Home » ASI (Air Susu Ibu) » Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Menyusui

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Menyusui

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Menyusui – Ibu menyusui memerlukan asupan nutrisi dua kali lebih banyak dibandingkan dengan orang normal pada umumnya. Pemenuhan nutrisi ini tentu dilakukan untuk menjaga kualitas ASI yang akan diberikan pada si kecil. Konsumsi air kelapa rupanya dapat memberikan banyak manfaat untuk ibu menyusui. Apa sajakah itu? simak dibawah ini.

Anda tentu pernah mencicipi segar dan nikmatnya air kelapa, bukan? Rasanya yang segar dan sensasi dingin yang menenangkan dari air kelapa seolah cocok menjadi pelepas dahaga yang nikmat. Apalagi iklim tropis dengan terik matahari seperti di Indonesia ini membuat air kelapa menjadi minuman yang ideal untuk pelepas dahaga. Baik diminum sewaktu baru saja dipetik dari pohonnya atau dicampur bersama dengan es batu, rasa dari minuman ini memang menyegarkan dan membuat hasrat haus dapat diatasi dengan lebih baik.

Bukan hanya menyegarkan, air kepala juga dikenal dengan buah yang memiliki khasiat yang amat baik untuk tubuh. Air kelapa dipercaya dapat digunakan sebagai media detoks alami untuk tubuh. Kandungan elektrolitnya yang ada dalam air kelapa diyakni mirip dengan cairah tubuh. Sehingga bahan ini banyak digunakan sebagai bahan dasar minuman untuk mengganti cairan tubuh.

Akan tetapi, selain beberapa manfaat diatas air kelapa juga baik dikonsumsi untuk mereka yang tengah melakukan diet. Meski dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, rasa manis pada air kelapa yang menyegarkan tidak akan membuat gemuk.

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Menyusui

Hal ini dikarenakan, tidak ada kandungan pemanis buatan yang mengandung banyak kalori dalam air kelapa. Bentuknya yang mirip dengan ciaran tubuh bahkan bisa digunakan untuk mengganti konsumsi air putih saat anda sulit menemukannya.

Jadi demikian, mulai saat ini tidak perlu khawatir menyantap air kelapa. Selain menyegarkan, bahan yang satu ini pun tentu tidak akan membuat merusak atau berbahaya untuk kesehatan anda. Untuk itulah, jangan sungkan untuk mengkonsumsi air kelapa sesuka hati anda.

Nah, kita mungkin sudah familiar dengan pertanyaan bolehkah ibu hamil mengkonsumsi air kelapa. Dan jawabannya, tentu sudah jelas bila bahan yang satu ini memang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Sementara itu bagaimana manfaatnya untuk ibu menyusui? Sebagaimana kita ketahui asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu menyusui langsung dirasakan oleh si kecil. Untuk itulah, ibu menyusui dituntut untuk selalu waspada mengkonsumsi segala hal yang masuk kedalam tubuhnya.

Jangan salah, meski banyak yang khawatir dengan mengkonsumsi air kelapa selama menyusui. Rupanya bahan sumber minuman alami ini memang memberikan banyak manfaat. Tidak heran bila bahan ini dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil. Mengkonsumsi air kelapa selama periode menyusui tidak memberikan pengaruh yang buruk. Justru sebaliknya, ada banyak manfaat dan khasiat yang bisa dirasakan. Simak dibawah ini.

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Menyusui

Konsumsi air kelapa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan juga untuk ibu menyusui. Sekedar informasi untuk anda, berikut ini manfaat air kelapa untuk ibu menyusui.

Pengganti Cairan Tubuh

Manfaat pertama yang bisa dirasakan oleh ibu menyusui dari mengkonsumsi air kelapa adalah bahan ini baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah mengganti cairan dalam tubuh. Selama menyusui ibu pasti mengalami kehilangan banyak sekali cairan tubuhnya. Mimun air putih yang banyak mungkin membantu meredakan kondisi ini. Akan tetapi, apakah banyaknya cairan yang hilang dapat diganti seutuhnya?

Nah, untuk itu bantu pemenuhan kebutuhan cairan dalam tubuh dengan konsumsi air kelapa. Kekurangan cairan akan mungkin membuat anda mengalami dehidrasi. Kondisi ini tentu akan berbahaya dan bisa mungkin menimbulkan diare.

