Home » Bayi Baru Lahir » Kenali Kotoran yang Sehat Pada Bayi Baru Lahir

Kenali Kotoran yang Sehat Pada Bayi Baru Lahir

Kenali Kotoran yang Sehat Pada Bayi Baru Lahir – Kotoran pada bayi baru lahir akan menjadi salah satu cara untuk membaca kondisi kesehatannya. Untuk itu, penting sekali kenali kotoran yang sehat pada bayi baru lahir.
Sebagai orangtua yang baik, tentunya kesehatan sang buah hati akan menjadi hal yang utama untuk anda. Khususnya untuk semua orangtua yang memiliki bayi baru lahir dirumahnya. Seperti yang kita ketahui bayi baru lahir akan sangat rentan terkena dengan masalah kesehatan. Hal ini dikarenakan sistem imunitas pada bayi baru lahir belumlah terbentuk dengan sempurna.

Untuk itulah, menjadi tugas setiap orangtua untuk memastikan kesehatan si buah hati dapat terjaga dengan baik. Sebab ketika si kecil sakit maka semua anggota keluarga akan dibuat khawatir dengan kondisi ini. Anda pun ibunya, akan terus-terusan panik saat si kecil sering menangis pada malam hari karena menahan kesakitannya. Untuk itulah, penting sekali menghindari dan mencegah penyakit tersebut sebelum menyerang si kecil.

Memang sedikit terkendala untuk mengetahui kondisi tubuh si kecil, terutama pada bayi baru lahir. Mengingat usianya yang masih begitu mungil membuat mereka tidak mampu berkomunikasi lewat kata-kata. Maka mungkin ibu akan sedikit kesulitan mengetahui kondisi tubuh si kecil.

Akan tetapi, tak perlu khawatir karena orangtua yang cerdas selalu tahu bagaimana mengurus buah hatinya. Meskipun rasanya sulit mengetahui kondisi tubuh si buah hati. Namun sebenarnya ada cukup banyak cara yang dapat ibu lakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan buah hati anda yang baru lahir.

Selain berhubungan dengan makanan, feses bayi pun rupanya dapat dijadikan indikator kesehatannya. Kadangkala seorang ibu akan menjadi begitu panik sewaktu melihat pup atau feses bayinya berubah terkstur atau warna. Hal ini tak jarang membuat anda terburu pergi ke dokter dan memeriksakan kesehatan si buah hati.

Kenali Kotoran yang Sehat Pada Bayi Baru Lahir

Padahal sebenarnya, kondisi tersebut adalah hal yang wajar dan normal terjadi. Dengan begini maka mungkin bila setiap kali si kecil mengalami perubahan warna feses anda tak perlu buru-buru membawanya ke dokter. Dengan kenali kotoran yang sehat pada pada bayi baru lahir maka akan menjadi kunci ibu untuk mengetahui kondisi kesehatan si buah hatinya. Tak perlu melulu membawa si kecil ke dokter setiap terjadi masalah yang kecil. Bisa jadi hal tersebut adalah bagian dari serangkaian proses pertumbuhannya.

Kenali Kotoran yang Sehat Pada Bayi Baru Lahir

Kondisi kotoran pada bayi umumnya dapat menjelaskan kondisi kesehatannya pada saat itu. Sehingga penting sekali untuk orang tua kenali kotoran yang sehat pada bayi baru lahir. Normalnya, bayi buang air besar atau pup sebanyak 4 kali dapat satu hari pada minggu pertama setelah kelahirannya. Pada minggu-minggu ini pula, jadwal pup nya masih belum teratur. Bayi anda bisa pup ketika sedang menyusu atau setiap kali setelah seelsai menyusu. Namun tak perlu khawatir sebab seiring dengan berjalannya usia si buah hati, bayi anda akan menemukan jadwal pupnya yang rutin.

Setelah usianya menginjak beberapa pekan, bayi yang diberikan ASI oleh ibunya akan pup sebanyak satu kali dalam beberapa hari atau dalam seminggu. Kondisi ini pada dasarnya bukanlah sebuah masalah yang perlu dikhawatirkan. Selama mudah untuk si kecil mengeluarkan kotorannya dan tekstur dari kotorannya lembut. Maka kondisi ini dikategorikan sebagai hal yang wajar.

