Jenis Makanan Padat Bernutrisi Untuk Bayi

Posted on

Pemilihan makanan padat sebagai makanan pendamping ASI harus diperhatikan. Pilihlah jenis makanan padat bernutrisi untuk bayi yang mendukung tumbuh kembangnya.

Pengenalan makanan pendamping ASI atau MPASI dilakukan pada saat usia bayi menginjak 6 bulan. Ketika itu asupan bayi bukan hanya ASI atau air susu ibu saja, melainkan ia sudah mendapatkan asupan makanan padat atau makanan yang lebih bertekstur. Semakin usia bayi bertambah, maka asupan nutrisi dan gizi yang dibutuhkannya pun semakin bertambah untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayi. Memberikan makanan padat sesuai dengan usia yang tepat menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi bayi.

Mengenalkan makanan padat bayi sebagai makanan pendamping dilakukan dengan begitu saja. Beberapa hal penting perlu diperhatikan ketika memberikan makanan padat untuk bayi. Bayi umumnya masih perlu beradaptasi terhadap makanan yang ia rasa masih asing. Disarankan untuk memberikan makanan tersebut sesuai dengan kemampuan bayi dan usianya. Intinya pemberian makanan pendamping ASI harus dilakukan dengan bertahap dan satu persatu.

Makanan Padat Bernutrisi Untuk Bayi

Rasa, tekstur dan porsi adalah hal penting yang harus anda perhatikan ketika mengenalkan makanan pada bayi. Semuanya itu harus disesuaikan dengan usia bayi. Anda bisa memberikan makanan berdasarkan tekstur sesuai usia bayi dengan bertahap.

Dalam memperkenalkan makanan padat sebagai makanan pendamping ASI, anda pun harus memperhatikan jenis makanan yang diberikan. Berikan makanan dengan nutrisi dan gizi yang cukup untuk mendukung tumbuh kembangnya. Pengenalan variasi makanan merupakan salah satu cara untuk mencegah bayi merasa bosan. Anda bisa memperbanyak variasi buah, sayur, karbohidrat, protein dan lemak sehat untuk si kecil.

Sebagai referensi untuk membantu dalam menyajikan menu makanan untuk bayi, anda bisa mengikuti panduan memilih makanan padat bernutrisi untuk bayi seperti berikut ini.

Jenis Makanan Padat Bernutrisi Untuk Bayi

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat untuk bayi dan menjadi makanan padat bernutrisi untuk bayi. Selain kaya akan manfaat, alpukat juga memiliki rasa yang begitu enak sehingga bayi akan menyukainya. Alpukat memiliki tekstur yang lembut sehingga akan membantu bayi dalam mengenal buah yang kaya akan gizi ini.

Anda bisa memberikan alpukat pada si kecil dengan porsi yang sesuai. Sebagai saran penyajian, anda bisa melembutkan daging buah alpukat ini sampai benar-benar hancur. Agar lebih mudah anda bisa memanfaatkan blender. Tekstur buah yang lembut akan mudah diterima oleh bayi anda sehingga ia mudah menerima makanan yang anda berikan.

Alpukat mengandung vitamin A, vitamin C, niasin, zat besi, magnesium. Dimana kandungannya tersebut akan melengkapi nilai gizi yang dibutuhkan buah hati anda.

Pisang

Pilihan buah lain yang bisa anda kenalkan pada bayi yaitu buah pisang. Di dalam buah pisang terkandung kalium, fosfor, vitamin A dan asam folat. Dimana kandungan pada buah pisang tersebut sangat baik untuk kesehatan bayi. Pisang itu sendiri bisa dengan mudah dilumatkan dan cocok diberikan pada bayi. Pilihan jenis pisang yang tepat yang bisa anda berikan yaitu pisang yang sudah matang, memiliki cita rasa manis, dan teksturnya lembut. Sebagai saran penyajian, anda bisa melumatkan buah pisang dengan mengeruknya kemudian sajikan untuk si kecil. Jika tidak, anda bisa menjadikan pisang sebagai campuran bubur bayi atau pure.

Kentang

Kentang merupakan salah satu sayuran yang mengandung kerbohidrat. Dimana sayuran mengandung karbohidrat ini biasanya dijadikan sebagai pengganti nasi. Ketika menyajikan kentang untuk bayi, anda bisa memasaknya dengan menggunakan microwave. Jika sudah matang anda bisa memotong kecil kentang tersebut dan menghaluskannya. Kandungan gizi yang terdapat pada kentang di antaranya yaitu, vitamin A, protein, zat besi dan potassium yang dapat memenuhi kebutuhan gizi bayi anda.

Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang bisa anda kenalkan pada bayi anda. Kandungan yang terdapat pada sayuran ini bisa memenuhi kebutuhan folat, kalsium dan serat. Memperkenalkan sayuran pada bayi yang baru mengenal MPASI akan jauh lebih baik, sebab sayuran memiliki rasa tawar. Sehingga dengan begitu, bayi yang terbiasa mengkonsumsi atau mendapatkan sayuran akan lebih mudah dalam menerima asupan buah, dibandingkan dengan bayi yang diperkenalkan buah terlebih dahulu.

Yogurt

Yogurt bisa dikenalkan pada bayi, akan tetapi anda harus memberikannya dengan porsi yang sesuai. Yogurt memiliki kandungan seperti karbohidrat, lemak dan protein, selain itu teskturnya pun begitu lembut sehingga akan menambah nilai gizi pada buah hati anda. Perhatikan pemilihan yogurt sebelum diberikan pada bayi anda. Sebaiknya pilihlah yogurt yang mengandung gula dan rasa tawar. Sebagai tambahan rasa, anda bisa mencampurkan yogurt dengan buah-buahan yang alami.

Tahu

Tahu memiliki tekstur yang lembut, dimana karena teksturnya inilah tahu cocok dikenalkan pada bayi sebagai makanan pendamping ASI. Selain teksturnya lembut, tahu juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk bayi. Tahu memiliki rasa tawar dan gizi yang didapatkan dari kacang kedelai akan mecukupi kebutuhan gizi bayi. Tahu ini sendiri dapat menyerap rasa, sehingga dengan begitu anda bisa membuat menu yang bervariasi dari tahu sebagai menu makanan bayi anda. Kandungan di dalam tahu di antaranya yaitu zat besi, protein, dan kalsium. Dimana kandungan dalam tahu tersebut bisa mendukung kecukupan gizi buah hati anda.

Jenis makanan tersebut baik untuk bayi sebagai makanan pendamping ASI. Beberapa aspek perlu anda perhatikan ketika memberikan makanan untuk bayi. Perhatikan makanan yang dapat menyebabkan bayi anda alergi. Untuk mengetahui makanan apa yang memicu alergi pada bayi sebaiknya hindari memberikan beberapa jenis makanan secara bersamaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *