Home » Perlengkapan Bayi » Daftar Perlengkapan Makan Bayi yang Harus Dimiliki

Daftar Perlengkapan Makan Bayi yang Harus Dimiliki

Daftar perlengkapan makan bayi – Perlengkapan makan bayi merupakan salah satu kebutuhan bayi yang harus disiapkan. Beberapa perlengkapan makan harus dimiliki setelah bayi berusia 6 bulan. Pemilihan perlengkapan makan bayi yang tepat akan menunjang makan si kecil.

Makanan utama dan pertama bayi adalah ASI. Seperti yang kita ketahui, ASI atau air susu ibu mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil dan manfaat ASI eksklusif sangat luar biasa. Setelah dilahirkan sampai usianya 6 bulan bayi tidak membutuhkan makanan apapun selain ASI.

Setelah usianya menginjak 6 bulan, bayi akan diperkenalkan dengan MPASI atau makanan pendamping ASI. Pemberian makanan pendamping ASI ini dilakukan untuk memberikan nutrisi lebih guna menunjang pertumbuhan dan perkembangannya. Pengenalan makanan pendamping ASI pada bayi harus dilakukan dengan baik dan benar oleh setiap orang tua.

Daftar Perlengkapan Makan Bayi

Ketika memberikan makanan pada si kecil tentunya kita tidak bisa terlepas dari peralatan makan. Daftar peralatan makan bayi perlu disiapkan guna menunjang makannya. Namun, perlengkapan makan bayi tidak harus disiapkan sebelum kelahiran si kecil seperti perlengkapan lainnya, misalkan pakaian dan kosmetik, karena peralatan makan bayi dibutuhkan setelah si kecil diberikan makanan pendamping ASI atau tepatnya pada usia 6 bulan.

Daftar perlengkapan makan bayi harus diperhatikan sesuai dengan kebutuhan si kecil. Bertambahnya usia si kecil tentunya akan mempengaruhi jenis peralatan makan yang ia butuhkan. Sebagai orang tua, anda perlu memperhatikan rancangan yang ada lebih spesifik. Misalkan, pemberian jenis makanan yang beragam akan mempengaruhi peralatan makan yang digunakan.

Jenis perlengkapan makan bayi itu sendiri cukup banyak. Sebenarnya anda tidak harus membeli semua perlengkapan makan bayi yang ada di pasaran, cukup beli perlengkapan makan yang benar-benar dibutuhkan dan dapat menunjang makan si kecil. Lantas apa saja daftar peralatan makan bayi yang harus disiapkan?

Berikut ini daftar perlengkapan makan bayi yang harus anda siapkan guna menunjang makan si kecil.

Daftar Perlengkapan Makan Bayi yang Harus Disiapkan

Mangkuk dan Piring

Mangkuk dan piring merupakan peralatan makan bayi yang harus anda siapkan. Saat usia bayi anda sudah memasuki 6 bulan, tentunya si kecil akan diberikan makanan pendamping ASI yang teksturnya lebih encer dan lembut. Makanan dengan tekstur seperti ini tentunya tidak bisa menggunakan piring atau mangkuk seperti yang digunakan oleh orang dewasa. Bahan mangkuk atau piring untuk si kecil harus terbuat dari bahan yang aman atau tidak mudah pecah. Berat peralatan makan bayi pun harus lebih ringan dibandingkan dengan peralatan makan yang digunakan oleh orang dewasa.

Cangkir

Menggunakan cangkir ketika bayi minum merupakan pilihan yang tepat ketika ia sudah bisa mengatur gerakannya. Sesudah makan, sebaiknya bantu bayi anda minum dengan cangkir sedini mungkin karena akan semakin membantu ia dalam melatih koordinasi gerakannya. Penggunaan cangkir itu sendiri bisa anda jadikan sebagai rutinitas harian setelah ia selesai makan atau ketika ia minum. Usahakan ketika memberikan asupan berupa cairan jangan gunakan botol, tetaplah gunakan cangkir. Ketika membeli cangkir untuk si kecil, usahakan perhatikan dari segi bahan, bentuk, dan resiko kebocoran.

Sendok

Sendok yang digunakan untuk bayi tentunya berbeda dengan sendok yang digunakan oleh orang dewasa. Sendok untuk bayi harus memiliki bentuk dengan rancangan yang aman dan lembut agar tidak melukai bayi anda. Ketika menggunakan sendok yang aman dan lembut gusi bayi tidak akan sakit ketika bersentuhan. Anda bisa memilih sendok yang terbaik untuk bayi anda. Piilihlah sendok dengan bahan yang tidak menghantarkan panas. Sebaiknya bagian pegangan sendok harus lebar, sehingga dengan begitu anda bisa memegang lebih kuat ketika akan memasukan makanan pada mulut bayi anda. Selain itu, sendok seperti itu akan memudahkan anak anda ketika sedang belajar makan dengan menggunakan sendok sendiri.

Slaber

Bayi umumnya tidak bisa makan seperti orang dewasa. Ketika memberi makan si kecil anda akan menghadapi berbagai macam masalah, seperti bayi menjatuhkan atau memuntahkan makanannya. Agar makan bayi tetap rapi dan makanan tidak mengenai baju si kecil, maka slaber perlu anda siapkan. Slaber akan membantu menjaga pakaian si kecil sehingga anda tidak usah mengganti bajunya sesudah makan. Slaber juga penting dimiliki terlebih lagi ketika bayi anda mulai belajar makan sendiri.

Pelembut Makanan

Blender penting dimiliki, karena alat penghalus makanan ini bisa memudahkan anda ketika membuat makanan untuk si kecil. Selain itu, blender bisa anda gunakan untuk membuat makanan atau cemilan sehat untuk si kecil, seperti jus dan lain sebagainya.

Sebenarnya melembutkan makanan bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Selain menggunakan blender anda bisa melembutkan dengan parutan, grinder, saringan kawat atau food making set khusus MPASI.

Ada saatnya si kecil diperkenalkan dengan makanan yang lebih bertesktur, oleh karena itu ketika mengolah makanan tersebut anda bisa menggunakan grinder atau parutan makanan. Sedangkan saringan kawat digunakan untuk mengambil sari dari makanan yang dihaluskan.

Daftar Perlengkapan Makan Bayi Lainnya

Perlengkapan makan bayi lainnya bisa anda siapkan sesuai kebutuhan, seperti tas makan, kontainer makanan bayi, atau botol minum.

Itulah daftar perlengkapan makan bayi yang harus disiapkan. Hal yang harus anda ingat ketika memilih perlengkapan makan bayi, jangan prioritaskan dari segi tampilannya saja. Jangan beli perlengkapan makan bayi hanya karena anda menyukai bentuk, motif atau warnanya saja. Pilihlah perlengkapan makan bayi yang memprioritaskan keamanan dan kenyamanan untuk si kecil. Perlengkapan makan yang baik dan tepat akan menunjang makan si kecil.

Itulah beberapa perlengkapan makan bayi yang harus anda siapkan. Semoga bermanfaat.