Memahami Growth Spurt Pada Bayi (Percepatan Pertumbuhan)

Posted on

Bayi anda sering rewel dan lebih banyak menyusu? Jika seperti itu bisa jadi ia mengalami growth spurt. Kenali tanda dan solusi growth spurt pada bayi.

Merawat dan membesarkan bayi adalah sebuah momen yang membahagiakan, namun merepotkan. Peran orang tua akan semakin terasa ketika merawat bayi. Pengetahuan tentang mengurus bayi akan semakin dipahami, sehingga orang tua dapat memberikan kesempatan terbaik untuk mengurus buah hati tercintanya.

Dengan merawat dan membesarkan bayi, orang tua dapat menyaksikan lebih seksama pertumbuhan dan perkembangan bayinya. Dalam masa tumbuh kembangnya, bayi bisa mengalami growth spurt.

Growth Spurt Pada Bayi

Growth spurt itu sendiri merupakan keadaan dimana pertumbuhan bayi berjalan lebih cepat dibandingkan dengan biasanya. Apabila diperhatikan, keadaan ini dapat membuat tinggi badan, berat badan dan lingkar kepala bayi bertambah menjadi lebih tinggi dari biasanya. Namun, pertambahan tersebut tidak dapat diketahui dengan dilihat langsung. Pertumbuhan dan perkembangan setiap bayi berbeda, sehingga akan ada perbedaan kemunculan pertumbuhan fisik bayi berdasarkan dengan potensi genetiknya.

Tanda umum ketika bayi mengalami growth spurt yaitu sering rewel karena keinginan menyusu semakin besar dan ia akan lebih sering menyusu dalam setiap harinya, bahkan bayi akan bangun setiap malam meminta untuk disusui.

Bayi biasanya akan mengalami growth spurt pada 1 tahun awal kehidupannya, yakni rentang usia 6 minggu sampai 9 bulan. Tidak diketahui pasti kapan bayi mengalami keadaan seperti ini, sehingga keadaan ini dapat terjadi sewaktu-waktu pada bayi. Keadaan ini bisa terjadi sekitar 2 sampai 3 hari atau bisa sampai seminggu.

Growth spurt penting dipahami oleh setiap orang tua, khususnya orang tua baru. Dalam tumbuh kembang bayi, growth spurt adalah fase penting karena pada fase ini sel-sel bayi akan berkembang dan tumbuh menjadi lebih cepat, sehingga bayi akan didorong untuk tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan biasanya.

Meskipun mungkin keadaan ini sedikit membingungkan untuk para orang tua, tetapi penting untuk mengetahui tanda bayi mengalami growth spurt seperti berikut ini:

  • Bayi lebih sering menyusu dari biasanya, dimana pada masa growth spurt ini bayi membutuhkan nutrisi lebih banyak.
  • Ketika malam hari bayi lebih sering terbangun untuk meminta susu.
  • Bayi akan lebih rewel dari biasanya, namun akan kembali tenang setelah ia selesai disusui. Dimana keadaan ini yang membuat bayi seakan menyusu selama sehari semalam.
  • Pada beberapa bayi, growth spurt justru membuatnya lebih banyak tidur. Anda jangan merasa khawatir dalam menghadapinya. Setidaknya bangunkan bayi anda 2 jam sekali untuk disusui.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Bayi Mengalami Fase Growth Spurt?

Beberapa tips dapat anda lakukan ketika bayi mengalami fase growth spurt seperti berikut ini:

  • Menghadapi bayi dalam fase ini harus lebih sabar. Anda harus bersedia menyusui bayi kapan pun si kecil membutuhkan.
  • Apabila usia bayi kurang dari 6 bulan, hindari memberikan susu formula atau makanan tambahan. Cukup berikan ASI apabila si kecil merasa kelaparan.
  • Meskipun bayi lebih sering menyusu, anda jangan memiliki anggapan bahwa ASI tidak cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Kekhawatiran dan kecemasan yang anda rasakan justru akan mempengaruhi kinerja hormon oksitosin yang mana akibatnya akan mengganggu kelancaran dari produksi ASI.
  • Penting untuk memperhatikan kecukupan ASI pada bayi. Tanda bayi cukup ASI di antaranya yaitu adanya penambahan berat badan, frekuensi BAB lebih sering pada awal kehidupan bayi dan menjadi lebih jarang ketika usianya 40 hari, frekuensi BAK minimal sebanyak 6 kali dalam sehari.
  • Agar produksi ASI maksimal dan dapat memenuhi kebutuhan bayi, penting bagi ibu untuk mengkonsumsi asupan gizi yang seimbang, mencukupi kebutuhan cairan dan istirahat yang cukup. Anda dapat meluangkan waktu untuk istirahat dan menitipkan bayi pada keluarga. Agar kebutuhan ASI si kecil tetap terpenuhi, anda dapat mensiasatinya dengan memompa ASI.
  • Susui bayi kapan pun ia menginginkannya.

Tips Memberikan ASI Pada Bayi Growth Spurt

Susui Bayi Secara Berkala

Sebaiknya, anda susui bayi anda dengan berkala sesuai dengan kebutuhannya. Ketika mengalami growth spurt bayi dapat menyusu hingga sebanyak 12 kali dalam sehari, termasuk sebanyak 2 sampai 3 kali ketika malam hari.

Malam hari, hormon yang berperan dalam produksi ASI akan lebih optimal. Saat menyusui si kecil, anda dapat menyusuinya dari kedua payudara dengan bergantian. Apabila ASI yang diminum semakin banyak, maka akan semakin cepat si kecil merasa tenang. Hindari memberikan makanan pendamping pada periode ini karena hanya akan mempengaruhi intensitas menyusu yang dapat membuat produksi ASI menurun.

Lakukan Stimulasi

Untuk meningkatkan laktasi, anda dapat melakukan stimulasi dengan menggunakan alat pemerah ASI. Menerapkan teknik pemberian ASI yang efektif akan membuat bayi lebih nyaman dan menurunkan risiko bayi mengalami stres. Dalam waktu 2 sampai 3 hari setelah melakukan stimulasi produksi ASI biasanya akan meningkat.

Atur Posisi Menyusui yang Tepat

Dalam beberapa kasus, ketika bayi menyusu ia tidak menghisap ASI melainkan hanya memainkan puting payudara ibunya. Penting bagi ibu untuk mengenali keadaan seperti ini. Ketika menyusui bayi sebaiknya atur posisi menyusui yang tepat. Ketika anda merasa si kecil menghisap ASI dan mendengar menelan ASI, anda dapat mendekatkan posisi kepala bayi ke payudara. Namun, apabila bayi tidak dalam kondisi menyusu anda dapat mengembalikan posisi kepalanya pada posisi menggendong yang nyaman. Ini dilakukan agar si kecil dapat terbiasa membedakan posisi ketika ia benar-benar menyusu karena lapar atau hanya ingin bermain-main saja. Dengan posisi ini ibu akan mengetahui apakah si kecil benar lapar atau tidak.

Apabila anda memahami setiap perubahan yang terjadi pada bayi anda, baik perilaku atau kebiasaannya, maka anda akan lebih cepat mengetahui solusi yang tepat ketika bayi berada dalam periode growth spurt.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *