Home » Perlengkapan Bayi » Mainan Pendukung Tumbuh Kembang Bayi 6 Bulan

Mainan Pendukung Tumbuh Kembang Bayi 6 Bulan

Mainan Pendukung Tumbuh Kembang Bayi 6 Bulan – Pada usia 6 bulan bayi sudah lebih aktif daripada sebelumnya. Pada saat ini, si kecil umumnya sudah banyak bergerak dan berusaha menggapai sesuatu. Untuk itu, dukung perkembangannya dengan memberikan mainan berkualitas untuk mereka. Simak beberapa jenis mainan yang baik diberikan pada bayi berusia 6 bulan untuk mendukung perkembangannya.

Tak terasa, seperti baru kemarin anda dan pasangan dibuat panik menanti usainya proses persalinan. Perasaan tegang dan rasa sakit yang dialami sewaktu dimeja persalinan masih tergambar jelas dalam ingatan. Akan tetapi, rupanya kini si kecil telah tumbuh menjadi seorang bayi mungil lucu yang begitu menggemaskan.

Segala perkembangan ini tentu menjadi hal yang menyenangkan untuk disaksikan. Apalagi, bila untuk pertama kalinya anda baru mendapati si kecil baru saja mempelajari kemampuan barunya. Perasaan haru dan bahagia akan bercampur menjadi satu dan berubah menjadi perasaan yang membanggakan.

Perkembangan bayi usia 6 bulan tentu menunjukan perkembangan yang lebih signifikan. Bayi anda yang tadinya belum mampu melakukan banyak hal dan hanya mampu terbaring dalam tempat tidurnya. Kini sudah mulai menunjukan banyak perubahan yang luar biasa.

Mulai dari mengenali wajah ibunya, membalikkan tubuhnya pada saat berbaring dan masih banyak lagi. Bahkan usia 6 bulan membuat si buah hati sudah mampu untuk tengkurap. Ia pun kini menjadi lebih aktif dan senang menggapai sesuatu yang ada diseklilingnya.

Hal ini tentu membuat anda akan sedikit khawatir, apalagi jika dirumah anda terdapat perabotan berbahaya yang akan mungkin digapainya. Melihat perkembangan si kecil yang semakin aktif maka sudah semestinya anda mampu memproteksi si buah hati dengan baik.

Upayakan agar segala macam perabotan dan benda berbahaya didalam rumah bisa dijauhkan dari jangkauan si buah hati. Meski si kecil belum mampu berjalan atau merangkak. Akan tetapi, perkembangan ini akan sebentar lagi dikuasainya. Untuk itu, sebaiknya papstikan bila anda melindungi si buah hati dari segala macam sumber bahaya yang akan mungkin bersiko untuk si kecil.

Mainan Pendukung Tumbuh Kembang Bayi 6 Bulan

Pastikan pula bila kamar si kecil atau ranjangnya terjauh dari benda-benda berat yang akan mungkin menimpa tubuhnya. Dengan begini bunda akan dapat meninggalkan si buah hati dengan tenang pada saat ia tertidur atau pada saat hendak melakukan sesuatu.

Ya, bayi berusia 6 buan memang sudah memiliki pergerakan yang lebih aktif dibandingkan dengan usia sebelumnya. Biasanya mereka akan selalu berusaha untuk bergerak dan ingin menggapai sesuatu. Terlebih lagi ketika mereka melihat benda atau peralatan dengan warna yang mencolok. Pada usia ini anda sudah mulai dapat mengajak mereka bermain dan berinteraksi.

Selain itu, anda pun kini sudah mulai dapat memberikan mereka sebuah mainan. Akan tetapi, jangan pilih mainan dengan sembarang. Dalam tahapan ini si kecil masih belum mengerti dan belum mampu memilah mana mainan yang aman dan tidak aman untuknya. Dengan demikian, peranan orangtua akan sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Bermain dengan si kecil tentu akan menambah keakraban dan ikatan batin antara ibu dengan bayinya. Selain itu, mengajak mereka untuk bermain dan berinteraksi pun menjadi bagian dari stimulasi guna mengoptimalkan perkembangan psikisnya dengan baik. Untuk itulah, tidak ada salahnya mulai memfasilitasi si buah hati berusia 6 bulan dengan beraneka ragam mainan yang aman untuknya.

