Home » ASI (Air Susu Ibu) » Manfaat Keju yang Baik Untuk Tingkatkan Kualitas ASI

Manfaat Keju yang Baik Untuk Tingkatkan Kualitas ASI

Manfaat Keju yang Baik Untuk Tingkatkan Kualitas ASI – Keju dapat membantu ibu menyusui meningkatkan kualitas ASI nya dengan baik. Simak beberapa manfaat lain dari keju untuk ibu hamil.

Selama proses menyusui seorang wanita akan membutuhkan asupan makanan sehat dan bergizi untuk mendukung kualitas ASI-nya. Banyak orang suka dengan hidangan olahan susu, yakni keju. Akan tetapi, setelah ditelaah lebih dalam manfaat dari makanan yang satu ini, rupanya keju baik untuk ibu menyusui. Selain itu, masih ada banyak manfaat dari mengkonsumsi keju yang bisa didapat diantaranya kita simak dibawah ini.

Bagi ibu menyusui penting sekali untuk mereka mengetahui kualitas ASI kurang lebih tetap sama apapun makanan yang mereka pilih. Perlu diketahui, makanan yang dikonsumsi oleh ibu selama masa menyusui dapat berperan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan si kecil.

Manfaat Keju yang Baik Untuk Tingkatkan Kualitas ASI

Nah, dari sekian banyak asupan makanan olahan susu menjadi pilihan terbaik untuk dikonsumsi. Adapun salah satu olahan dari susu yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui adalah keju. Sebagian orang mungkin menjadikan keju sebagai bahan cemilan. Namun adapula sebagian lain yang justru merasa takut untuk mengkonsumsinya. Lantas apa sebenarnya keju? Apa manfaatnya untuk ibu menyusui? Nah, untuk lebih lengkapnya kita akan simak dibawah ini.

Manfaat Keju yang Baik Untuk Tingkatkan Kualitas ASI: Mengenal Keju

Hidangan keju mungkin sudah tidak lagi asing untuk masyarakat Indonesia. Betapa tidak, hampir sebagian lapisan masyarakat Indonesia menjadikan sajian ini sebagai santapan umum yang mereka konsumsi. Mulai dijadikan sebagai lapisan roti, disantap bersama dengan hidangan makanan lain dan masih banyak lagi.

Keju merupakan produk makanan yang terbuat dari susu dan memiliki ragam bentuk dan rasa sesuai dengan susu yang digunakan. Oleh karenanya, masih terdapat beberapa kandungan yang hampir mirip dengan susu pada keju sebagaimana pembutaan bahan tersebut adalah susu yang bersangkutan.

Manfaat Keju Untuk Ibu Menyusui

Asalkan tidak dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu berlebihan dan cukup guna memenuhi kebutuhan nutiris setiap harinya. Kandung yang terdapat dalam keju akan dapat memberikan ragam manfaat untuk anda. Salah satunya adalah untuk mendukung ASI. Hal ini tentu penting sekali untuk anda yang saat ini tengah menjalani proses memberikan ASI untuk si buah hati.

Seperti yang kita ketahui, pemberian ASI pada si buah hati adalah hal yang penting guna mendukung tumbuh kembang anak dengan baik. ASI pun berguna sebagai satu-satunya asupan makanan dalam tubuh si kecil. Jadi demikian, pemberian ASI pada anak haruslah diberikan dengan baik dengan kualitas yang terjaga.

Adapun manfaat yang bisa dirasakan dari mengkonsumsi keju selama proses pemberian ASI pada si kecil diantaranya adalah:

Kandungan yang Baik dalam Keju

Keju memiliki kandungan nutrisi seperti kalsium, magnesium, fosfor, B12 dan juga protein yang berlimpah. Dimana beberapa nustrisi ini tentu dibutuhkan oleh si kecil dan ibu menyusui. Dikarenakan ibu adalah sumber nutrisi satu-satunya untuk bagi, jadi selama masa menyusui bahan makanan ini boleh dikonsumsi. Bahkan selama masa kehamilan bahan ini baik untuk dinikmati agar kebutuhan nutrisi didalam tubuh dapat terpenuhi.

