Home » Bayi Baru Lahir » Kenali Jenis Tanda Lahir Bayi

Kenali Jenis Tanda Lahir Bayi

Kenali Jenis Tanda Lahir Bayi – Bayi baru lahir seringkali memiliki tanda lahir pada area tubuhnya. Tanda tersebut dapat berupa bercak berwarna-warni yang ukuran dan bentuknya beragam. Yuk, kenali jenis tanda lahir pada bayi.

Proses kelahiran yang telah dilalui dengan selamat tentu akan membuat bunda dapat bernapas lega. Betapa tidak, akhirnya proses menegangkan dan penuh dengan perjuangan ini dapat dilalui dengan selamat. Untuk pertama kalinya, kini bunda dapat menggendong si kecil dalam pelukan. Hangat tubuhnya dan halus kulitnya membuat bunda seolah tak percaya bahwa saat ini anda adalah seorang ibu dari malaikat yang hebat.

Seiring dengan silih bergati orang lain memberikan selamat atas kelahiran si buah hati. Anda baru menyadari bahwa si malaikat kecil memiliki tanda tertentu pada tubuhnya. Atau bahkan mungkin anda tidak menyadari hal ini sampai beberapa hari. Hingga pada saatnya anda memandikan si kecil untuk pertama kalinya, anda baru melihat tanda tersebut ada pada tubuhnya.

Kenali Jenis Tanda Lahir Bayi

Ya, tanda lahir pada bagian tubuh bayi baru lahir memang seringkali tidak terlihat. Ketika tubuh bayi benar-benar diperhatikan degan seksama. Barulah orangtua menemukan ada tanda lahir pada buah hatinya. Hanya saja, tak jarang banyak orangtua bertanya-tanya mengapa tanda lahir bisa muncul pada buah hatinya. Meski selama ini mereka merasa sudah begitu teliti agar bayinya tidak memiliki tanda lahir. Namun rupanya tetap saja, hal ini muncul pada tubuh si kecil dan menandai bagian area tertentu tubuhnya.

Nah, sebelum mengetahui apa saja bentuk dan jenis dari tanda lahir pada bayi. Terlebih dahulu kita simak apa sebenarnya yang menyebabkan tanda lahir bisa muncul pada bayi.

Penyebab Munculnya Tanda Lahir Pada Bayi

Sebenarnya hingga sampai saat ini penyebab melekatnya tanda lahir pada bayi belumlah dapat dipastikan. Dokter pun tidak mengetahui kenapa ada bayi yang memiliki tanda lahir sementara bayi lain tidak. Apabila dilihat dari sisi medis, sebagian tanda lahir timbul diakibatkan oleh pembuluh darah yang terkumpul atau tidak tumbuh dengan normal. Sementara, ada penyebab lain munculnya tanda lahir paa kulit bayi akibat pigmen tambahan pada kulit.
Ada cukup banyak jenis tanda lahir yang berbeda baik dari segi bentuk maupun ukurannya. Nah, guna menambah informasi dan pengetahuan anda maka mari kita kenali jenis tanda lahir bayi.

Kenali Jenis Tanda Lahir Bayi

Ada beberapa jenis tanda lahir yang dapat muncul pada kulit bayi. Beberapa diantaranya adalah:

Mongolian Spot

Tanda lahir yang pertama yang biasa muncul pada kulit bayi adalah mongolian spot. Tanda ini muncul dalam bentuk tanda yang halus, agak gelap dan datar atau tidak menonjol. Adapun area tubuh yang seringkali dihinggapi dengan tanda lahir yang satu ini adalah bagian pantat atau punggung bagian bawah bayi. Umumnya, tanda ini akan terlihat seperti warna biru yang keabu-abuan, hitam dan kecoklatan.

Sekilas tanda ini akan terlihat seperti memar yang melingkar pada bagian pantat si kecil. Namun pada dasarnya tanda ini bukanlah dikategorikan sebagai tanda yang berbahaya. Karena kondisi tanda ini umumnya akan dapat menghilang dengan sendirinya seiring dengan usia si kecil.

Adapun kondisi ini terjadi karena terperangkapnya sel pigmen pada bagian belakang tubuh bayi ketika pembentukan sistem saraf. Seorang spesialis mengatakan bahwa biasanya ketika anak hendak menunju masa pubertas maka tanda tersebut akan menghilang dengan sendirinya. Ukuran dari tanda lahir mongolian spot ini pun cukup bervariasi. Ada yang sebesar tutup botol bahkan ada yang lebih besar sampai menutupi seluruh pantatnya.