Sayangnya, pada beberapa kasus tidak sedikit orangtua yang kurang menyadari jenis mainan yang harus diberikan pada si kecil guna menunjang perkembangannya. Ketika bayi memasuki usia 6 bulan, anda dapat mulai memberikan mereka mainan untuk merangsang pertumbuhan gigi pada bayi. Selain itu, mainan perlu dipilih dengan jenis yang dapat merangsang sistem motorik si buah hati. Dengan demikian, pilihlah jenis mainan yang dapat ditekan atau disentuh oleh si kecil.

Penting sekali untuk ibu dirumah dapat memberikan mainan yang aman untuk bayi berusia 6 bulan. Hindari pula memberikan mainan yang mengandung bahan kimia atau dapat membahayakan kesehatan si buah hati. Pada intinya, ketelitian orangtua dalam menyeleksi jenis mainan untuk buah hati adalah hal penting yang perlu diperhatikan.

Mainan Pendukung Tumbuh Kembang Bayi 6 Bulan

Pada dasarnya ada beberapa jenis mainan yang memang sudah dirancang khusus untuk diberikan pada bayi sesuai dengan usia perkembangannya. Jenis mainan ini bisa dikonsultasikan dengan pakarnya terlebih dahulu atau dilihat dari label yang tertera pada jenis mainan. Akan tetapi, bila anda kesulitan mendapatkan jenis mainan yang sesuai. Maka berikut ini kami berikan beberapa contoh jenis mainan yang aman yang bisa anda berikan pada bayi usia 6 bulan. Simak dibawah ini.

Rattle

Mainan pertama yang aman diberikan pada si kecil berusia 6 bulan adalah jenis mainan rattle. Bahannya yang terbuat dari bahan plastik, kain atau karet yang lembut akan dapat menjadi mainan baik untuk si kecil. Hal ini dikarenakan rattle akan dapat berfungsi untuk merangsang pertumbuhan gigi pada bayi.

Selain itu, jenis mana ini aman dan dapat berbunyi sehingga amat menarik perhatian si buah hati anda. Umumnya terdapat berbagai bentuk yang dapat dengan mudah dipegang oleh si buah hati. Selain itu, mainan yang satu ini dapat memberikan stimulasi yang baik untuk merangsang indera penglihatan dan pendengarannya dengan lebih baik.

Mainan Gantung

Mainan selanjutnya yang aman diberikan pada bayi berusia 6 bulan adalah mainan gantung. Mainan seperti ini pun banyak ragamnya seperti boneka kecil, manik-manik dan masih banyak lagi. Bahkan terdapat mainan gantung untuk bayi yang dapat mengeluarkan suara. Mainan ini bisa diletakkan diatas keranjang bayi dan biarkan si kecil memperhatikan pergerakannya.

Memberikan mainan jenis ini akan berguna untuk melatih dan memberikan stimulasi terhadap kemampuan visual bayi dengan lebih baik. Selain itu mainan gantung yang mengeluarkan bunyi akan juga bermanfaat untuk melatih ketajaman pendengaran si kecil.

Mainan Boneka Tangan

Mainan jenis ini pun baik diberikan pada bayi usia 6 bulan untuk mendukung perkembangannya. Mainan boneka tangan umumnya memiliki tali khusus yang bisa diikatkan pada tangan atau bagian kaki bayi. Selain itu, mainan ini pun umumnya bisa mengeluarkan bunyi ketika tangan atau kaki bayi bergerak. Sehingga demikian, anak-anak akan senang untuk dapat menggerakan bagian tubuhnya. Ini berarti mainan ini menjadi media yang baik untuk melatih kemampuan motoriknya dengan baik.

Cermin Bayi

Anda dapat memberikan cermin berbahan plastik pada si buah hati yang tentunya tidak berbahaya. Pada usia 6 bulan, rasa ingin tahu pada si buah hati sudah dikembangkan dengan lebih baik. Demikian pula dengan rasa ketertarikannya pada cermin. Ia akan mendapati sosok asing yang ternyata dirinya didalam cermin. Hal ini akan cukup menarik untuknya. Sementara itu, anda bisa memandu si kecil untuk bersolek atau sesekali melihat kembali cermin.

Alat Musik

Alat musik dapat menjadi mainan yang aman dan baik untuk anak berusia 6 bulan. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk membelikan buah hati anda seperti piano kecil atau sebuah drum. Berikan contoh bagaimana menabuh drum dan bermain dengan piano. Dengan begini si kecil akan mulali tertarik dengan permainan tersebut.

Itulah dia beberapa daftar jenis mainan pendukung tumbuh kembang bayi 6 bulan. Semoga bermanfaat dan memberikan wawasan lebih untuk anda.