Untuk itu, cobalah mengkonsumsi air kelapa dengan rutin guna menghindari dan mengatasi masalah anda. Kandungan elektrolit alami yang ada dalam air kelpana akan dapat bermanfaat untuk tubuh. Selain itu, manfaat alami dari bahan ini akan baik untuk si kecil.

Meningkatkan Produksi ASI

Banyak ibu hamil yang mengalami kekurangan ASI akan merasa panik. Mereka khawatir jika bayi mereka tidak mendapatkan cukup ASI. Sehingga hal ini membuat mereka melakukan segala hal untuk memperderas ASI-nya, mulai dari mempraktikan cara sederhana sampai dengan konsumsi obat-obatan. Lantas mengapa melakukan hal yang berbahaya bila masalah ini bisa diatasi dengan cara yang lebih alami?

Hentikan konsumsi obat-obatan penyubur ASI sebab konsumsi air kelapa sendiri akan dapat meningkatkan produksi ASI dengan lebih baik. Konsumsi air kelapa akan dapat membuat tubuh anda tetap terhidrasi. Dengan begini maka produksi ASI dalam payudara anda tidak akan terkendala.

Mencegah Resiko Berbagai Penyakit

Air kelapa memiliki kandungan komponen fitokimia berupa tanin. Zat tanin ini memiliki sifat anti bakteri yang mana bila dikonsumsi nantinya akan dapat berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri didalam tubuh. Karena air kelapa muda memiliki senyawa anti jamur dan anti bakteri inilah, maka minuman menyegarkan ini akan baik untuk dikonsumsi.

Minum air kelapa akan dapat melindungi anda dan si bayi dari berbagai infeksi penyakit yang berbahaya. Selain itu, mengkonsumsi air putih pun dapat meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan asam kaprat dan juga kadar asam laurat dalam tubh anda akan meningkat dengan baik.

Sumber Energi yang Alami

Ibu menyusui tetap membutuhkan energi yang banyak untuk dapat terjaga, mengurus bayinya serta mengurus rumah tangganya. Untuk itulah, segudang kewajiban yang menumpuk akan mungkin membuat energinya cepat menghilang. Untuk itulah, anda akan membutuhkan asupan energi yang banyak agar anda tetap dalam melakukan peran dan kegiatan tersebut.

Nah, untuk menambah energi yang hilang ini air kelapa dapat menjadi solusi yang baik. Air kelapa yang cenderung memiliki rasa manis saat dikonsumsi akan terasa segar untuk tubuh anda. Hal ini dikarenakan air kelapa mengandung sebanyak 2,6 persen gula dan juga mengandung protein, mineral dan juga lemak.

Perlu diketahui, sebaiknya pilihlah air kelapa yang muda untuk anda konsumsi. Hal ini dikarenakan air kelapa muda akan lebih manis dibandingkan dengan air kelapa tua. Kandungan sukrosa, glukosa dan fruktosa pada air kelapa akan dapat dibakar oleh tubuh menjadi energi. Untuk itu, mulailah memasukan air kelapa pada daftar konsumsi cairan anda secara rutin.

Memperlancar Pencernaan

Masalah sulit buang air besar dan masalah pencernaan lainnya akan cenderung menganggu dan menimbulkan perasaan yang tidak nyaman. Bila tidak segera ditangani, masalah pencernaan akan semakin kompleks akibatnya. Selain mengatasinya dengan jalan obat-obatan, air kelapa juga bisa menjadi obat untuk pencernaan.

Air kelapa dapat dijadikan sebagai stimulan untuk anda yang menderita sembelit selama proses menyusui berlangsung. Konsumsi air kelapa akan dapat membantu melancarkan saluran pencernaan sehingga kotoran yang menumpuk didalamnya akan dapat dibuang. Dengan begini, anda tidak akan membutuhkan obat-obatan pencahar untuk mengatasi masalah yang tengah anda hadapi.

Itulah dia beberapa hal yang dapat disampaikan dari manfaat air kelapa untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat dan memberikan cukup informasi yang anda butuhkan.