Home » Makanan Bayi » Kenali Makanan Penyebab Perut Kembung Pada Bayi

Kenali Makanan Penyebab Perut Kembung Pada Bayi

Penyebab perut kembung pada bayi salah satunya yaitu karena makanan. Kenali beberapa daftar makanan penyebab perut kembung pada bayi guna menghindari kondisi ini pada buah hati tercinta.

Perut kembung merupakan kondisi yang seringkali menyebabkan bayi tidak nyaman dan membuatnya rewel. Bayi belum bisa mengutarakan atau menyampaikan apa yang dirasakannya sehingga ia hanya bisa menangis.

Sebenarnya perut kembung yang terjadi pada bayi berusia 3 sampai 4 bulan adalah keadaan yang normal. Keadaan ini didukung dengan sistem pencernaan bayi yang masih belum bisa berfungsi dengan sempurna.

Makanan Penyebab Perut Kembung Pada Bayi

Seiring dengan pertambahan usia bayi, ia akan mulai diperkenalkan pada makanan padat atau makanan pendamping ASI (MPASI). Beragam jenis makanan, mulai dari rasa dan tekstur yang berbeda akan dikenalkan pada bayi. Pengenalan makanan yang berbeda pada bayi dalam setiap harinya akan membuat bayi lebih sering mengalami perut kembung.

Di dalam perut terdapat udara atau gas. Namun, keadaan akan menjadi serius apabila gas yang terdapat pada perut bayi jumlahnya berlebih atau terlalu banyak. Gas dalam jumlah yang banyak tersebut pada orang dewasa atau anak yang usianya lebih besar tidak terlalu mengkhawatirkan. Pasalnya, gas yang terperangkap dalam perut tersebut dapat dengan mudah dikeluarkan. Namun lain halnya dengan bayi, mereka tidak dapat mengeluarkan gas dalam perutnya sendiri.

Seperti Apa Tanda Perut Kembung Pada Bayi?

Tanda ketika bayi mengalami perut kembung yaitu menangis atau rewel tanpa alasan yang pasti. Ketika terdapat gas pada perutnya, perut bayi akan lebih keras, bahkan bayi akan lebih sering mengeluarkan angin.

Bayi yang mengalami perut kembung juga biasanya terlihat dari gerak tubuhnya. Karena rasa tidak nyaman pada bagian perutnya, bayi biasanya akan sering menggeliat atau melengkungkan punggung ke belakang atau mengangkat kaki mungilnya.

Ketika perut kembung terjadi pada bayi, penting untuk segera mengambil tindakan tepat guna mengatasinya. Namun, dalam menentukan cara mengatasi perut kembung pada bayi, anda harus mengetahui penyebab kondisi ini guna menghindari keadaan yang sama di lain waktu.

Penyebab Perut Kembung Pada Bayi

Selain makanan, terdapat beberapa penyebab perut kembung pada bayi. Berikut ini penyebab perut kembung pada bayi:

  • Minuman selain ASI dapat menyebabkan perut kembung pada bayi jika usianya kurang dari 6 bulan. Bayi berusia kurang dari 6 bulan tidak diperbolehkan minum air karena akan membuat bayi sulit untuk mengeluarkan gas dalam perutnya.
  • Bayi minum susu dari dot, serta posisi menyusui yang salah dapat menyebabkan perut kembung pada bayi.
  • Apabila bayi masih mengkonsumsi ASI eksklusif, maka penyebab perut kembung pada bayi kemungkinan besar karena makanan yang dikonsumsi oleh ibu. Oleh karena itu sangat penting bagi anda untuk selalu memperhatikan makanan yang dikonsumsi.
  • Bagi bayi yang sudah mendapatkan MPASI atau makanan pendamping ASI, mungkin saja penyebab dari perut kembung yang dialaminya karena makanan yang dikonsumsinya sendiri.

Makanan Penyebab Perut Kembung Pada Bayi

Terdapat beberapa jenis makanan penyebab kembung pada bayi. Meskipun reaksi pada setiap bayi berbeda-beda, tetapi anda tetap harus waspada karena kelompok makanan ini cukup sulit dicerna. Makanan yang dimaksud di antaranya yaitu kacang-kacangan, sayuran hijau atau buah-buahan tertentu. Anda harus lebih teliti dalam memilih makanan yang dikonsumsi jika anda masih menyusui bayi anda dan lebih cermat dalam menyiapkan MPASI untuk bayi jika usianya sudah lebih dari 6 bulan.

Berikut ini beberapa daftar makanan yang dapat menyebabkan perut bayi kembung:

  • Kubis
  • Kulit Padi
  • Kembang Kol
  • Brussel sprouts
  • Aprikot
  • Oatmeal
  • Persik
  • Prun
  • Plum
  • Pir
  • Buah-buahan yang masuk ke dalam keluarga jeruk

Daftar makanan tersebut dapat meningkatkan gas dalam perut. Akan tetapi, perut kembung pada bayi mungkin saja tidak disebabkan oleh makanan yang dikonsumsinya. Meskipun begitu anda tetap harus waspada terhadap beberapa daftar makanan di atas.

Setelah bayi anda mengkonsumsi makanan pemicu perut kembung, anda dapat mengetahuinya setelah beberapa jam si kecil mengkonsumsi makanan tersebut. Untuk mengeluarkan makanan pemicu kembung, sistem pencernaan membutuhkan sekitar 2 sampai 3 hari.

Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengatasi perut kembung pada bayi seperti berikut:

  • Untuk membuat perut bayi merasa nyaman dan membantu mengeluarkan gas pada perutnya, anda dapat memijat perut bayi dengan perlahan dan hati-hati dengan gerakan searah jarum jam. Memijat perut bayi ini dapat dilakukan dalam posisi tidur.
  • Cara lain yang dapat anda lakukan yaitu dengan mengusap punggung bayi dengan lembut dan perlahan di atas paha anda dengan posisi bayi telungkup.
  • Perut kembung pada bayi bisa saja menjadi tanda adanya masalah yang serius pada sistem pencernaan bayi. Jika bayi menunjukan gejala seperti sulit buang air besar, demam dan muntah, sebaiknya anda segera bawa bayi anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang lebih tepat.
  • Hindari memberikan obat-obatan pada bayi tanpa resep dari dokter.

Itulah beberapa makanan penyebab perut kembung pada bayi. Untuk mencegah kemungkinan terjadinya perut kembung pada bayi, sebaiknya batasi asupan makanan pemicu perut kembung pada bayi. Semoga bermanfaat.