Home » Makanan Bayi » 5 Jenis Buah Pertama Untuk MPASI yang Dianjurkan

5 Jenis Buah Pertama Untuk MPASI yang Dianjurkan

Jenis buah pertama untuk MPASI – Semua buah memiliki manfaat yang baik untuk bayi. Akan tetapi, sebaiknya kenalkan buah secara bertahap dari mulai buah yang memiliki tekstur lembut dan mudah dihaluskan.

Buah merupakan makanan sehat yang menjadi sumber vitamin dan baik untuk bayi. Masing-masing jenis buah memiliki vitamin yang berbeda. Dimana masing-masing vitamin pada buah tersebut bermanfaat untuk kesehatan tubuh bayi. Meskipun umumnya buah merupakan makanan sehat dan dapat memberikan banyak manfaat bagi bayi, akan tetapi tidak sedikit orang tua yang sering kali merasa bingung dalam menentukan buah apa yang terbaik untuk bayinya.

Berdasarkan para ahli gizi, semua buah baik dan sehat serta memberikan manfaat yang bagus untuk bayi. Meskipun demikian pemberian porsi buah itu sendiri harus disesuaikan dengan usia dan kemampuan bayi. Buah-buahan bisa anda berikan pada saat usia bayi 6 bulan sebagai tahap pengenalan makanan pendamping ASI. Pada usia 6 bulan, pencernaan bayi sudah matang dan dapat mendukung pemberian makanan, termasuk buah-buahan.

Buah pertama untuk MPASI

Pada dasarnya buah bisa diberikan pada bayi, akan tetapi beberapa hal perlu anda pertimbangkan, di antaranya yaitu tekstur dari buah yang diberikan untuk bayi. Buah pertama kali yang bisa anda berikan pada si kecil yaitu buah yang bertekstur lembut. Meskipun begitu, ketika diberikan pada bayi anda tetap harus menghaluskannya terlebih dahulu.

Pencernaan bayi umumnya masih dalam tahap penyempurnaan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memberikan buah yang bercita rasa manis untuk pertama kalinya. Pengenalan buah ini bisa berlangsung secara bertahap atau dalam beberapa hari, itu pun jika bayi anda tidak mengalami masalah pada sistem pencernaannya seperti BAB normal dan ia tidak mengalami sakit perut.

Lantas apa saja jenis buah pertama untuk MPASI? Berikut ini jenis buah-buahan yang bisa anda kenalkan pada tahap awal pemberian MPASI pada buah hati anda.

Jenis Buah Pertama Untuk MPASI

Pisang

Pisang merupakan salah satu jenis buah pertama untuk MPASI atau makanan pendamping ASI. Di dalam buah pisang terkandung fosfor, kalium, vitamin A dan asam folat. Dimana kandungan pada buah pisang tersebut bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan buah hati anda. Buah pisang memiliki manfaat yang tidak kalah besar dengan buah-buahan yang lainnya. Untuk menyajikan jenis buah yang satu ini sebagai makanan pendamping ASI, anda harus menyesuaikan teksturnya dengan kemampuan si kecil. Sebaiknya keruk daging buah pisang hingga benar-benar lembut.

Kemudian anda bisa memberikannya pada si kecil. Selain dijadikan sebagai cemilan, anda bisa menambahkan buah pisang pada makanan utamanya seperti bubur atau pure. Penambahan buah pisang pada makanannya akan membuat si kecil tidak merasa bosan karena makanannya memiliki rasa yang alami.

Jeruk

Pemberian jeruk itu sendiri sebenarnya masih diperdebatkan untuk diberikan pada bayi, terutama jika usianya masih dini dan dalam tahap pengenalan makanan pendamping ASI atau MPASI. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa buah jeruk merupakan salah satu jenis buah yang dianjurkan diberikan pada bayi. Hal yang perlu diingat yaitu bahwa buah jeruk yang diberikan memiliki cita rasa yang manis.

Kandungan yang terdapat pada buah jeruk baik untuk pertumbuhan bayi anda. Beberapa kandungan yang terdapat pada buah jeruk di antaranya yaitu kalsium, kalium, serat, vitamin C, asam folat, dan vitamin A. Dalam proses penyajian buah yang satu ini anda bisa mengupas kulitnya. Kemudian, peras buah jeruk dan manfaatkan saja airnya untuk diberikan pada bayi anda. Berikan air perasan jeruk ini secara bertahap pada si kecil.

Apel

Kandungan yang terdapat di dalam buah apel di antaranya yaitu kalsium, kalium, fosfor, vitamin A, magnesium dan vitamin C. Kandungan tersebut memiliki manfaat untuk bayi dalam masa tumbuh kembangnya. Sebagai saran penyajian, cuci terlebih dahulu apel yang akan anda berikan pada si kecil. Kemudian kupas kulit apel yang sudah anda cuci tersebut. Potong apel dalam ukuran kecil-kecil dan masukan ke dalam panci. Tambahkan air secukupnya atau hingga apel terendam oleh air. Apabila apel sudah melunak, anda bisa menghaluskannya dengan menggunakan mesin penghalus atau blender.

Buah Pir

Buah pir mengandung gizi yang tidak kalah besar dengan buah yang lainnya. Karena kandungannya tersebutlah pemberian buah pir sangat direkomendasikan untuk bayi. Beberapa kandungan yang terdapat pada buah pir di antaranya yaitu kalsium, kalium, fosfor dan vitamin C. Sebagai saran penyajian, cuci terlebih dahulu buah pir yang sudah disiapkan. Kemudian kupas kulit buah pir dan potong-potong dagingnya berukuran kecil. Jika sudah, kukus daging buah pir tersebut hingga benar-benar lunak sehingga akan lebih mudah ketika dikonsumsi oleh buah hati anda.

Tomat

Beberapa kandungan yang dimiliki oleh tomat di antaranya yaitu natrium, serat, kalsium, magnesium, protein, asam folat dan vitamin A. Untuk memperkenalkan buah tomat, anda bisa mencampurkannya dengan bubur sehingga bubur yang diberikan untuk si kecil memiliki rasa yang berbeda. Jadikan buah yang satu ini sebagai pelengkap saus yang bisa dinikmati bersama pure atau bubur.

Ternyata buah yang baik untuk MPASI cukup banyak, sehingga bayi bisa mendapatkan menu bervariasi yang cukup. Demikian beberapa jenis buah pertama untuk MPASI. Semoga bermanfaat.