Langkah Persiapan Sebelum Menyusui Bayi

Posted on

Penting melakukan persiapan sebelum menyusui bayi agar proses menyusui bayi berjalan lancar.

Menyusui adalah kewajiban seorang ibu dan mendapatkan ASI eksklusif merupakan hak setiap anak. Memberikan ASI merupakan pilihan terbaik untuk memenuhi asupan gizi bayi. Terdapat perbedaan yang signifikan antara bayi yang mendapatkan ASI cukup dan bayi yang tidak mendapatkan ASI atau tidak cukup ASI. Bayi ASI memiliki sistem imun yang lebih kuat, serta perkembangan otak menjadi lebih maksimal.

Agar proses menyusui bayi berjalan lancar, tanpa ada hambatan apapun, ibu sebaiknya melakukan persiapan sebelum menyusui bayinya. Persiapan yang dilakukan berupa persiapan fisik atau psikologis.
Persiapan menyusui bayi dapat dilakukan sedini mungkin, yakni sejak kehamilan kemudian dilanjutkan setelah kalahiran.

Persiapan Sebelum Menyusui Bayi

Persiapan Sebelum Menyusui Bayi

Persiapan Sejak Kehamilan

  • Mencari Tahu Informasi Menyusui Bayi

Sebelum menyusui bayi, ibu harus mencari informasi tentang menyusui bayi sejak kehamilan. Informasi tersebut bisa didapatkan dari ahli laktasi atau lain sebagainya. Sebaiknya konsultasikan informasi yang diterima pada dokter kandungan yang anda pilih.

  • Perawatan Puting Payudara

Perawatan puting payudara penting dilakukan sejak dini. Ketika membersihkan puting sebaiknya hindari menggosok puting dengan terlalu keras. Ini dilakukan agar puting tidak terluka dan tidak akan membuat sakit saat proses menyusui bayi nanti. Ketika membersihkan puting sebaiknya bersihkan puting dengan lembut dan hati-hati.

  • Teknik Relaksasi

Teknik relaksasi dapat dilakukan ibu hamil untuk mempersiapkan proses menyusui bayinya. Teknik relaksasi yang dilakukan yaitu dengan mengatur pernafasan. Teknik ini bermanfaat untuk proses menyusui bayi. Pada masa awal menyusui bayi, ketenangan harus ibu miliki untuk menenangkan bayi, serta menuntun bayi untuk menyusu atau mendapatkan air susu ibu.

  • Menyiapkan Perlengkapan Menyusui

Menyiapkan perlengkapan menyusui sesuai dengan yang dibutuhkan dapat ibu lakukan. Meskipun perlengkapan menyusui tidak wajib dimiliki, akan tetapi dengan adanya perlengkapan ini akan memudahkan ibu dalam menyusui bayinya. Perlengkapan yang dapat ibu persiapkan untuk menyusui bayi di antaranya yaitu bra khusus menyusui. Bra khusus menyusui tentunya berbeda dengan bra biasanya. Bra khusus menyusui umumnya memiliki bentuk yang besar sehingga mampu mendukung payudara ibu saat masa menyusui nanti. Bra khusus menyusui dilengkapi dengan bagian yang dapat dibuka dan ditutup pada bagian depannya sehingga akan memudahkan proses menyusui.

Selain bra, perlengkapan lain yang dapat ibu siapkan yaitu baju yang dilengkapi dengan kancing di bagian depan. Selain itu, bantal menyusui dapat ibu beli agar proses menyusui dapat berjalan lancar.

  • Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Salah satu faktor pendukung kesehatan ibu hamil yaitu asupan nutrisi yang tepat. Selain itu, nutrisi yang tepat selama kehamilan akan membantu menyiapkan kualitas ASI. Agar semua kebutuhan nutrisi terpenuhi, anda dapat membuat daftar menu sehat selama kehamilan.

  • Persiapkan Produksi Kolostrum

Kolostrum merupakan sebutan untuk susu pertama bayi yang diproduksi saat ibu hamil. Produksi kolostrum akan mempengaruhi ukuran payudara ibu. Oleh karena itu, untuk mempersiapkan produksi kolostrum disarankan untuk tidak menggunkan bra yang terlalu ketat.

  • Meminta Dukungan Dari Pasangan

Meminta dukungan dari pasangan dapat anda lakukan sebagai langkah persiapan menyusui bayi. Pasangan anda yang kelak akan menjadi ayah ASI, adalah salah satu bagian penting yang dapat menentukan kesuksesan menyusui bayi. Bagi ibu menyusui yang mendapatkan dukungan dari pasangannya akan memungkinkan menyusui bayi dalam waktu lama sesuai dengan kebutuhan bayi.

Persiapan Menyusui Bayi Setelah Kelahiran

  • Persiapan menyusui bayi dilakukan tidak hanya saat kehamilan saja. Setelah kalahiran, saat pertama kali menyusui dan seterusnya ibu perlu melakukan persiapan untuk mendukung keberhasilan proses menyusui. Berikut ini persiapan menyusui bayi yang dapat anda lakukan:
  • Setiap akan menyusu disarankan untuk selalu menyiapkan mental dan fisik dengan baik supaya proses menyusui bayi dapat dilakukan dengan baik dan tenang.
  • Untuk membantu ibu lebih rileks, mandi dengan menggunakan air hangat sebelum menyusu dapat dilakukan. Mandi dengan air hangat pun dapat membuat aliran darah ibu menjadi lebih lancar, sehingga akan mempengaruhi sirkulasi air susu yang dihasilkan.
  • Sebelum menyusui, pastikan fisik ibu dalam keadaan bersih terutama tangan. Sebelum menggendong bayi disarankan untuk mencuci tangan terlebih dahulu hingga benar-benar bersih. Selain itu, payudara ibu sudah dalam keadaan bersih yang sebelumnya sudah dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan kapas yang sudah direndam dalam air hangat.
  • Siapkan tempat dan beberapa perlengkapan menyusui yang dibutuhkan. Siapkan kursi yang dilengkapi dengan sandaran, bantal untuk menyangga tangan dan untuk menopang tubuh bayi. Saat menyusui bayi, hindari posisi duduk yang membuat kaki ibu menggantung.
  • Untuk membantu memperlancar aliran darah dan produktivitas susu, mengompres payudara merupakan pilihan yang dapat dilakukan.
  • Agar proses menyusui lebih maksimal, penting untuk membuat pelekatan mulut bayi dan payudara ibu dilakukan dengan baik.

Dengan demikian, persiapan menyusui bayi penting dilakukan baik selama kehamilan atau setelah kelahiran, setiap kali menyusui bayi. Persiapan yang dilakukan akan memperlancar proses menyusui bayi sehingga bayi mendapatkan ASI yang cukup sesuai dengan kebutuhannya. Jangan segan-segan untuk meminta informasi dan saran dari teman atau saudara yang sudah berpengalaman, serta ahli laktasi jika diperlukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *