Home » Bayi Baru Lahir » Kondisi Umum yang Sering Terjadi Pada Bayi Baru Lahir

Kondisi Umum yang Sering Terjadi Pada Bayi Baru Lahir

Kondisi Umum yang Sering Terjadi Pada Bayi Baru Lahir – Pada saat bayi anda baru lahir, anda mungkin pernah menjumpai beberapa hal yang aneh pada bayi anda. Namun tak perlu khawatir, hal tersebut adalah bagian dari kondisi umum yang sering terjadi pada bayi baru lahir.

Melahirkan seorang bayi ke dunia tentu menjadi sebuah perjuangan yang panjang dan cukup melelahkan. Mulai dari mengandung, mengalami gejala kehamilan yang cukup mengganggu, dihadapkan pada berbagai hal sampai pada akhirnya tibalah proses melahirkan. Serangkaian kegiatan ini tentu menjadi pengalaman yang tidak akan mudah dilupakan pada sebagian besar wanita. Apalagi jika kehadiran sang buah hati ini telah anda nantikan selama ini.

Tentu saja, serangkaian perjuangan yang melelahkan ini akan terbayar sudah dengan lahirnya si kecil ke dunia. Kebahagiaan akan tentu tergambar pada wajah semua anggota keluarga yang telah menantikan momen ini. Terutama kegirangan yang tergambar pada wajah yang suami. Hal ini akan tentu membuat anda semakin terharu.

Nah, setelah dilahirkan ke dunia dan selang beberapa saat sejak pertama kali si buah hati hadir disamping anda. Anda mungkin pernah memperhatikan beberapa kondisi ‘aneh’ yang terjadi dengan buah hati anda. Untuk sebagian ibu yang sudah berpengalaman dalam mengurus bayi baru lahir, hal ini mungkin sudah dimengertinya sebagai kondisi umum yang sering terjadi pada bayi baru lahir. Akan tetapi, untuk anda yang baru saja melahirkan, hal ini mungkin akan sedikit membuat anda kaget dan tak jarang sebagian lain merasa khawatir.

Kondisi Umum yang Sering Terjadi Pada Bayi Baru Lahir

Beberapa hal tersebut akan mungkin membuat anda bertanya-tanya mengapa hal tersebut terjadi pada si bauh hati. Atau mungkin saat ini anda tengah khawatir jika saja pola perawatan yang anda berikan pada si buah hati telah keliru selama ini. Sehingga mempengaruhi hal-hal aneh tersebut dapat terjadi dengan tubuh si kecil.

Ya, berbagai masalah, terutama masalah kesehatan akan mungkin lebih sering dijumpai pada bayi baru lahir. Jika ibu tidak tahu bagaimana mengatasi kondisi tersebut maka sebaiknya jangan sembarang menangani masalah pada bayi dengan seorang diri.

Sebaiknya tanyakan pada orang lain yang sudah berpengalaman atau lebih amannya lagi berkonsultasilah dengan dokter. Siapa tahu hal tersebut rupanya adalah kondisi yang umum yang sering terjadi pada bayi baru lahir. Yang pada dasarnya tidak memerlukan pengobatan intens yang dilakukan oleh tim medis sebab masalah tersebut akan dapat menghilang dengan sendirinya.

Menggali Informasi Mengenai Kondisi Umum yang Sering Terjadi Pada Bayi Baru Lahir

Penting sekali untuk ibu, terutama wanita yang baru saja memiliki bayi baru lahir untuk selalu menggali informasi. Adapun informasi tersebut sebenarnya luas cangkupannya. Mulai dari mengenali apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada bayi sampai dengan mengenali kondisi umum yang terjadi pada bayi baru lahir. Dengan demikian, hal ini akan menjadi bekal untuk ibu agar tidak merasa risau atau bereaksi berlebihan dengan hal-hal yang terjadi pada buah hatinya.

Tak usah sungkan menanyakan pada kakak anda yang sudah memiliki anak atau mungkin pada ibu anda sendiri seputar mengurus bayi. Dengan begini maka sedikitnya anda akan bisa mengambil pelajaran atau informasi yang belum anda ketahui.

Lalu apa saja sih sebenarnya kondisi yang umum yang sering terjadi pada bayi baru lahir yang perlu diketahui? Nah, untuk lebih jauhnya lagi mari simak beberapa hal dibawah ini.

