Home » Makanan Bayi » Kiat Mengenalkan Finger Food Pada Bayi

Kiat Mengenalkan Finger Food Pada Bayi

Tujuan dikenalkannya finger food yaitu untuk melatih kemampuan bayi makan sendiri. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang tua untuk mengetahui tips mengenalkan finger food pada bayi yang baik.

Ketika usianya 9 bulan, bayi kebanyakan sudah mampu mengembangkan keterampilan motorik halus. Gerakan-gerakan kecil sudah mampu ia tunjukan sebagai usaha untuk mengambil potongan makanan kecil.

Salah satu cara untuk menunjang keterampilan makan anak yaitu dengan memberikan finger food. Finger food itu sendiri merupakan makanan yang bisa dipegang oleh bayi sebagai langkah untuk melatih kemampuan makan sendiri. Pada tahap awal, bayi anda akan mengalami kesulitan untuk menghabiskan porsi makanannya. Akan tetapi, anda tetap harus memakluminya karena keadaan tersebut sebagai proses belajar self regulation.

Mengenalkan finger food pada bayi

Ketika memberikan finger food pada bayi, makanan yang sesuai yaitu jenis makanan yang berukuran tidak terlalu besar atau memiliki ukuran yang sama dengan jari tangan bayi anda. Hal ini dilakukan untuk memudahkan bayi anda ketika mengkonsumsi makanan tersebut tanpa bantuan orang tua atau orang-orang yang ada di sekitarnya.

Sebenarnya finger food itu sendiri tidak menjadi penentu asupan gizi yang baik, meskipun demikian fungsi utama finger food yaitu sebagai pemberi gizi atau nutrisi tambahan untuk bayi anda. Oleh karena itu, pemilihan finger food harus dilakukan dengan teliti.

Ketika pertama kali bayi akan merasa asing terhadap finger food yang diberikan oleh orang tuanya. Dimana pemberian finger food itu sendiri harus diawali dengan pengenalan. Berikut ini tips mengenalkan finger food pada bayi yang bisa anda simak.

Tips Mengenalkan Finger Food Pada Bayi

Berikan Makanan Lembut

Finger food memang disarankan untuk diberikan pada bayi. Meskipun begitu, sebaiknya anda pilih makanan yang lembut dan dapat dengan mudah dicerna oleh bayi. Pilihlah makanan bayi yang mudah lumer dimulut. Fingger food sehat di antaranya yaitu buah-buahan dan sayuran. Untuk beberapa jenis sayuran, anda bisa memilih sayuran yang sudah dimasak dengan kematangan yang cukup, serta tidak membuat bayi kesulitan ketika mengunyahnya.

Ajak Anak Mengenal Pola Makan Keluarga

Mengenalkan pola makan keluarga bisa dilakukan sebagai pengenalan finger food pada bayi. Ajaklah si kecil duduk di meja makan bersama dengan keluarga. Ketika itu anda bisa mengenalkan beberapa jenis makanan yang mudah ia genggam. Finger food sehat yang bisa anda kenalkan pada bayi anda yaitu buah-buahan sehat yang sudah dipotong kecil-kecil. Usahakan ketika memotongnya disesuaikan dengan kemampuan bayi anda. Agar bayi anda semakin berselera untuk mengkonsumsi finger food yang sudah anda siapkan, anda bisa meletakan buah yang sudah dipotong-potong di atas piring makan bayi yang unik.

Hindari Finger Food yang Akan Membuat Bayi Tersedak

Selain sehat dan bergizi, finger food yang diberikan untuk bayi harus memberikan kenyamanan dan tidak mudah membuat bayi tersedak. Sebaiknya hindari untuk memberikan potongan sayuran yang belum dimasak dan buah-buahan dengan tekstur keras, kacang tanah, kacan-kacangan, biji-bijian, kismis dan buah kering yang lainnya. Selain itu hindari juga memberikan potongan keju, selai kacang, permen karet, permen keras, popcorn dan lain sebagainya. Pemberian permen dan makanan lengket lainnya, selain mudah membuat bayi tersedak juga akan mempengaruhi pertumbuhan giginya.

Potong Makanan Sesuai Dengan Tekstur Makanan

Ketika anda menyajikan finger food untuk bayi, sebaiknya sesuaikan dengan tekstur dari makanan itu sendiri. Maksudnya potongan makanan yang anda sajikan untuk bayi harus berukuran kecil sampai ukurannya bervariasi disesuaikan dengan tekstur makanan. Sebagai contoh, apel harus dipotong lebih kecil dibandingkan dengan semangka, sehingga dengan begitu akan lebih mudah ketika dihancurkan.

Hindari Memaksa Bayi Untuk Menghabiskan Porsi Makanan

Ketika mengenalkan finger food pada bayi, namun makanan yang anda berikan tidak semuanya habis, sebaiknya anda jangan merasa kesal. Selain makanan yang tidak dihabiskan, mungkin saja bayi anda juga hanya akan memainkan makanan tersebut. Pengenalan finger food tidak akan jauh berbeda dengan pengenalan makanan pendamping ASI ketika dulu usianya 6 bulan. Dalam pengenalan makanan ini harus dilakukan secara bertahap. Peran anda sebagai orang tua di sini yaitu mengarahkan agar si kecil mengetahui cara makan sendiri. Apabila bayi anda menolak, hindari memaksanya. Anda bisa memperkenalkannya kembali pada lain waktu.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Mengenalkan Fingger Food Pada Bayi

Khawatir tersedak tentunya akan anda rasakan ketika mengenalkan finger food pada bayi. Meskipun begitu anda harus tetap percaya pada anak anda, jangan terlalu terburu-buru untuk mengeluarkan makanan yang berada di dalam mulutnya. Selain akan menularkan kuman dari tangan orang tua atau pengasuh, juga akan merusak rasa percaya diri si kecil mengembangkan kemampuannya untuk mengunyah makanan dengan baik.

Ajarkan bayi anda mengunyah dengan baik. Caranya yaitu dengan melakukan gerakan mengunyah di depan si kecil sehingga ia akan mengikuti gerakan yang anda lakukan.

Meskipun makanan yang anda berikan lembut dan mudah lumer di mulut bayi, tetapi anda harus tetap memperhatikannya ketika ia makan. Karena tidak menutup kemungkinan bayi anda akan tersedak. Demikian beberapa tips kenalkan finger food pada bayi. Semoga bermanfaat.