Hemangioma

Tanda lahir lain yang dapat muncul pada bayi adalah timbulnya bercak merah pada kulit bayi. Tanda ini dikenal dengan nama hemangioma. Kondisi ini dapat terjadi karena sekelompok pembuluh darah pada bayi yang tidak ikut aktif didalam peredaran darah. Kondisi ini umumnya akan muncul pada bagian area permukaan kulit. Warnanya sendiri bisa merah muda, merah cerah atau bahkan kebiruan.

Tanda lahir ini umumnya akan muncul pada saat minggu pertama setelah kelahiran si buah hati. Dalam satu tahun, tanda lahir ini akan membesar dan ukurannya bisa 2 kali lebih besar dari ukuran sebelumnya. Akan tetapi, tak perlu khawatir kondisi ini umumnya akan stabil dan perlahan warnanya akan memudar dan menghilang saat anak masuk usia sekolah.

Salmon Patch

Tanda lahir yang selanjutnya adalah salmon patch atau yang juga disebut dengan stork bite atau gigitan bangau. Tanda lahir ini sebenarnya adalah pembuluh darah yang muncul ke permukaan kulit dalam betuk merah muda. Adapun ciri dari tanda lahir ini biasnaya berbentuk kecil dan datar dengan permukaan kulit.

Salmon patch atau bercak salmon terdapat pada sepertiga bayi yang baru lahir. Kondisi ini biasanya dapat dijumpai dibagian belakang leher, diantara mata atau kening, bawah bibir, hidung atau bahkan pada bagian kelopak mata.
Bila anda memiliki bayi baru lahir dengan tanda ini maka tak perlu khawatir. Sebab pada dasarnya tanda ini tikdaklah berbahaya. Sebab seiring dengan pertumbuhan si kecil, tanda salmon patch akan dapat menghilang.

Malformasi Vena

Kondisi malformasi dengan hemangioma sebenarnya termasuk kedalam kategori tumor pembuluh darah. Malformasi vena umumnya disebabkan oleh kondisi abnormal yang terjadi akibat pembuluh darah yang melebar.
Meskipun kondisi tanda lahir ini muncul pada saat lahir. Akan tetapi, perlahan tanda ini akan dapat memudar dengan sendirinya. Adapun malformasi biasanya terjadi pada 1 hingga 4% kelahiran bayi.

Pada tanda malformasi vena biasanya tanda ini menyerang bagian pipi, lidah, bibir, rahang dan anggota tubuh lainnya. Tidak seperti tanda lainnya, tanda ini akan tumbuh dengan lambat dan tidak mudah menghilang. Akan tetapi, dapat diatasi dengan operasi bila tanda ini mengganggu.

Port Wine Stain

Noda ini muncul sebagai sebuah tanda datar dengan warna merah muda agak kemerahan. Perlahan kondisi ini akan beralih menjadi lebih gelap hingga mengarah pada merah keunguan. Pada bayi yang mengalami tanda ini, sebagian besar bercak akan tumbuh menjadi lebih besar dan lebih tebal.

Umumnya ukuran tanda lahir ini cukup besar dan berada di satu sisi. Area tubuh yang paling sering terkena dengan tanda ini adalah bagian wajah, punggung maupun bagian dada. Namun bagian jidat dan area mata adalah bagian yang umum terdapat tanda yang satu ini.

Untuk ibu yang memiliki bayi dengan tanda ini sebaiknya segera konsultasikan masalah ini dengan dokter. Agar si buah hati mendapatkan penanganan medis yang lebih lanjut.

Kondisi tanda lahir ini bisa terjadi karena adanya pelebaran darah kapiler yang jarang terjadi. Noda ini sebenarnya tidaklah berbahaya. Hanya saja, ketika noda ini terdapat dibagian area kelopak mata maka akan dapat menyebabkan resiko glaukoma. Yakni sebuah kondisi yang terjadi akibat adanya peningkatan tekanan bola mata.

Demikianlah beberapa hal yang dapat diketahui dari kenali jenis tanda lahir bayi. Semoga bermanfaat dan memberikan informasi yang anda butuhkan.