 sendok teh setiap kali bayi menyusu. Oleh karena itu, anda harus bisa memanfaatkan kolostrum sebaik-baiknya untuk buah hati anda.

Demikian manfaat kolostrum untuk bayi. Semoga bermanfaat.