Home » Makanan Bayi » Makanan Bayi Meredakan Nyeri Saat Tumbuh Gigi

Makanan Bayi Meredakan Nyeri Saat Tumbuh Gigi

Bayi cenderung rewel ketika tumbuh gigi karena rasa nyeri yang dialaminya. Untuk mengatasinya, anda dapat memberikan makanan bayi meredakan nyeri saat tumbuh gigi.

Menyaksikan perkembangan dan pertumbuhan buah hati, orangtua akan merasa bahagia termasuk saat melihat tanda-tanda tumbuh gigi pada bayinya muncul. Namun di balik kebahagiaan, para orangtua kerap kali merasa kewalahan, karena selain harus merawat gigi dan gusi bayi dengan lebih ekstra dan penuh perhatian, tidak jarang orang tua mengalami penolakan ketika memberikan makanan pendamping ASI (MPASI). Bayi lebih sering menolak makanan ketika tumbuh gigi disebabkan karena rasa yang tidak nyaman dan nyeri. Padahal penting mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi bayi yang didapatkan dari MPASI yang pertama kali diberikan saat bayi berusia 6 bulan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Anda harus memastikan penolakan makanan yang dialami bayi bukan karena masalah kesehatan yang lainnya, sehingga dapat memberikan makanan yang tepat untuk meredakan nyeri karena tumbuh gigi. Karena seperti itu penting bagi anda untuk mengetahui tanda-tanda bayi tumbuh gigi seperti berikut ini:

Makanan bayi meredakan nyeri saat tumbuh gigi

  • Bayi cenderung lebih rewel dari biasanya
  • Bayi akan lebih mudah marah
  • Mengalami demam rendah
  • Mengeluarkan banyak ludah
  • Sering menggigit jari atau benda lain yang ada di sekitarnya karena gusinya gatal
  • Terasa pembengkakan dan nyeri pada bagian gusi

Beberapa langkah dapat anda lakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman karena tumbuh gigi pada si kecil. Dimana salah satu cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan memberikan makanan pereda nyeri saat tumbuh gigi. Beberapa makanan diyakini dapat membantu meredakan nyeri saat tumbuh gigi. Dan tentunya makanan yang dimaksud aman dikonsumsi oleh bayi. Apa saja makanan untuk meredakan nyeri saat tumbuh gigi? Untuk mengetahuinya anda dapat simak langsung pembahasan di bawah ini.

Makanan Bayi Meredakan Nyeri Saat Tumbuh Gigi

Pisang

Saat bayi anda tumbuh gigi dan sudah mengkonsumsi makanan pendamping ASI, anda dapat memberikan buah pisang kepadanya. Saat tumbuh gigi, bayi cenderung memasukan benda atau mainan ke dalam mulutnya. Oleh karena itu, untuk menghindarinya anda dapat memberikan si kecil pisang sebagai finger food sehat. Dimana finger food juga dapat membantu pertumbuhan gigi si kecil. Buah pisang adalah buah sehat yang mengandung gula alami. Pisang dapat melengkapi kebutuhan gizi bayi anda, serta dapat menyumbangkan kalori tinggi yang dibutuhkan.

Alpukat

Alpukat dapat ibu manfaatkan untuk membantu pertumbuhan gigi pertama buah hati tercinta. Alpukat adalah buah bertekstur, namun meskipun begitu tidak akan membuat si kecil tersedak ketika mengkonsumsinya meskipun diberikan langsung. Selain disajikan langsung dengan dipotong-potong terlebih dahulu, buah alpukat dapat anda sajikan dalam bentuk jus, namun jangan terlalu banyak mencampurnya dengan air. Pastikan jus buah alpukat masih dapat dikunyah si kecil.

Mentimun

Bagi anak yang sering mengeluh karena nyeri yang disebabkan karena tumbuh gigi, maka anda dapat memberikannya mentimun ke dalam menu makanannya. Mentimun diyakini dapat membantu meredakan nyeri saat anak tumbuh gigi. Selain ditambahkan pada menu makanannya, anda dapat membuat jus mentimun yang rendah gula. Mentimun mentah atau tidak melalui proses pengolahan dapat membantu meningkatkan air liur untuk menetralkan basa dan asam dalam mulut.

Wortel

Selain buah-buahan, anda dapat juga memberikan sayuran sehat untuk menekan rasa nyeri saat bayi anda tumbuh gigi. Sayuran yang dapat anda berikan salah satunya yaitu wortel. Setelah wortel disiapkan, anda dapat membersihkannya terlebih dahulu. Potong wortel membentuk korek api selanjutnya anda dapat merebusnya sampai matang. Kemudian, anda dapat memberikannya pada bayi anda agar si kecil terbiasa untuk mengunyahnya.

Keju

Sajikan keju dalam bentuk potongan kemudian anda dapat memberikannya pada si kecil dan biarkan ia untuk mengunyahnya. Sifat kenyal keju akan membantu si kecil meredakan rasa sakitnya.

Ayam

Anak-anak umumnya akan menyukai rasa daging ayam yang gurih. Ayam merupakan salah satu makanan terbaik untuk bayi ketika mereka tumbuh gigi.

Selain memberikan makanan untuk meredakan nyeri akibat tumbuh gigi seperti di atas, anda juga dapat melakukan langkah sederhana untuk membuat bayi lebih nyaman seperti berikut ini:

Melakukan Pijatan Lembut Pada Gusi

Pijatan dan tekanan lembut dapat anda lakukan pada gusi bayi untuk meredakan rasa sakit yang dialaminya. Dengan pijatan lembut bayi anda akan merasa lebih tenang dan nyaman. Sebelum memijat gusi si kecil, anda harus memastikan jika tangan anda dalam keadaan bersih agar tidak ada bakteri atau kuman yang masuk ke dalam mulut si kecil yang akan membahayakan kesehatan giginya.

Berikan Mainan Khusus Untuk Digigit

Mainan yang dapat digigit si kecil dapat anda berikan untuk mengatasi rasa sakitnya. Ketika bayi menggigit sesuatu maka ia akan merasa lebih nyaman. Sebelum memberikan mainan yang dapat digigitnya, anda harus memastikan jika mainan tersebut aman dan bersih.

Kompres Menggunakan Es

Salah satu cara efektif yang dapat dilakukan untuk meredakan rasa sakit karena tumbuh gigi yaitu dengan mengompres menggunakan es. Caranya cukup mudah, anda tinggal menyiapkan es secukupnya. Kemudian gosokan pada gusi si kecil dengan pelan dan lembut. Es yang dingin dapat membuat bayi merasa lebih tenang dan nyaman.