Home » ASI (Air Susu Ibu) » 8 Jenis Makanan Untuk Memperbanyak ASI

8 Jenis Makanan Untuk Memperbanyak ASI

Makanan untuk memperbanyak ASI – Cara meningkatkan atau memperbanyak ASI salah satunya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang dipercaya mampu meningkatkan produksi ASI.

Selain melakukan perawatan terbaik untuk bayi, hal yang tidak boleh ibu lupakan yaitu menyusui bayinya. Menyusui bayi merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan, karena ASI merupakan makanan atau asupan pertama dan utama bayi setelah ia dilahirkan.

Di awal kehidupan bayi, ASI sangat penting untuk bayi. ASI merupakan sumber makanan utama untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Pemberian ASI eksklusif itu sendiri dilakukan hingga usia bayi 6 bulan, dimana setelah itu asupannya bisa didampingi dengan MPASI atau makanan pendamping ASI.
Manfaat ASI eksklusif sungguh luar biasa besar untuk bayi maupun ibu menyusui. Dimana ASI mampu membantu bayi terhindar dari penyakit, membantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi dan mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi bayi. Sedangkan untuk ibu menyusui, beberapa manfaat menyusui diantaranya yaitu untuk mencegah kanker payudara dan ovarium, meningkatkan ikatan antara ibu dan bayi, merangsang produksi hormon oksitosin dan lain sebagainya.

Makanan untuk memperbanyak ASI

Karena begitu pentingnya ASI untuk bayi, maka sudah menjadi tugas seorang ibu untuk memberikan ASI terbaik untuk bayi, serta menjaga agar produksi ASI tetap stabil dan melimpah sesuai dengan kebutuhan bayi. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperbanyak atau meningkatkan produksi ASI yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang dapat memperbanyak ASI.

Banyak jenis makanan yang mudah dijumpai untuk membantu meningkatkan produksi ASI. Akan tetapi, sayangnya tidak semua ibu tahu apa saja makanan yang dimaksud. Berikut ini jenis makanan yang terbukti mampu meningkatkan atau memperbanyak ASI.

Makanan Untuk Memperbanyak ASI

Bayam

Sayuran hijau merupakan salah satu jenis makanan yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI, dimana salah satunya yaitu bayam. Sayuran hijau mengandung asupan gizi yang cukup, selain itu mudah dicerna oleh tubuh. Sayuran hijau bayam merupakan salah satu sumber mineral, vitamin dan phytoestrogen yang diketahui mampu meningkatkan laktasi. Bayam kaya akan kandungan protein, vitamin B6, asam folat, kalsium, kalium, thiamin, Vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin B6 yang terkandung di dalam bayam dapat membantu menyediakan produksi ASI. Bayam juga merupakan sayuran yang menjadi sumber asam folat yang menjadi nutrisi penting untuk ibu menyusui.

Bawang putih

Berdasarkan penelitian, ibu yang menggunakan bawang putih dalam masakannya dapat membantu dalam meningkatkan ASI untuk buah hatinya. Dari banyaknya jenis makanan yang dapat membantu dalam meningkatkan produksi ASI, bawang putih merupakan makanan termudah untuk dicampur atau dimasukan ke dalam menu makanan yang dikonsumsi.

Ubi jalar

Ubi dan makanan orange atau merah seperti halnya wortel dan bit, merupakan makanan yang kaya akan beta karoten yang dapat membantu dalam meningkatkan suplai air susu. Daun ubi jalar diketahui mampu meningkatkan produksi ASI. Daun ubi jalar mengandung zat laktagagum yang dapat membantu ibu menyusui dalam meningkatkan produksi ASI. Tidak hanya itu, daun ubi jalar juga mengandung zat besi dan karotenoid. Untuk anda yang ingin meningkatkan produksi ASI dengan daun ubi jalar, maka disarankan untuk memilih daun ubi jalar yang bebas dari pestisida. Pasalnya, jika pestisida termakan akan mengganggu kesehatan bayi.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber protein sehat dan dikenal sebagai makanan yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Di beberapa negara kacang-kacangan menjadi cemilan wajib bagi ibu menyusui yang ingin meningkatkan pasokan air susu untuk bayinya. Kacang mete dan almond merupakan pilihan terbaik sebagai cemilan sehat anda yang sedang menyusui.

Apabila anda bosan mengkonsumsi kacang-kacangan secara langsung, maka anda bisa menambahkannya ke hidangan. Selain kedua jenis kacang-kacangan tersebut, anda bisa dapat memilih kacang kedelai atau olahan kacang kedelai yang dapat membantu anda dalam menyediakan pasokan ASI untuk buah hati tercinta.

Daun katuk

Di dalam daun katuk terkandung laktagagum, dimana kandungan ini memiliki hubungan dengan peningkatan produksi ASI. Penggunaan daun katuk untuk meningkatkan produksi ASI sudah digunakan turun temurun dari zaman dahulu. Kandungan polifenol dan steroid yang terkandung dalam daun katuk yang mampu meningkatkan kadar prolaktin yang baik untuk kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat dari daun katuk itu sendiri anda harus mengkonsumsinya dengan tepat. Pengolahan daun katuk yang tepat akan membuat kandungan nutrisi dan gizinya tetap utuh. Jika mengolah daun katuk terlalu matang, maka anda akan kehilangan nutrisi yang ada di dalamnya.

Biji wijen hitam

Biji wijen merupakan salah satu sumber kalsium yang baik dan dipercaya dapat membantu dalam meningkatkan suplai air susu. Bagi anda yang ingin meningkatkan produksi ASI dengan memanfaatkan biji wijen hitam yaitu dengan membuatnya menjadi masker. Caranya yaitu ambil satu sendok biji wijen, kemudian campurkan dengan satu ibu jari kencur, lalu tumbuk sampai halus. Oleskan masker ini pada kelenjar susu.

Aprikot

Aprikot kaya akan serat, kalsium dan vitamin. Makanan yang mengandung tinggi kalsium sudah terbukti mampu meningkatkan produksi air susu pada ibu menyusui. Selain itu, aprikot juga mengandung tryptophan yang mampu meningkatkan prolatik secara alami.

Air

Minum lebih banyak air merupakan salah satu cara termudah yang bisa dilakukan sebagai cara meningkatkan produksi ASI. Pada saat anda menyusui maka tingkat cairan akan habis. Sebelum memulai menyusui pastikan anda minum dengan cukup.

Demikian beberapa makanan untuk memperbanyak ASI. Guna mendukung proses pemberian ASI untuk buah hati, beberapa langkah bisa anda lakukan termasuk mengkonsumsi makanan untuk memperbanyak ASI. Semoga bermanfaat.