Kondisi Umum yang Sering Terjadi Pada Bayi Baru Lahir

Bentuk Kepala yang Aneh

Ketika baru lahir, anda mungkin melihat sekilas atau pernah memperhatikan bentuk kepala bayi anda yang terlihat tidak wajar. Akan tetapi, tak perlu khawatir hal ini umumnya adalah sebuah kondisi yang wajar dan normal.
Adapun penyebab yang membuat bentuk kepala bayi tidak singkron saat pertama kali mereka dilahirkan karena proses melahirkan melalui organ vital ibunya. Meski begitu, walau jarang terjadi, bentuk kepala yang anerh pun bisa menjadi pertanda adanya gangguan pada bayi. Gangguan tersebut adalah adanya kraniosinostosis yakni sebuah kondisi yang mempengaruhi perkembangan tengkorak pada janin atau bayi abru lahir.

Apabila setelah beberapa minggu kondisi bentuk kepalanya belum terlihat normal. Maka sebaiknya konsultasikan masalah ini dengan dokter guna memastikan adanya kelainan dengan buah hati anda.

Ruam Kulit

Masalah lainnya yang merupakan kondisi umum yang sering terjadi pada bayi baru lahir adalah ruam kulit. Masalah ini terjadi karena pada saat ini kulit bayi anda masih begitu rentan terhadap segala jenis ruam kulit. Namun, anda tak perlu khawatir karena sebagia besar uram tersebut tidaklah berbahaya dampaknya. Dan pada umumnya kondisi ini akan dapat menghilang dan sembuh dengan sendirinya.

Adapun beberapa jenis ruam yang kerap terjadi pada kulit bayi salah satunya disebabkan oleh ruam popok. Kondisi ini dapat dilihat dibagian kulit yang tertutupi dengan popok bayi atau bagian sekitarannya. Ruam ini umumnya terjadi akibat terlalu lama terkena urine atau tinja. Atau bisa jadi disebabkan oleh adanya infeki jamur atau kondisi kulit yang langka.

Untuk itu, sebaiknya pastikan jika kebersihan kulit dan kelembapannya terjaga dengan baik. Jika perlu berikan krim anti ruam yang aman untuk bayi baru lahir.

Bayi Sering Gumoh

Kondisi umum yang sering terjadi pada bayi baru lahir yang lain adalah timbulnya gumoh. Kondisi ini adalah hal dimana bayi akan sering muntah setelah diberikan ASI oleh ibunya. Adapun gumoh terjadi karena cincin otot yang berada diantara kerongkongan dan lambung bayi belum menutup dengan sempurna. Sehingga demikian, kondisi ini membuat cairan yang telah masuk kembali ke kerongkongan dan keluar melalui mulutnya. Akan tetapi, sebaiknya ibu tak perlu khawatir sebab cincin otot tersebut akan mulai menguat saat bayi berusia 4-5 bulan.

Untuk mengatasi hal ini anda bisa menggendong si kcil dengan posisi tubuh si kecil agak tegak sewaktu menyusui. Lakukan hal ini selama sekitar 30 menit setelah menyusu agar air susu dapat turun dengan sempurna. Setelah itu, ibu dapat berusaha membuat mereka sendawa.

Menderita Penyakit Kuning

Bayi lahir dengan kondisi tubuh yang berwarna kuning adalah bagian dari kondisi umum yang sering terjadi pada bayi baru lahir. Hal ini dapat terjadi pada bayi yang memiliki kadar bilirubin yang tinggi. Sebab pada usia ini organ hati pada bayi belumlah terbentuk dengan cukup matang untuk memproses dan membuang bilirubin ke saluran cerna dengan baik. Itulah mengapa kondisi ini aka dapat membuat kulit dan mata bayi menjadi kuning.

Tak perlu khawatir dengan kondisi ini sebab dengan seiring berjalannya waktu. Hal ini akan dapat menghilang dengan sendirinya setelah 2-3 minggu. Adapun cara yang umum untuk merawat bayi yang kuning adalah dengan menjemurnya dibawah pancaran sinar matahari pagi.

Itulah dia beberapa kondisi umum yang sering terjadi pada bayi baru lahir. Ibu tak perlu khawatir dengan kondisi ini sebab pada dasarnya hal tersebut akan dengan sendirinya menghilang. Akan tetapi, bila hal tersebut tak kunjung hilang maka segera konsultasikan masalah ini dengan dokter.