Home » ASI (Air Susu Ibu) » Manfaat ASI Eksklusif Untuk Bayi dan Ibu

Manfaat ASI Eksklusif Untuk Bayi dan Ibu

ASI eksklusif merupakan makanan terbaik untuk bayi. Selain itu, tidak ada lagi asupan yang lebih baik dari ASI. ASI eksklusif diproduksi secara alami oleh tubuh sang ibu yang memiliki kandungan nutrisi seperti, lemak, protein, vitamin yang bemanfaat untuk tumbuh kembang bayi. Manfaat ASI eksklusif sungguh luar biasa besar untuk bayi dan ibu.

ASI eksklusif pada dasarnya diberikan sejak pertama kali dilahirkan ke dunia hingga usianya mencapai enam bulan. Selama periode tersebut, bayi anda hanya boleh diberikan air susu ibu atau ASI saja, tidak ada makanan tambahan apapun yang diberikan. Banyak manfaat yang bisa anda dapatkan ketika anda memberikan ASI eksklusif pada buah hati anda.

Selain bayi yang akan mendapatkan manfaat ASI eksklusif, memberikan ASI eksklusif pada bayi juga bermanfaat untuk anda sebagai ibu menyusui. Lantas apa saja manfaat memberikan ASI eksklusif untuk bayi dan ibu? Berikut penjelasannya.

Manfaat Asi Eksklusif

Manfaat Asi Eksklusif Untuk Bayi

Beberapa manfaat akan bayi dapatkan apabila ia mendapatkan ASI eksklusif dari ibunya seperti berikut.

  1. Jika bayi mendapatkan ASI langsung dari ibunya, maka sistem kekebalan tubuhnya akan menjadi kuat. ASI atau air susu ibu memiliki kandungan zat antibodi, yang mana zat ini bermanfaat dan mampu membantu melawan segala macam virus dan bakteri. Kemungkinan bayi menderita penyakit seperti infeksi telinga, diare, infeksi saluran pernapasan, konstipasi, meningitis atau diabetes tipe 2 akan berkurang dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan ASI eksklusif. Tidak hanya itu, antibodi alami dari ibu juga mampu melindungi bayi dari serangan eksim, alergi dan asma.
  2. Berat badan ideal akan bayi anda dapatkan jika ia menyusu dengan ASI eksklusif. Jika buah hati anda diberi ASI eksklusif maka berat badannya akan ideal dan normal. Para ahli mengemukakan insulin air susu ibu lebih sedikit dibandingkan dengan susu formula. Yang mana insulin dapat memicu terjadinya pembentukan lemak. Air susu ibu atau ASI tidak akan memicu terjadinya pembentukan lemak pada bayi. Dengan diberikannya ASI eksklusif, maka bayi akan memiliki hormon yang berperan penting dalam mengatur nafsu makan dan metabolisme lemak lebih banyak.
  3. ASI eksklusif akan menjadikan bayi anda cerdas. Asam lemak yang terdapat pada ASI ibu berperan penting dalam kecerdasan otak bayi. Hubungan anda dan bayi anda selama proses menyusui juga memberikan kontribusi.
  4. Tulang bayi menjadi lebih kuat. Apabila bayi anda selama tiga bulan atau lebih mendapatkan ASI eksklusif maka ia akan memiliki tulang belakang dan tulang leher yang lebih kuat dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI atau kurang dari 3 bulan.
  5. Sindrom kematian mendadak pada bayi sering terjadi. Namun, dengan pemberian ASI maka resiko bayi mengalami sindrom kematian mendadak ini akan berkurang.
  6. Bayi akan mendapatkan limpahan kolesterol dari ASI. Kolesterol pada orang dewasa merupakan asupan yang tidak baik. Namun, berbeda dengan bayi, yang mana kolesterol pada bayi sangat dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembang bayi.

Manfaat Memberikan ASI Ekslusif Untuk Ibu

Selain bayi yang mendapatkan manfaatnya, ibu menyusui juga akan mendaptkan manfaat seperti berikut.

  1. Manfaat pertama yang akan anda dapatkan apabila memberikan ASI kepada bayi anda yaitu akan membuat tubuh cepat langsing. Ketika menyusui maka kalori dalam tubuh akan terbakar. Kalori yang terpakai ketika anda menyusui bisa mencapai 500 kalori dalam setiap harinya.
  2. Cara Menyusui yang benar akan membantu anda dalam menghilangkan stres. Produksi hormon oksitoksin akan terangsang saat anda menyusui, sehingga anda akan merasa lebih rileks dan nyaman.
  3. Menyusui bisa dijadikan sebagai KB alami. Pasalnya, dengan menyusui maka ovulasi akan menjadi terhambat. Jika anda ingin mendapatkan manfaatnya, maka anda bisa menyusui bayi anda kapanpun pada saat si kecil membutuhkan.
  4. Dengan menyusui maka resiko terkena kanker payudara dan ovarium menjadi rendah. Meskipun pernyataan ini beum diketahui secara pasti, tapi berdasarkan penelitian jika ibu menyusui semakin lama menyusui bayinya maka ia akan semakin terlindung dari penyakit ganas tersebut. Ini dikarenakan menyusui mampu menekan produksi hormon estrogen.
  5. Selama anda memberikan ASI eksklusif untuk bayi anda, maka anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk membeli susu formula.
  6. Menyusui dapat mengurangi terjadinya perdarahan. Saat menyusui hormon oksitoksin akan keluar dan dapat membantu rahim berkontraksi. Keadaan ini mungkin saja mampu mengurangi perdarahan rahim setelah melahirkan dan mampu mengembalikan bentuk rahim ke bentuk semula sebelum hamil dan melahirkan.
  7. Menyusui akan membuat hubungan anda dan bayi anda lebih kuat. Ketika menyusui anda secara langsung akan bersentuhan dengan kulit si kecil serta saling menatap satu sama lain. Sehingga keadaan ini akan semakin memperkuat hubungan anda dengan si kecil.

Hal yang harus diperhatikan selama anda menyusui bayi anda dengan ASI eksklusif yaitu disarankan untuk menjaga pola makan dan memperhatikan asupan makanan. Jika anda makan sembarangan, maka ditakutkan asupan akan mempengaruhi ASI dan efeknya tidak baik untuk kesehatan bayi anda.

Perbanyak konsumsi makanan sehat seperti buah, daging tanpa lemak, sayuran, susu, makanan berserat dan konsumsi banyak minum air sangat dianjurkan. Demikian beberapa manfaat ASI eksklusif.