Untuk itu, anda boleh mengkonsumsi keju dalam membantu pemberian nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi selama proses menyusui. Terlebih lagi pada wanita hamil, dalam sehari setidaknya mereka membutuhkan sebanyak sedikitnya 300 kalori guna membentuk dan menumbuhkan bayi ditrimester kedua. Untuk itu, cobalah untuk memadukan keju dengan makanan yang lebih sehat. Seperti misalkan buah, sup, roti atau bahkan brokoli.

Selain itu, sebaiknya pilihlah keju yang mengunakan susu yang telah melalui proses pasteurisasi atau yang sebelumnya telah disterilkan. Dan hindari konsumsi keju yang menggunakan susu mentah sebagai bahan baku utamanya. Sebab untuk ibu hamil dan menyusui hal ini akan cukup beresiko.

Membantu Memenuhi Asupan Protein

Seperti yang kita ketahui, keju dibuat dengan bahan dasar susu dimana susu dikenal dengan bahan minuman yang kaya akan protein. Selain itu, keju yang diolah pada umumnya masih memiliki nutrisi yang hampir mirip dengan kandungan yang ada pada susu itu sendiri.

Jadi demikian, dengan mengkonsumsi keju secara rutin dalam porsi yang cukup maka tubuh anda akan dapat memenuhi kebutuhan protein dengan lebih baik. Olahan keju tentunya bisa anda variasikan dengan aneka jenis makanan sehat lainnya seperti yang dicontohkan diatas. Jadi demikian, sebaiknya selektiflah memilih dan membeli keju, terutama keju yang instan.

Manfaat Keju Lain Untuk Kesehatan

Selain baik untuk ibu hamil dan menyusui, konsumsi keju juga dapat memberikan manfaat lain untuk kesehatan. Diantaranya adalah:

Keju Untuk Gigi

Kandungan protein, kalsium dan fosfor yang terkandung dalam keju akan dapat bermanfaat untuk kesehatan gigi. Meski penelitian belum menunjukan 100 persen hasilnya. Akan tetapi, beberapa studi mengklaim bahwa keju seperti jenis mozarella dan cheddar akan dapat membantu dalam mencegah timbulnya kerapuhan gigi.
Oleh karenanya, tidak ada salahnya untuk mulai memasukan menu keju pada menu santapan anda. Bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup bahan in akan dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan anda.

Keju Untuk Kesehatan

Sebuah studi menunjukan bahwa seorang anak yang secara teratur mengkonsumsi keju memiliki densitas tulang yang lebih padat dibandingkan mereka yang tidak. Hal ini dikarenakan keju dapat dijadikan sebagai sumber kalsium yang lebih alami dibandingkan dengan mengkonsumsi vitamin ataupun suplemen.

Nah, selain beberapa manfaat diatas keju pun dapat bermanfaat menjadi salah satu pelindung dari kanker. Bukan hanya itu, penelitian lain mengklaim bahwa konsumsi keju akan dapat menghindarkan anda dari obesitas jika dikonsumsi cukup dan tidak berlebihan. Selain itu, manfaat dari mengkonsumsi bahan ini pun dapat dijadikan sebagai salah satu pencegah timbulnya penyakit jantung.

Keju dan Cara Sehat Menikmatinya

Seperti yang kita ketahui, ada cukup banyak jenis dan ragam keju yang kita kenali. Selain itu, keju pun pada umumnya dibuat dengan ragam bentuk dan jenis yang berbeda. Seperti keju semi-lembut, keju segar, keju biru, keju yang bagian kulitnya dapat dicuci, keju keras dan keju yang diproses.

Tentunya kandungan nutrisi dalam setiap jenis keju akan berbeda. Seperti misalkan keju cottage yang termasuk keju segar yang memiliki banyak kaein atau protein yang amat dibutuhkan oleh otot. Sementara itu beberapa keju lainnya memiliki kandungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan keju yang lainnya.

Nah, guna mendapatkan manfaat yang sehat dan baik untuk kesehatan, maka sebaiknya anda meneliti terlebih dahulu kualitas kandungan yang ada didalam keju. Setelah itu, silahkan bandingkan seberapa banyak keju yang boleh dan aman anda konsumsi. Pilihlah keju yang rendah lemak bila anda ingin menghindari kalori serta kalori yang besar dari mengkonsumsi keju.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari mengetahui manfaat keju untuk ibu menyusui. Bagaimana setelah mengetahui banyak manfaat dari bahan yang satu ini, masihkah anda merasa takut untuk mengkonsumsi keju saat menyusui?