Lantas bagaimana mengatahui warna kotoran pada bayi yang sehat dan tidak sehat? Nah, untuk itu anda wajib kenali kotoran yang sehat pada bayi baru lahir dibawah ini.

Tips Kenali Warna Kotoran yang Sehat Pada Bayi Baru Lahir

Warna Kotoran yang Sehat

Bayi yang tidak mengalami gangguan kesehatan dalam tubuhnya, umumnya dapat dilihat dari kondisi kotorannya. Orangtua tidak perlu merasa khawatir apabila bayi anda mengeluarkan kotoran dengan warna:

Kotoran Berwarna Hijau Kehitaman

Beberapa hari pertama setelah lahir ke dunia bayi anda akan mungkin mengeluarkan feses atau kotoran yang disebut dengan mekonium, yakni kotoran bayi baru lahir. Mekonium terdiri dari cairan ketuban, lendir dan segala hal yang tertelan oleh bayi selama dalam kandungan. Pada kotoran ini, teksturnya cendrung lengket dan berwarna hijau kehitaman. Nah, bila bayi anda mengalami pup dengan warna ini maka tak perlu khawatir. Sebab kondisi ini pada dasarnya adalah hal yang wajar dan normal.

Kotoran Berwarna Hijau Kecoklatan

Warna yang selanjutnya yang mungkin terjadi pada buah hati anda adalah feses yang hijau kecoklatan. Kondisi ini adalah hal yang wajar sebab pada masa ini, bayi hanya mengkonsumsi ASI. Sehingga kotorannya akan berubah menjadi warna hijau kecoklatan. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu pada hari ke-2 sampai dengan ke-4, seharusnya warna kotoran yang sebelumnya hijau kehitaman akan berwarna hijau kecoklatan. Akan tetapi, bila warna feses si kecil masih hitam meski telah beberapa hari, maka sebaiknya kondisikan masalah ini dengan dokter.

Kotoran Berwarna Kuning Terang

Bila anda memberikan ASI pada si kecil, maka warna dari kotorannya akan secara bertahap berubah setelah sekitar 3 hingga 5 hari. Hal ini terjadi karena konsumsi ASI pertama dari ibu berfungsi menyerupai pencahar yang akan membantu tubuh si kecil membersihkan mekonium dari saluran pencernaannya.

Warna kotoran yang sebelumnya hijau kecoklatan akan berubah menjadi kuning terang. Selain itu, pada kotoran ini kini sudah ada tekstur dan bau yang berbeda.

Warna Kotoran yang Perlu Diwaspadai

Selain kenali warna kotoran yang sehat pada bayi baru lahir. Adapula beberapa warna berbahaya yang perlu diwaspadai oleh orangtua sebab warna-warna ini bisa mengindikasikan adanya bahaya.

Kotoran Berwarna Merah

Bayi yang pup dengan mengeluarkan kotoran berwarna merah perlu diwaspadai dengan benar. Hal ini dikarenakan warna merah yang timbul pada kotorannya bisa jadi adalah darah segar yang keluar dari dubur atau usus besarnya. Segera konsultasikan masalah ini dengan dokter.

Kotoran Berwarn Hitam

Kondisi kotoran yang berwarna hitam dan terjadi berkali-kali pada saat si kecil pup bisa jadi bahaya. Hal ini menunjukan adanya darah yang tercerna dalam saluran pencernaan. Padahal kelahiran sudah berlalu beberapa hari. Untuk itu, segera bawa buah hati anda ke dokter untuk mengetahui kondisi serius yang terjadi dengan si kecil.

Kotoran Berwarna Sangat Pucat Atau Putih

Kondisi feses atau kotoran yang terjadi pada buah hati anda bisa jadi menjadi tanda bahaya. Pada kondisi ini bisa menunjukan adanya infksi atau masalah dengan empedu si kecil. Kondisi ini umumnya biasa disebut dengan penyakit kuning (jaundice). Penyakit kuning umum terjadi pada bayi baru lahir. Selain menyebabkan warna kulit yang berubah menjadi kuning. Kondisi penyakit inipun bisa berpengaruh pada feses yang berwarna lebih pucat.

Itulah dia beberapa hal yang dapat disampaikan dari kenali warna kotoran yang sehat pada bayi baru lahir. Penting sekali untuk segera membawa bayi anda ke dokter bila fesesnya menunjukan warna feses yang berbahaya agar penanganan yang lebih tepat bisa segera didapatkan.