Home » Makanan Bayi » Manfaat Beras Merah Untuk Bayi Sebagai MPASI

Manfaat Beras Merah Untuk Bayi Sebagai MPASI

Manfaat Beras Merah Untuk Bayi – Salah satu bahan makanan yang bisa dijadikan MPASI yaitu beras merah. Kandungan di dalam beras merah memiliki banyak manfaat untuk bayi.

MPASI atau makanan pendamping ASI diberikan saat usia bayi menginjak 6 bulan. Makanan pendamping ASI itu sendiri merupakan sumber nutrisi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi bayi guna menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi. Pemilihan makanan pendamping ASI untuk bayi harus dilakukan dengan tepat untuk memberikan nutrisi yang bervariasi dan bermanfaat untuk bayi. Makanan pendamping ASI yang mengandung variasi nutrisi akan membantu dalam mengoptimalkan tumbuh dan kembang si kecil. Selain itu, makanan tersebut dapat membantu dalam menunjang kesehatannya.

Salah satu bahan makanan yang dapat jadikan makanan pendamping ASI atau MPASI untuk bayi yaitu beras merah. Beras merah digembor-gemborkan jauh lebih baik dibandingkan dengan beras putih karena kandungan dan manfaatnya. Karena seperti itu, beras merah dianggap sebagai pilihan yang tepat sebagai makanan pendamping ASI.

Manfaat Beras Merah Untuk Bayi

Lantas apa saja manfaat beras merah untuk bayi? Beragam manfaat akan anda dapatkan ketika menjadikan beras merah sebagai makanan pendamping ASI seperti berikut ini.

Manfaat Beras Merah Untuk Bayi

Membantu Proses Perkembangan Dalam Pembentukan Energi

Beras merah memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan beras putih. Manfaat beras merah itu sendiri karena beragam kandungan yang ada di dalamnya seperti vitamin B1, B6, B12 yang tinggi. Karena kandungan yang cukup tinggi tersebutlah beras merah diketahui bermanfaat dan membantu perkembangan untuk pembentukan energi dalam sel tubuh bayi.

Baik Untuk Perkembangan Otak Bayi

Kulit ari yang terdapat pada beras merah mengandung suatu zat yang baik dan bermanfaat untuk perkembangan otak bayi. Bahkan mineral yang terkandung dalam beras merah memberikan manfaat yang baik sebagai asupan bayi yang dapat menunjang pertumbuhan gigi, pertumbuhan rambut, pertumbuhan tulang dan otot bayi. Serat yang terkandung di dalam beras merah yang cukup tinggi baik untuk sistem pencernaan bayi. Zat besi yang terkandung di dalamnya baik dalam memenuhi kebutuhan zat besi untuk pertumbuhan bayi.

Baik Untuk Perkembangan Jantung dan Jaringan Saraf Bayi

Beras merah mengandung zat tamin, dimana zat tersebut memiliki manfaat untuk perkembangan jantung dan jaringan saraf bayi. Selain itu, kandungan fosfor yang terdapat pada beras merah bermanfaat dalam membantu perkembangan sistem saraf rangka si kecil.

Bermanfaat Terhadap Pola Tidur

Apabila bayi mengkonsumsi beras merah sebagai makanan pendamping ASI, maka selain manfaat di atas yang akan didapatkan, konsumsi beras merah juga akan mempengaruhi pola tidur bayi. Bayi akan memiliki pola tidur yang baik dan cukup yang disebabkan karena adanya kandungan zat tepung pada beras merah. Dimana zat tepung yang terkandung pada beras merah tersebut dapat membantu dalam meningkatkan serotonin jaringan otak bayi. Serotonin itu sendiri berperan dalam mengatur tingkat kantuk sehingga akan lebih teratur.

Gula yang terkandung di dalam beras merah lebih stabil, efeknya bayi tidak akan mudah merasa lapar sehingga si kecil tidak akan bangun ketika malam hari karena rasa lapar yang akan mengganggu aktivitas tidurnya.

Itulah beberapa manfaat beras merah untuk bayi sebagai makanan pendamping ASI. Mengetahui manfaat beras merah untuk bayi yang begitu besar, sekarang anda bisa memutuskan untuk menjadikan beras merah sebagai pilihan untuk makanan pendamping ASI. Anda bisa membuat tepung beras merah untuk dijadikan sebagai persediaan di rumah. Berikut ini cara membuat tepung beras merah.

Cara Membuat Tepung Beras Merah

  • Langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu merendam tepung beras merah selama kurang lebih 24 jam atau hingga kulit beras merah pecah. Kulit yang pecah pada beras merah mangandung seng, kalsium dan zat besi yang lebih mudah untuk diserap oleh tubuh bayi.
  • Jika sudah seperti itu, anda bisa mencuci bersih beras merah dan tiriskan.
  • Untuk menghaluskan beras merah agar menjadi tepung, anda bisa memanfaatkan dry mill atau ulekan.
  • Kemudian hasil tumbukan beras merah diayak dengan menggunakan saringan plastik, sehingga dengan begitu tepung yang dihasilkan akan benar-benar halus. Untuk hasil tumbukan yang masih kasar bisa ditumbuk ulang agar lebih halus.

Persediaan tepung beras merah dapat membantu anda dalam menyiapkan makanan untuk si kecil. Dalam menyiapkan menu makanan untuk si kecil, anda bisa mencoba membuat bubur beras merah tempe. Berikut ini resep dan cara membuat bubur beras merah tempe sebagai menu makanan untuk bayi anda.

Bahan Bahan

  • 35 gram tepung beras merah
  • 50 gram tempe, kukus dan potong kotak
  • 100 ml kaldu ayam

Cara Membuat Bubur Beras Merah Tempe

  1. Pertama campurkan air kaldu yang sudah matang dengan tepung beras merah.
  2. Selanjutnya, masukan potongan tempe yang sudah dikukus. Masak hingga semua bahan-bahan matang.
  3. Kemudian anda bisa menyajikannya dalam keadaan hangat.
  4. Bagi anda yang ingin menambah variasi makanan pendamping ASI atau MPASI untuk bayi, menu yang terbuat dari beras merah bisa menjadi pilihan anda. Kandungan yang terdapat di dalam beras merah dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayi.